Wednesday, June 26, 2013

Hubungan Menstruasi pertama dan Tulang

Estrogen merupakan unsur penting dalam penentuan massa tulang. Maka, masa remaja wanita mendapatkan menstruasi pertamanya sangat penting.

Remaja wanita yang mendapatkan menstruasi pada usia 15 tahun ke atas, memiliki risiko osteoporosis lebih besar.

Jika sampai usia 14 tahun anak remaja wanita Anda belum memperoleh menstruasi, periksakan ke ginekolog atau ahli kandungan. Selain faktor keturunan, bisa saja keterlambatan menstruasi karena adanya kelainan.

Menstruasi tidak teratur yang berlangsung dalam jangka panjang, menunjukkan kadar estrogen yang dimiliki tubuh sangat rendah. Berarti, risiko kehilangan massa tulang juga meningkat.

Untuk mengetahui kadar hormon estrogen dalam tubuh, perlu tes kadar hormon dalam darah. Maka, jangan pernah menganggap enteng kelainan yang terjadi dalam siklus menstruasi Anda.

Selama hidupnya, wanita akan mengalami 40-50 persen massa tulang, sementara pria hanya 20-30 persen saja. Setelah usia 35 tahun, estrogen wanita mulai berkurang. Dan, ini menyebabkan wanita kehilangan jaringan tulang sebanyak 2-3 persen per tahun hingga memasuki masa menopause (usia 49-51 tahun), dan berlangsung terus hingga 5-10 tahun kemudian.

Namun, Anda yang berada di usia produktif jangan terlena. Osteoporosis tidak hanya terjadi pada orangtua. Wanita usia produktif juga bisa terkena osteoporosis. Namun, umumnya kasus pada wanita muda hanya terjadi akibat kelainan hormon steroid atau kekurangan gizi.

Kenali dua jenis Osteoporosis:
1. Osteoporosis primer, terbagi 2 yaitu osteoporosis primer tipe I, berhubungan dengan berkurang dan atau terhentinya produksi hormon. Sementara osteoporosis primer tipe II berhubungan dengan senile atau usia tulang.

2. Osteoporosis sekunder, disebabkan berbagai penyakit tulang (chronic rheumatoid arthritis, TBC spondilitis, osteomalacia,dan sebagainya), penggunaan obat-obatan kortikosteroid dalam jangka waktu lama, astronot tanpa gaya berat, muscle paralyzed, tidak bergerak dalam waktu lama, hipertiroid, dan sebagainya.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian