Friday, March 22, 2013

Tips cara ampuh mengatasi atau menghilangkan stres saat bekerja:

Hasil survei menunjukkan empat dari 10 orang yang bekerja di perusahaan besar terus mengalami kekhawatiran terjadinya restrukturisasi besar-besaran sehingga mengancam masa depan mereka di perusahaan tersebut.

Kondisi ini membuat lebih dari 40% orang dewasa kerap terjaga di malam hari akibat stres. Seorang psikolog dan penulis buku 'Success Under Stress' Sharon Melnick seperti dikutip dalam laman Forbes mengaku banyak orang yang meminta jawaban kepadanya atas persoalan tersebut.

"Semua orang merasa kewalahan dan terlalu sibuk," ucapnya.

Berikut 12 cara ampuh mengatasi atau menghilangkan stres saat bekerja:


1. Melakukan tindakan
Menurut Melnick, ketika Anda mengalami stres saat berada di situasi tak terkontrol, maka dapat mengaktifkan hormon stres dalam diri Anda. Jika sudah stres akut, maka akan mengganggu kepercayaan diri, maupun konsentrasi Anda. Dia menyarankan Anda untuk mengidentifikasi aspek situasi Anda saat itu, sehingga dapat mengontrol dengan beragam tindakan dan tanggapan Anda.


2. Atur pernapasan
Jika Anda merasa tegang dan stres, tidak ada salahnya untuk membasahi kepada Anda, lalu tarik nafas selama lima detik, tahan dan buang napas melalui hidung. Cara ini dapat mengembalikan keseimbangan dan Anda akan mendapatkan ketenangan seperti selesai mengikuti kelas yoga selama 90 menit.


3. Menghilangkan interupsi
Berondongan pekerjaan yang mesti diselesaikan dalam waktu mendesak bisa membuat Anda semakin tertekan. Langkah yang tepat untuk mengatasi ini adalah dengan menghilangkan interupsi. Melakukan hal-hal terpenting dan mulai menyusun rencana kerja lebih baik.


4. Istirahat
Di sela-sela pekerjaan Anda, gunakan waktu sempit Anda untuk beristirahat sejenak di ruang kerja sambil melatih pernapasan. Jika Anda memiliki konsentrasi intens selama 90 menit, diiringi istirahat, Anda dapat menghapus penumpukan stres dan meremajakan diri Anda sendiri.


5. Atur pola makan dan tidur
Pola makan dan tidur yang buruk akan mengganggu motabolisme tubuh Anda. Untuk itu, Melnick mengungkapkan, Anda harus mengkonsumsi makanan rendah gula dan kaya akan protein. Begitupula dengan tidur cukup sangat penting bagi pemulihan tubuh. Dan menurut CDC, 60 juta orang Amerika mengalami kurang tidur.

Jika malam hari Anda terbangun dan tidak bisa kembali tidur, dia meminta Anda melakukan trik pernapasan sederhana, yakni tutup lubang hidung sebelah kanan dan bernafaslah melalui lubang hidung kiri Anda selama tiga sampai lima menit.


6. Mengubah cerita
Ubah perspektif Anda tentang pekerjaan Anda dengan mulai memandang dari sisi objektif ketimbang subjektif. Jangan sampai Anda sendiri ragu untuk mengambil langkah yang menurut Anda benar.


7. Cooling down
Ketika Anda merasa frustrasi atau marah, itu adalah perasaan panas dalam tubuh yang dapat menyebabkan Anda untuk bereaksi. Untuk meredamnya, cobalah tarik napas melalui mulut seolah-olah Anda sedang menghirup udara melalui sedotan, dan keluarkan secara normal melalui hidung. Apabila dilakukan dengan benar, Anda akan merasa tenang.


8. Identifikasi diri sendiri
Jika terlalu terjebak dalam persepsi orang lain tentang Anda, dan akhirnya tidak bisa mengontrol, maka Anda bisa menjadi stres. Belajarlah untuk fokus pada diri dan pekerjaan Anda sehingga mampu memberikan kesan positif bagi mereka.


9. Prioritaskan diri
Anda harus memahami peran Anda dalam organisasi, prioritas strategis perusahaan, dan tujuan pribadi Anda. Buatkan rencana hidup Anda dan realisasikan, maka Anda akan bisa fokus pada proyek-proyek yang berdampak dan sejalan dengan tujuan Anda.


10. Hilangkan kecemasan
Bagi Anda yang suka panik, Melnick mengaku Anda dapat dengan cepat mengurangi kecemasan melalui titik akupresur yang tepat. Posisikanlah ibu jari Anda di sisi jari tengah Anda dan sedikit agak ditekan. Ini bisa membantu Anda mengatur tekanan darah.


11. Pengaruh lainnya
Apabila Anda menghadapi suatu masalah dengan rekan kerja atau siapapun, usahakan tetap berdiskusi dengan nada sopan. Karena ini akan berdampak pada tim, individu, dan lainnya. Cara tersebut juga dapat menyelesaikan berbagai masalah dengan lebih mudah dan cepat.


12. Jadi tukang kritik terbaik
Melnick bilang, sekitar 60 ribu pikiran mengalir melalui di otak Anda setiap hari sehingga ini memacu rasa stres Anda sebagai suatu peristiwa eksternal. Doronglah pikiran Anda untuk membantu memotivasi diri Anda guna mencapai target hidup Anda. Pikiran tersebut juga mesti dilatih agar mampu menginspirasi orang lain.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian