Tuesday, June 11, 2013

Manfaat kayu manis bagi kesehatan

Kayu manis merupakan tanaman obat yang mempunyai nama ilmiah Cinnamomum Bumani (nees) BI dengan nama daerah antara lain Holim, kayu manis, madang kulit manih, manis jangan, kanigar, kasingar, kuniggu,puundinga. Manfaat dan khasiat kayu manis sebagai obat pelega perut, peluruh keringat, dan mengobat sariawan biasanya diramu dengan tanaman obat lain untuk mangatasi tekanan darah tinggi. Kulit batang memiliki rasa pedas, sedikit manis, hangan dan beraroma wangi, sifatnya menyegarkan tubuh aromanya berkhasiat sebagai aroma terapi.

Ciri umum kayu manis, termasuk famili Lauraceae. merupakan terna berbentuk pohon dengan tinggi-10-15 meter. Batang berkayu, tegak, bercabang, warna hijau kecoklatan. Daun tunggal, berbentuk lanset, ujung dan pangka rucing tepi rata, pertulangan melengkung, panjang 4-14cm , lebar 1,5-6 cm, warna merah pucat saat muda dan akan berubah menjadi hijau setelah tua. Bunga majemuk, berbentuk malai, tumbuh di ketiak daun, berambut halus, warna kuning, panjang tangkai bunga 4-12cm. Panjang mahkota bunga 4-5mm. Buah buni, panjang 1cm warna hijau muda saat muda dan akan berubah menjadi hitam setelah tua. Biji berbentuk bulat telur, warna hijau saat mudah akan berubah menjadi hitam setelah tua. Akar tunggang warna coklat kotor.

Kandungan Kimia
Kulit batang mengandung minyak atsiri, eugenol, safrole, cinnamaldehyde, tanin, kalsium oksalat, damar, dan zat penyamak.

Bagian yang digunakan
Kulit batang

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian