Friday, September 26, 2014

Tips Nafsu makan bagi orang kurus

Kegemukan sudah tak diragukan lagi bisa menjadi biang masalah bagi kesehatan. Tapi tubuh yang terlalu kurus juga tidak bisa disebut sehat.

Selama ini orang selalu memikirkan cara bagaimana mengontrol nafsu makan namun bagi orang yang kekurangan berat badan, menderita penyakit atau sedang dalam masa pemulihan setelah sakit, makan dengan porsi sedikit bisa berbahaya. Tubuh memerlukan nutrisi agar organ-organ bisa berfungsi dengan semestinya dan untuk memenuhi nutrisi tersebut, diperlukan makanan dengan porsi cukup.

Tidak ada nafsu makan merupakan tanda adanya sesuatu yang tidak beres di dalam tubuh. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari kelelahan, gelisah, depresi, trauma, putus cinta atau kehilangan orang yang dikasihi. Kurang nafsu makan bisa berlangsung hanya sementara tapi ada pula yang permanen. Dari kebiasaan tidak suka makan, atau makan sangat sedikit ini bisa memicu anoreksia yang bisa mengancam hidup.

Jadi bagi Anda yang saat ini sedang tidak nafsu makan, atau selera makannya hanya sedikit sementara indeks massa tubuh jauh di bawah normal, maka harus diwaspadai sejak dini. Sebagai langkah awal, lawan keinginan untuk tidak makan dengan cara-cara berikut ini:

1. Makan Sedikit Tapi Sering
Bagi jam makan Anda menjadi 4-5 kali sehari, tapi dengan porsi kecil setiap sesi makannya. Makan sedikit-sedikit tapi sering lebih mudah dilakukan ketimbang jika Anda makan tiga kali sehari dalam porsi besar. Makanlah menggunakan piring kecil, sehingga 'kewajiban' untuk menghabiskan makanan jadi lebih mudah dipenuhi. Usahakan makanan yang dikonsumsi bervariasi mulai dari karbohidrat, lauk, sayuran, buah serta camilan sehat seperti almond atau salad.

2. Makan Peppermint
Jika menghirup aroma peppermint bisa mengurangi nafsu makan, memakannya justru bisa membangkitkan selera. Peppermint bisa menyegarkan langit-langit dan tekak di dalam mulut sehingga meningkatkan nafsu makan. Kunyahlah beberapa daun peppermint, atau minum teh peppermint sebelum makan.

3. Kurangi Stres
Mengurangi tingkat stres bisa sangat membantu menambah selera makan. Stres dan rasa gelisah cenderung membuat orang tidak merasa lapar, jadi hilangkanlah stres itu dengan memanjakan diri. Bisa melakukan pijat, mandi busa di dalam bath tub atau liburan.

4. Makan Comfort Food
Comfort food memang tidak selalu, atau tidak semuanya sehat. Tapi jika itu diperlukan untuk mengatasi kurangnya nafsu makan yang sudah cukup akut, maka masih bisa dipertimbangkan. Pilihlah makanan yang menjadi favorit di waktu kecil, atau makanan yang membuat Anda merasa nyaman. Akan lebih baik jika makanan itu sederhana dan mudah dicerna tapi tetap menggugah selera.

5. Olahraga
Olahraga ternyata punya dua sisi mata uang. Aktivitas fisik bisa mengurangi, atau menambah nafsu makan tergantung kebutuhan si pelaku. Sempatkanlah jogging, jalan cepat atau bersepeda beberapa jam sebelum makan. Energi yang terkuras saat berolahraga akan membuat Anda merasa lapar dan nafsu makan bisa timbul..

Detik.com

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian