Friday, February 22, 2013

Mana lebih Efektif, Berbicara atau Menulis

Jika Anda merasakan hal-hal penting yang harus dibahas dengan orang lain, ternyata memilih untuk mengatakannya secara langsung lebih efektif dibanding hanya lewat pesan tertulis.

Mengirim pesan baik itu lewat pesan singkat, email, dan teknologi lainnya memiliki beberapa kelemahan. Selain bisa disalahartikan, mengirim pesan tertulis dari pembahasan persoalan yang terjadi hanya akan membuat orang lain kurang menangkap isi dari pesan yang Anda berikan.

Berbicara secara langsung kepada seseorang cenderung dikatakan lebih persuasif, dibanding hanya menggunakan pesan tertulis. Demikian seperti kesimpulan penelitian yang dilontarkan ilmuwan Greg Stephens. Stephen menilai, ketika Anda mendengarkan seseorang berbicara, otak Anda akan mulai bekerja dan mencoba menyinkronisasi dengan apa yang dibicarakan.

Untuk menguji berbicara langsung lebih efektif dibanding menulis pesan, Stephen dan tim melakukan serangkaian tes. Ia meminta peserta untuk diuji di alat yan bernama FMRI (Functional magnetic resonance imaging). Kemudian, peneliti juga merekam aktivitas otak para responden dalam mesin fMRI.

Dari hasilnya terlihat bahwa mereka yang menggunakan pesan tertulis terlihat memiliki adanya keterlambatan dibanding responden yang menyampaikan pesan secara langsung.

Penyampaian pesan secara langsung dikatakan lebih efektif karena pendengar akan lebih memahami ide, saran, dan juga pesan yang disampaikan oleh pembicara. Stephen bahkan bisa melihat bahwa bagian-bagian dari otak yang berhubungan dengan prediksi dan antisipasi cenderung akan lebih aktif, sehingga komunikasi yang dilakukan lebih cenderung sukses.

Stephens mencatat bahwa bagian-bagian dari otak yang harus dilakukan dengan interaksi sosial juga disinkronisasikan, termasuk daerah yang diketahui terlibat dalam proses sosial penting untuk komunikasi yang sukses, termasuk kemampuan untuk membedakan keyakinan, keinginan, dan tujuan lain.

Jadi, jika Anda memiliki sesuatu yang penting untuk dikatakan, katakanlah, jangan menuliskannya. Mendengar seseorang berbicara lebih kuat dan persuasif daripada membaca.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian