Sunday, January 12, 2014

Warna air seni bisa mendeteksi penyakit

Kepala pusing, tenggorokan dan kulit terasa kering menjadi sinyal penting tanda tubuh kekurangan cairan, atau dehidrasi. Namun selain dari kondisi fisik, dehidrasi juga dapat dilihat dari warna air seni (urin). Untuk mengetahui cairan dalam tubuh masih dalam keadaan normal atau tidak, dapat dilihat dari warna air seni. Bila warna air seni cenderung ke arah gelap artinya sobat kekurangan cairan dan sebaliknya. Ini menjadi tanda, jika dehidrasi tak hanya membuat tubuh kekurangan cairan tapi juga berpengaruh pada konsentrasi kandung kemih. Organ ginjal yang menghemat cairan untuk produksi urin membuat warna air seni berubah menjadi gelap.

Begitu juga sebaliknya, warna air seni cenderung ke arah jernih atau bening, tandanya cairan dalam tubuh ada dalam keadaan normal. Warna air seni mulai terlihat kuning pucat, ini masih dalam batas aman, namun jika warna sudah mengarah seperti warna teh (kuning pekat bahkan coklat), Patut DIWASPADAI. Ini tubuh sobat mengalami DEHIDRASI.
Level Warna Air Seni

1...

Warna air seni bisa mendeteksi penyakit lho…

Air seni bukanlah sekadar produk limbah dari tubuh. Air seni merupakan cairan sisa yang diekskresikan ginjal. Cairan ini memiliki kandungan utama air dengan bahan terlarut sisa metabolisme seperti urea, sulfat, amonia, potasium, sodium, fosfat dan magnesium.

Air seni disaring di dalam ginjal, dibawa melalui saluran kemih (ureter) menuju kandung kemih, akhirnya dibuang keluar tubuh melalui uretra. Selama proses tersebut, warna air seni yang keluar melalui uretra kita pun bisa bermacam-macam.

Warna air seni normal biasanya kuning bercahaya karena merupakan hasil ekskresi (pengeluaran) pigmen yang ditemukan dalam darah yang disebut urochrome. Tapi urine bisa berubah warna, sesuai dengan makanan atau penyakit yang diderita seseorang.

Warna air seni juga bisa menunjukkan indikasi awal penyakit tertentu. Berikut penjelasan singkatnya:
Kuning pekat


Kuning pekat

Kondisi ini bisa jadi efek asupan obat-obatan tertentu yang masuk ke tubuh. Namun, ini tak bisa dianggap remeh. Konsultasikan ke dokter karena warna air seni semacam ini bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan seperti gangguan liver dan hepatitis.
Putih susu


Putih susu

Warna ini seringkali menjadi pertanda adanya pertumbuhan bakteri di dalam saluran kemih. Mengindikasikan infeksi saluran kencing atau gejala batu ginjal
Merah atau merah muda


Merah atau merah muda

Warna air seni semacam ini bisa terjadi akibat konsumsi makanan dengan pewarna merah alami. Namun dalam sejumlah kasus serius, ini mengindikasikan adanya kontaminasi darah dari ginjal. Jika disertai nyeri di perut dan demam, ini juga bisa mengindikasikan infeksi kandung kemih.
Oranye


Oranye

Warna air seni menyerupai kulit jeruk mungkin terjadi akibat efek samping obat-obatan yang sobat konsumsi. Tanyakan kepada dokter tentang kondisi ini. Terlalu banyak asupan makanan artifisial (zat pewarna) juga bisa menjadi pemicu
Cokelat gelap atau seperti teh


Cokelat gelap atau seperti teh

Bisa akibat efek samping dari obat tertentu. Namun, bisa juga menunjukkan adanya kelainan hati, terutama bila disertai dengan wajah pucat kuning dan kulit kuning.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian