Translate This Blog - 翻译此博客

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tuesday, August 30, 2016

7 asupan untuk mencegah serangan asma.

PENYAKIT asma merupakan gangguan pernapasan yang dapat berujung fatal. Karena, penyakit asma dapat secara tiba-tiba membuat penderitanya kesulitan bernapas.

Untuk mencegah asma kambuh, ada sejumlah makanan yang perlu dikonsumsi. Berikut 7 asupan untuk mencegah serangan asma.

Alpukat
Alpukat merupakan buah yang diyakini dapat mencegah Anda terserang berbagai penyakit, termasuk asma. Karena, alpukat mengandung L-glutathione yang dapat membantu mencegah serangan asma datang.

Pisang
Pisang memang layak menjadi salah satu buah favorit untuk dikonsumsi setiap hari. Selain membantu Anda yang sedang diet penurunan berat badan, makan pisang setiap hari juga ampuh mencegah serangan asma.

Jahe
Kita semua tahu bahwa jahe adalah asupan anti-inflamasi yang kuat. Bahkan, jahe masih lebih baik daripada obat peradangan. Karena, jahe dapat membersihkan saluran napas yang tersumbat.

Bayam
Bayam adalah makanan super yang dapat mencegah asma. Karena, bayam kaya magnesium, vitamin E, beta karoten dan vitamin C.

Kunyit
Sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh kunyit dapat menyembuhkan penyakit paru-paru. Karena itu, kunyit juga dapat memecahkan masalah pernapasan Anda.

Kale
Kale merupakan asupan yang kaya vitamin C. Selain itu, kale juga mengandung antioksidan yang dapat meringankan gejala asma.

Apel
Apel dapat melindungi Anda terhadap serangan asma. Hal ini karena apel mengandung quercetin yang ampuh menangkal serangan asma. Anda bisa mengonsumsi apel dengan membuatnya menjadi segelas jus yang nikmat. Demikian dilansir dari Boldsky.


Sumber: Okezone

Manfaat makan bawang merah setiap hari

Disadari atau tidak, kita mengonsumsi bawang merah setiap hari. Bumbu masakan yang satu ini memang mampu membuat masakan jadi nikmat. Selain itu ada manfaat hebat dalam bumbu dapur berwarna merah marun ini.

Berikut aneka alasan yang mendukung kita untuk setiap hari makan bawang merah mengutip laman Boldsky.


- Mampu lawan aneka penyakit
Bawang merah mengandung vitamin C, selain itu memiliki antiperadangan yang kuat. Artinya, mengonsumsi bawang merah bisa membantu tubuh melawan aneka penyakit.


- Kulit nampak muda dan sehat
Bawang yang satu ini kaya antioksidan yang bisa menjaga kulit. Selain itu antiperadangan di dalamnya membantu melawan jerawat.


- Pertahankan kadar gula darah
Penelitian menunjukkan mengonsumsi bawang merah setiap hari membantu mempertahankan kadar glukosa darah yang tepat.


- Jaga jantung sehat
Lagi, karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya membantu mencegah hadirnya plak di arteri. Lalu kandungan sulfur pada bawang merah membantu menurunkan tingkat kolesterol.


- Bantu tidur lebih nyenyak
Kehadiran quercetin dalam bawang merah bisa menjadi penenang yang mampu mengatasi kecemasan dan depresi.

Sumber: Liputan6.com

Sayur Brokoli bisa mengurangi penyakit maag, infeksi lambung, bahkan kanker

Bila Anda penggemar brokoli, pasti telah memetik manfaat sayuran hijau ini. Penelitian terbaru mengungkapkan, mengonsumsi brokoli setiap hari mengurangi risiko penyakit maag, infeksi lambung, bahkan kanker!

Barbara Bush, ketika masih menjadi ibu negara Amerika Serikat, aktif mengampanyekan brokoli untuk memerangi kanker, yang waktu itu banyak diderita perempuan di negaranya. Beragam penelitian tentang brokoli memang telah dilakukan, di antaranya menemukan bahwa kandungan antioksidan dalam brokoli sangat besar, sehingga mampu menekan risiko kanker.


Seperti diungkapkan badan riset makanan IRF, Inggris, brokoli memiliki unsur kimia bernama sulforaphane yang dipercaya bisa menahan efek berkelanjutan dari kanker. “Konsumsi brokoli dengan porsi besar atau brokoli dengan level sulforaphane tinggi, kemungkinan bisa lebih meminimalkan potensi kesakitan pada penderita kanker,” ucap koordinator penelitian, Prof. Richard Mithen, seperti dikutip situs BBC, baru-baru ini.


Bakteri menurun
Brokoli dikenal sebagai keluarga sayuran sejenis kubis. Kebanyakan sayuran tersebut mengandung glucosinolates berkadar tinggi. Sayuran ini mengandung sulforaphane, yang dipercaya sebagai satu-satunya obat penekan penyebaran kanker dalam tubuh.

Namun, penelitian terbaru dan lebih spesifik mampu memberikan gambaran kemampuan brokoli dalam menekan risiko beragam gangguan pencernaan seperti maag, infeksi lambung, dan kemungkinan kanker perut. Studi tentang khasiat brokoli ini sendiri juga diklaim sebagai penelitian pertama yang dipublikasikan.

Dalam sebuah studi di Jepang, para ahli mendapati fakta bahwa mengonsumsi 70 gram brokoli segar setiap hari selama dua bulan dapat melindungi tubuh manusia dari bakteri perut yang terkait penyakit maag, infeksi lambung, bahkan kanker perut. Kandungan sulforaphane memicu enzim dalam perut, sehingga memberikan perlindungan terhadap senyawa radikal yang dapat merusak DNA dan menyebabkan peradangan.

Kandungan sulforaphane dalam kecambah brokoli segar lebih tinggi daripada brokoli yang sudah direbus terlalu matang.Artikel di jurnal Cancer Prevention Research menyebutkan, makan brokoli segar 70 gram setiap hari dapat membantu mencegah beberapa penyakit serius.

Perpaduan antara kunyit dan silymarin untuk melawan kanker usus

Perpaduan antara kunyit dan silymarin ternyata memiliki kemampuan dalam melawan sel-sel kanker usus.

Peneliti mencoba mempelajari sel kanker usus pada hewan di laboratorium. Ketika memadukan antara kunyit lalu dilanjutkan dengan silymarin.


"Ternyata, perpaduan kunyit dan silymarin lebih efektif dalam melawan sel kanker dibandingkan hanya mengandalkan bahan kunyit saja," kata penulis studi yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer.


Kombinasi kedua bahan ini bisa mencegah sel-sel kanker bertambah dan menyebar. "Lalu ketika sel-sel kanker usus diberikan kunyit lalu silymarin jumlah sel kanker yang mati meningkat," kata penulis studi Uthayashanker Yehezkiel seperti dikutip laman Times of India.


Pada penelitian selanjutnya, Yehezkiel mengatkan, ilmuwan perlu mempelajari bagaimana dampak kunyit dan silymarin terhadap perkembangan sel kanker.

10 Tips Meredakan Infeksi Saluran Kemih dengan Cepat

MENGALAMI Infeksi Saluran Kemih (ISK) membuat wanita merasakan sakit dan nyeri saat buang air kecil. Akibatnya, beberapa wanita yang mengalami ISK terkadang tidak berdaya dan tak tahu harus berbuat apa selain ke dokter.


Namun, sebelum ke dokter, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai langkah pengobatan. Berikut tips sederhana meredakan ISK dengan cepat yang dilansir dari Boldsky:


Minum banyak air
Langkah pertama dan paling penting ketika menghadapi ISK adalah minum lebih banyak air. Melalui minum banyak air putih, maka Anda akan lebih sering buang air kecil yang sekaligus menguras bakteri penyebab infeksi dari tubuh. Biasanya, para dokter akan menyarankan untuk minum setidaknya 7-8 gelas setiap hari.


Jangan tahan keinginan buang air kecil
Memang benar ISK membuat Anda selalu ingin buang air kecil. Meskipun cukup memalukan, tetapi jangan menundanya, karena dapat memperburuk kondisi ISK.


Makan biji seledri
Biji seledri sangat efektif dalam memerangi ISK. Karena itu, biji seledri dianggap sebagai bahan yang paling efektif untuk meredakan nyeri buang air kecil akibat ISK.


Hindari makanan tertentu
Biasanya, para dokter menyarankan pasien mereka untuk menghindari makanan mengandung kafein, cokelat, karbonasi dan citrus. Karena, semua makanan tersebut dapat mengiritasi kandung kemih. Menhindari keempat makanan tersebut dapat mengurangi infeksi dan rasa sakit.


Gunakan pembalut panas
Jika Anda menghadapi rasa sakit dan nyeri saat buang air kecil, maka perlu menggunakan pembalut hangat yang ditempatkan pada sekitar kandung kemih. Hal ini akan cukup membantu meringankan rasa sakit dan nyeri akibat ISK.


Minum air baking soda
Siapkan minuman dengan baking soda dan meminumnya sering. Minuman ini memiliki karakteristik basa yang dapat menetralkan infeksi asam dan membantu menyingkirkan infeksi.


Minum teh jahe
Teh jahe dapat menjadi cara untuk membebaskan diri dari buang air kecil yang menyakitkan. Anda bisa minum teh jahe 2-3 kali sehari, sehingga mendapatkan manfaat menakjubkannya.

Minum air Lemon
Air lemon dikenal sejak lama dapat membantu mengatasi rasa sakit saat buang air kecil. Mungkin saat ini banyak wanita tidak mengetahuinya, tetapi air lemon benar-benar dapat menghilangkan rasa sakit saat buang air kecil.


Minum jus cranberi
Jus cranberi memiliki sifat antibakteri yang menjadikannya obat alami untuk buang air kecil menyakitkan. Anda bisa minum jus cranberi secara teratur jika sedang mengalami infeksi saluran kemih.

Minum jus mentimun

Mentimun mengandung banyak cairan, sehingga dikenal dapat menghidrasi tubuh. Namun, mentimun juga memiliki banyak manfaat lain, termasuk mengatasi masalah buang air kecil yang menyakitkan.


Sumber: Okezone


Monday, July 25, 2016

Minuman alternatif yang sehat dan enak

Masih banyak sebagian dari kita yang menganggap bahwa kopi merupakan satu-satunya minuman untuk menambah energi dalam menjalani hari.

Ya, kopi memang banyak menawarkan keuntungan untuk kesehatan kita, contohnya dapat mengurang risiko terkena diabetes tipe 2 dan melindungi tubuh dari ritme jantung yang abnormal. Tetapi efek kafein bagi sebagian orang dapat berlebihan, misalnya untuk ibu hamil yang sensitif terhadap stimulasi kafein.


Berikut ini adalah minuman alternatif yang sehat dan enak, serta bisa dikonsumsi saat sarapan seperti yang dilansir dari skinnyms.com, di bawah ini:


1. Energi Shake
Minuman shake ini sudah mengandung berbagai asupan yang diperlukan tubuh, seperti kale, pisang, biji rami, dan yoghurt. Dengan meminum shake sehat ini saat sarapan, akan membuat Anda segar di pagi hari dan meningkatkan energi dalam tubuh.

2. Smoothie Bayam dan Mangga
Smoothie yang bergizi ini mengandung zat besi, serat, dan penghancur lemak. Smoothie ini disukai karena bahan-bahan yang dibutuhkan hanya sedikit, sehingga memudahkan kita untuk membuatnya di pagi hari saat masih mengantuk.

3. Smoothie Teh Hijau dan Kiwi
Teh hijau merupakan salah satu alternatif favorit dari kopi. Minuman ini menawarkan jumlah kafein yang sedang, yaitu 25 sampai 50 milligram. Sehingga Anda akan mendapatkan energy boost tanpa harus merasa gugup dalam mengonsumsi kafein seperti dalam kopi.

4. Teh Chai
Chai adalah minuman dengan dasar teh hitam yang juga merupakan sepupu dari teh hijau. Minuman ini juga menawarkan kafein dalam jumlah sedang dan dapat merangsang metabolisme, serta memberikan antioksidan.

5. Air Detox Lemon dan Mint
Lemon membantu untuk membilas racun dari sistem tubuh, sementara mint berguna untuk menambahkan rasa yang menyegarkan. Minuman ini juga merupakan soda alternatif yang dapat anda minum sepanjang hari.

Sumber: Liputan6.com

Cara tingkatkan sistem Imum tubuh anda

Memasuki musim hujan, biasanya penyakit-penyakit seperti batuk, flu, dan radang tenggorokan jadi mudah menyerang. Nah, agar Anda tak jadi salah satu 'korbannya', yuk tingkatkan sistem imun!

Dr Penny Burns dari Inner Western Sydney menyebutkan bahwa sebenarnya saat Anda sakit bukan berarti sistem imun tidak bekerja dengan baik. Bisa saja sistem imun sedang menurun saja.

"Saat Anda sembuh dari pilek misalnya, itu berarti sistem imun sedang berupaya keras melawan infeksi," tutur Burns, seperti dikutip dari ABC Australia.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Usahakan untuk selalu cukup tidur setiap malam dan olahraga teratur. Jangan lupakan pentingnya mengonsumsi makanan yang mengandung banyak mikronutrien. Mikronutrien berupa vitamin dan mineral, yang didapat dari buah dan sayur.

"Kurangi stres. Jangan salah, stres juga dapat berdampak pada kekebalan tubuh. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa stres kronis dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit," imbuh Burns.

Jika membutuhkan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen. Namun untuk hal ini, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Ini supaya Anda terhindari dari risiko overdosis.

Others Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengunjung