Monday, February 25, 2013

Rutinitas untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat

 Bayi akan belajar sesuatu dari kebiasaan yang dibentuk oleh orang tuanya setiap hari. Beberapa kegiatan seperti makan dan tidur, harus dijadikan rutinitas bagi bayi karena hal ini dapat membuat bayi merasa lebih aman dan tenang yang baik untuk perkembangannya.

Seperti dilansir Parenting, berikut adalah 4 kegiatan yang perlu dijadikan rutinitas untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat:

1. Makan
Penting bagi orang tua untuk menjadikan waktu makan bayi sebagai rutinitas, karena hal ini dapat mengajarkan bayi tentang bagaimana dirinya makan di jam-jam tertentu saat merasa lapar. Menjaga rutinitas menyusui juga baik untuk menjaga agar produksi ASI Anda lebih konsisten.

Rutinitas makan juga bermanfaat agar bayi terbiasa dengan jadwal makannya dan tidak merasa kelaparan setiap saat. Jangan menyuapi bayi sambil menonton televisi atau melakukan kegiatan lainnya, sebaliknya perbanyak kontak mata dengan bayi agar dirinya merasa tenang dan nyaman.

Kata rutin di sini bukanlah hal yang sama seperti jadwal, sehingga Anda tidak harus memberikan makanan pada bayi tepat pada waktunya. Cobalah untuk lebih fleksibel terhadap jam makan bayi, tetapi mengusahakan agar tetap teratur setiap harinya.

2. Bermain
Bermain sangat penting bagi bayi untuk mengembangkan daya pikir otaknya. Ketika sedang bermain dengan mainan tertentu, dirinya akan belajar menyelidiki sesuatu dengan jari-jari tangannya. Bayi akan lebih mudah belajar jika bermain telah menjadi rutinitas yang akrab baginya.

Bayi yang memiliki rutinitas bermain juga akan tumbuh menjadi anak yang aktif dan waspada. Setelah makan, ajaklah bayi Anda bermain seperti memberikan mainan yang bisa disentuhnya, membacakan cerita, atau menggoyangkan tangan bayi seperti mengajaknya menari.

Bayi sangat sensitif terhadap warna, lampu dan suara yang membuatnya penasaran ketika bermain. Jangan terlalu lama menyediakan waktu bermain untuk bayi, karena dirinya perlu beristirahat. Bagi bayi yang masih belum berusia 2 tahun, batasi waktu bermainnya selama 5 sampai 10 menit setiap kali bermain.

3. Mandi
Mandi juga harus menjadi rutinitas yang diperkenalkan sejak dini pada bayi. Rutinitas waktu mandi dapat menyegarkan tubuh bayi setelah bangun tidur di pagi hari dan membuat tidur malam bayi lebih nyenyak. Tetapi penting bagi orangtua untuk memastikan bahwa bayinya dalam keadaan santai ketika sedang mandi dan tidak rewel.

Anda membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk memandikan bayi dan pastikan bahwa Anda sedang tidak terburu-buru. Tanggalkan pakaian bayi sambil mengajaknya berbicara agar bayi merasa lebih tenang ketika melakukan kontak dengan air.

Kebanyakan bayi akan menangis ketika dimandikan karena merasa terkejut akibat kontak yang tiba-tiba dengan air. Jangan melepaskan pandangan Anda kepada bayi ketika sedang berada di dalam bak mandi untuk menghindari beberapa kecelakaan kecil, seperti masuknya air ke hidung bayi.

4. Tidur
Orang tua harus berusaha menjaga rutinitas tidur bayi di waktu yang hampir sama setiap malamnya. Menunda waktu tidur dapat membuat bayi semakin lelah, hal ini dapat membuatnya kesulitan untuk jatuh tertidur. Tidur yang berkualitas dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya.

Perhatikan tanda-tanda bahwa bayi mulai mengantuk, seperti kelopak mata tampak berat, menguap, bayi mulai menggosok matanya, dan menjadi rewel atau gelisah. Satu jam atau lebih sebelum waktu tidur, mulailah rutinitas seperti mandi, memijat bayi, atau menyanyikan lagu pengantar tidur.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian