Wednesday, September 7, 2011

Keja Sambilan sambil Kuliah

BANYAKNYA pengalaman menjadi faktor yang membuat seseorang bisa dengan mudah mencari kerja. Sebelum terjun ke dunia kerja, para mahasiswa sebaiknya memanfaatkan waktu luang mencari pengalaman sebanyak mungkin. Tak ada salahnya membuka peluang memperoleh pengalaman di bidang yang Anda sukai.

Jika memilih bekerja pada sebuah perusahaan, maka Anda wajib membuat resume yang benar pada surat lamaran. Catat tips menulis resume berikut terutama bagi Anda yang masih duduk di bangku kuliah:

1. Tuliskan misi yang kuat
Tidak mudah bagi beberapa perusahaan menerima pegawai yang masih berstatus mahasiswa. Selain kurangnya pengalaman, tidak sedikit mahasiswa yang mengabaikan pekerjaan saat dikejar tugas perkuliahan.

Demikian juga sebaliknya, banyak mahasiswa yang mendadak meninggalkan pekerjaan demi mengejar ketertinggalan pelajaran perkuliahan. Itu tentu merugikan perusahaan.

Karena itu, tulis misi yang kuat pada resume Anda. Anda adalah calon pegawai yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang diajukan. Anda memiliki bakat dan kemampuan pada bidang pekerjaan tersebut. Tawarkan apa saja yang bisa Anda berikan pada perusahaan.

2. Cantumkan semua keterampilan dan sifat Anda
Anda memang kurang pengalaman dibanding beberapa calon pegawai yang telah menyandang gelar, tetapi Anda pasti memiliki keterampilan dan sifat yang bisa ditawarkan pada bidang pekerjaan yang Anda ajukan.

Tulis pendidikan yang sedang dijalani pada daftar paling atas riwayat Anda. Pamerkan semua kemahiran Anda, kepiawaian menggunakan MS Office, kemampuan bahasa dan kemampuan apapun yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Tampilkan juga semua sifat yang menunjukkan bahwa Anda memiliki kualitas, disiplin, tepat waktu, dapat bekerja dalam tim dan lain sebagainya.

3. Sertakan pengalaman kursus atau penghargaan yang relevan
Selanjutnya, Anda bisa menuliskan semua kursus atau penghargaan yang relevan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Misalnya, jika Anda melamar pekerjaan sebagai seorang design graphic, tuliskan jenis mata kuliah relevan yang memiliki nilai-nilai baik.

Tulis juga semua penghargaan yang pernah Anda terima, misalnya lomba-lomba yang berkaitan dengan design graphic. Tulis juga di mana saja Anda pernah menjalani kurus yang berhubungan dengan design graphic.

Hanya tulis hal-hal yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Jika Anda menuliskan semua, maka itu akan membuang waktu pihak HRD dan membuat Anda tampak tidak fokus.

Jika Anda telah diterima untuk bekerja di sebuah perusahaan, atur waktu dengan baik supaya prestasi di kampus tidak terabaikan ya! Selamat berburu pekerjaan..

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian