Thursday, March 7, 2013

Berinteraksi sosial melalui berbelanja


Berbelanja tidak selamanya berkonotasi negatif. Interaksi sosial yang terjadi di area kasir menjadi celah potensial untuk menyebarkan nilai berbagi. Seperti dilakukan oleh The Body Shop melalui program The Body Shop Foundation Dragon Fruit Lip Butter yang berlangsung di seluruh jaringan toko di Indonesia.

Sebuah produk lip butter berbahan dasar buah naga menjadi jembatan kampanye sosial mereka. Keuntungan penjualan produk tersebut seluruhnya akan didonasikan untuk kegiatan sosial.

Mekanisme pemberian donasi dilakukan dengan cara berbeda dari biasanya. Jika dulu penerima donasi ditentukan sepihak oleh perusahaan, konsumen kini bisa berpartisipasi langsung dalam penentuan pihak penerima donasi dengan cara memberikan suara (vote) kepada organisasi yang dituju.

“Sebelumnya, kami mengajukan sejumlah nama lembaga nonprofit kepada kantor pusat kami di Inggris. Oleh mereka, nama-nama tersebut diseleksi sehingga terpilih tiga lembaga yang dianggap mewakili nilai dari perusahaan. Tiga organisasi itu yang dipilih oleh konsumen,” ujar Head of Corporate Communication The Body Shop Indonesia Rika Anggraini, pekan lalu.

Ketiga lembaga terpilih terdiri dari Yayasan Prakarsa Hijau, Borneo Orang Utan Survival Foundation, dan KAKAK Foundation. Masing-masing menggarap bidang sosial yang berbeda.

Yayasan Prakarsa Hijau lebih banyak bergerak dalam konservasi alam, khususnya rehabilitasi kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Jawa Barat. Borneo Orang Utan Survival Foundation bergerak dalam bidang konservasi orang utan. Sedangkan, KAKAK Foundation berjuang dalam bidang perlindungan anak-anak korban perdagangan manusia dan pelecehan seksual. Informasi mengenai profil ketiga organisasi tersebut disampaikan kepada konsumen dalam bentuk pamflet dan media sosial.

“Penerimaan masyarakat akan program ini cukup baik dilihat dari jumlah voting yang masuk hingga saat ini lebih dari 3.400 voting. Kesadaran mereka untuk berpartisipasi itu lebih kepada bisa ikut berpartisipasi membantu lingkungan atau orang lain, selain mendapatkan benefit dari produk yang dibeli,” imbuhnya.

Pihak lain yang mendapatkan manfaat, selain konsumen dan penerima bantuan, tentu saja perusahaan. Citra positif perusahaan bisa meningkat. Dengan begitu, mereka bisa menjalin hubungan yang lebih erat dengan konsumen mereka. Loyalitas akhirnya bisa terjaga.

“Tantangan yang kami hadapi lebih kepada memberikan informasi yang jelas kepada konsumen sehingga mereka paham dengan program sekaligus penyaluran donasinya,” tukasnya.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian