Tuesday, April 17, 2012

Anjing peliharaan dapat redakan stres di tempat kerja

SEBUAH penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa anjing dapat menghilangka stres akibat pekerjaan. Bahkan, membawa anjing peliharaan ke tempat kerja dapat membuat pekerjaan menjadi lebih memuaskan bagi karyawan lain. asalkan anjing tersebut tidak mengganggu karyawan lain dan tidak membuang kotoran sembarangan.

Penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti di Virginia Commonwealth University, Amerika Serikat menemukan bahwa mereka yang memiliki akses untuk anjing, kurang mengalami stres di kemudian hari daripada mereka yang tak memilikinya.

Penelitian awal yang diterbitkan dalam International Journal of Workplace Health Management tersebut mengamati 75 staf sebuah perusahaan manufaktur yang diperbolehkan membawa binatang peliharaan mereka ke tempat kerja.

Para peneliti kemudian membandingkan karyawan yang membawa hewan peliharaan mereka sendiri, dengan mereka yang memiliki anjing tapi meninggalkannya di rumah dan staf yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Selama seminggu, para peneliti membandingkan tingkat stres karyawan, kepuasan kerja, dan perasaan tentang dukungan dari komitmen terhadap perusahaan.

Di pagi hari, tidak ada perbedaan antara tiga kelompok. Lantas, peneliti mengukur kadar hormon stres dengan menggunakan sampel air liur di siang harinya.

Selama hari kerja, tingkat stres tampaknya menurun pada karyawan yang membawa anjingnya ke kantor. Selain itu, anjing juga meningkat pada karyawan yang tak memiliki hewan peliharaaan dan pemilik anjing namun tak membawanya ke tempat kerja.

Para peneliti juga mencatat bahwa kadar stres meningkat secara signifikan selama hari kerja ketika pemilik meninggalkan anjing di rumah dibanding hari-hari mereka membawa binatang peliharaannya ke tempat bekerja.

Para peneliti menekankan akses terhadap anjing meningkatkan moral dan mengurangi tingkat stres, apakah orang itu memiliki akses terhadap hewan peliharaan mereka sendiri atau orang lain.

Randolph Barker, penulis utama studi dan profesor manajemen di VCU School of Business, mengatakan anjing dapat membuat perbedaan positif di tempat kerja.

"Perbedaan tingkat stres saat anjing dibawa ke tempat kerja dan tidak, sangat bermakna. Para karyawan yang memiliki anjing dan membawanya ke tempat kerja secara keseluruhan memiliki kepuasan kerja lebih tinggi dari norma industri," ujar Barker.

Prof Barker mengatakan adanya anjing di sekitar tempat kerja dapat menyebabkan peningkatan kinerja dan kepuasan karyawan.

Dan ia melaporkan komentar positif dari karyawan seperti "hewan peliharaan di tempat kerja bisa menjadi bonus besar bagi moral karyawan", "memiliki anjing di sini bisa menghilangkan stres besar" dan "anjing itu hal positif, anjing meningkatkan kerja sama karyawan.”

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa stres dapat memberikan kontribusi untuk absensi karyawan dan kelelahan. Hal ini juga dapat mengakibatkan kerugian yang signifikan dari produktivitas

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian