Wednesday, February 6, 2013

Tips cara pisahkan urusan kerja dan pribadi

Menjadi ibu bekerja di zaman sekarang bukan urusan gampang. Menjaga keseimbangan antara karier dan kehidupan pribadi tidak hanya berkaitan dengan memiliki jadwal yang fleksibel atau mencari jalan bagaimana bisa bekerja tanpa harus di kantor. Tapi ini juga menyangkut sejauh mana Anda bisa secara mental bisa memisahkan urusan pekerjaan dengan pribadi.

Yang sering terjadi, ketika pulang ke rumah dan bertemu dengan pasangan maupun anak, Anda masih dirundung awan mendung bernama stres, yang dibawa dari tempat kerja. Bahkan, mendengarkan musik yang menenangkan di perjalanan pulang pun tidak banyak membantu. Yang ada, sampai di rumah kita mengisi malam dengan berkeluh-kesah panjang-lebar pada pasangan, dengan topik tetap seputar pekerjaan.

Lalu, bagaimana caranya supaya stres di kantor tetap tinggal di kantor, tanpa harus ikut pulang ke rumah? Coba lakukan empat cara ini:

1. Ganti pakaian kerja Anda
Segera kenakan pakaian yang nyaman ketika sampai rumah. Bila hari masih belum terlalu malam, tidak ada salahnya mengenakan baju yang sering dipakai saat liburan. Menurut Joan Borysenko, PhD, penulis Fried: Why You Burn Out and How to Revive, tindakan ini bisa mengirimkan getaran menenangkan ke otak serta pikiran bawah sadar Anda. Kalau kantor Anda memungkinkan, tidak ada salahnya jika Anda sudah berganti baju sebelum pulang ke rumah. Pasti rasanya lebih segar begitu tiba di rumah.

2. Tersenyumlah, meski awalnya terpaksa
Konon, orang yang pura-pura nyengir pun pada akhirnya akan melakukannya dengan tulus. Begitu juga dengan tersenyum. "Kita tersenyum ketika kita merasa bahagia. Sebaliknya, kita akan merasa bahagia setelah kita tersenyum. Saat melakukannya, otak kita berpikir, 'Oh, saya sedang tersenyum, berarti saya merasa bahagia.' Dengan sendirinya suasana hati kita akan ikut serta," urai Elizabeth Lombardo, PhD, penulis A Happy You: Your Ultimate Prescription for Happiness. Karenanya, tak ada salahnya jika awalnya senyuman -atau bahkan tertawa- Anda itu dipaksakan. Ini bisa membuat Anda merasa lebih baik.

3. Regangkan tubuh Anda
Ada alasan mengapa mereka yang suka yoga itu terlihat lebih bahagia. Rahasianya terletak pada olah tubuh yang mereka lakukan. Namun, Anda tidak perlu sampai harus khusus ikut kelas yoga untuk bisa bahagia. "Cukup lakukan peregangan sederhana dan latihan pernafasan di kantor sebelum pulang. Misalnya dengan meregangkan area tegang seperti leher, bahu, dan rahang," saran Ginny Whitelaw, penulis The Zen Leader: 10 Ways To Go From Barely Managing to Leading Fearlessly.

4. Ganti wewangian di ruangan
Penggunaan aromaterapi di spa dapat membantu memperbaiki suasana hati kita. Coba terapkan ini di rumah atau di mobil, misalnya dengan aroma yang menenangkan seperti lavender atau vanila. "Ini membantu memberi sinyal pada otak, bahwa Anda telah memasuki lingkungan yang berbeda," kata Borysenko. Pada dasarnya, begitu otak Anda "tahu" bahwa Anda tidak di kantor lagi, tekanan stres yang berhubungan dengan pekerjaan akan langsung surut dan hilang.





0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian