Sunday, March 10, 2013

10 Fakta tentang Kentang

KENTANG mudah untuk diolah untuk beragam masakan. Banyak pendapat tentang kandungan yang terdapat dalam kentang. Namun untuk mengetahui kebenarannya, berikut ini adalah beberapa fakta mengenai kentang.

1. Sebuah studi oleh para peneliti di University of Otago, yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, mengungkapkan bahwa ketika Anda makan kentang bersamaan dengan makanan lain seperti daging dan sayuran, mereka benar-benar bisa sangat berbahaya, terlebih kentang yang digunakan adalah kentang yang digoreng.
Potensi penyakit kanker terdapat pada diri manusia manapun, namun untuk membentuk dan menjadikan sel berpotensi kanker itu tumbuh, diperlukan suatu lingkungan khusus termasuk adanya bahan-bahan yang mengandung zat karsinogen.

Zat karsinogen adalah salah satu zat yang menyebabkan penyakit kanker. Zat-zat karsinogen menyebabkan kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh dan mengganggu proses-proses biologis. Sedangkan karsinogenik adalah sifat yang mengendap dan merusak tubuh terutama pada organ paru-paru karena zat-zat yang terdapat pada rokok, sehingga paru-paru menjadi berlubang dan menyebabkan kanker

Karsinogen berada di sekeliling kita dan tanpa disadari tercampur dengan udara yang kita hirup, makanan dan minuman. Secara mendasar, karsinogen terbagi menjadi dua golongan, yaitu karsinogen yang berasal dari bahan pangan dan non-pangan.

Karsinogen dari bahan pangan terdapat pada sebagian besar lemak, hydrazine pada jamur, solanin pada kentang yang berwarna hijau, aflatoksin pada jagung, benzoapyrene pada makanan yang diawetkan dengan pengasapan, sakarin dan siklamat juga ditenggarai memicu kanker secara mutagen.

Sedangkan karsinogen dari bahan non-pangan yaitu pada asap rokok, polusi udara yang mengandung timbal atau karbon monoksida, kandungan merkuri pada kosmetika, pengaruh alkohol, penggunaan obat kimia yang tidak semestinya, dan sebagainya.

2. Peneliti mengkaji bahwa kentang goreng merupakan asupan makanan yang mengandung acrylamide, zat dengan kandungan karsinogen yang juga ditemukan dalam jenis makanan renyah lainnya.

3. Kentang sebenarnya memiliki indeks glikemik menengah dan tidak meningkatkan kadar gula darah. Meski demikian, jika yang Anda konsumsi adalah kentang goreng, maka kolesterol akan meningkat.

4. Jumlah moderat yang disarankan adalah satu buah kentang per hari. Usahakan mengonsumsi kentang rebus atau panggang yang terbukti lebih sehat.

5. Satu kentang besar (260 gram) mengandung 278 kalori.

6. Kentang mengandung karbohidrat sederhana yang mudah dicerna yang bisa memperlancar pencernaan. Kentang merupakan sumber energi instan. Meski demikian, kentang harus dikonsumsi hanya dalam jumlah moderat untuk menghindari komplikasi kesehatan lainnya.

7. Kentang mengandung vitamin C dan B kompleks dan mineral seperti kalium, magnesium, dan zinc yang baik untuk kulit.

8. Kehadiran vitamin C pada kentang dapat membantu mencegah penyakit kudis yang disebabkan karena kekurangan vitamin C.

9. Kentang adalah karbohidrat sederhana terutama dalam bentuk kukus dan tumbuk, sehingga mudah dicerna dan diserap melalui sistem pencernaan kita. Mengonsumsi kentang bisa mengurangi peradangan pada usus dan sistem pencernaan.

10. Dengan menyediakan kalori instan, kentang mempertahankan tingkat glukosa instan dalam darah yang membuat otak tetap aktif.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian