Monday, September 15, 2014

Cegah Stroke dengan makan pisang

Stroke adalah penyakit berat yang bisa menimbulkan kecacatan atau kematian. Menata pola makan dan aktivitas fisik merupakan cara untuk menurunkan risiko stroke, termasuk dengan rutin mengasup makanan kaya potasium.

Tidak sulit mendapatkan potasium karena ia terkandung dalam berbagai buah dan sayuran. Sumber potasium atau kalium ini antara lain pisang, tomat, produk susu, bayam, ubi jalar, kentang, dan sebagainya.

Konsumsi potasium sangat penting karena ia akan mengurangi efek garam. Karena itulah, rutin mengasup makanan sumber potasium akan mencegah hipertensi, faktor risiko utama stroke dan penyakit jantung.

Menurut Akademi Nutrisi dan Diet, satu porsi bayam masak mengandung 840 mg potasium. Kentang setengah matang mengandung 800 mg, sedangkan pisang berukuran sedang mengandung 450 mg.

Studi terbaru menunjukkan, konsumsi makanan kaya potasium dapat mengurangi risiko terkena stroke bagi wanita lanjut usia. Para peneliti telah meriset 90.000 wanita dari usia 50 hingga 79 tahun selama 11 tahun. Mereka mencatat konsumsi potasium dari makanan alami dalam diet wanita-wanita tersebut.

Hasilnya, wanita yang mengonsumsi potasium punya risiko 12 persen lebih rendah terkena stroke. Mereka juga punya risiko 16 persen lebih rendah terkena stroke iskemik, yakni jenis stroke yang paling umum dan terjadi ketika pembuluh darah di otak tersumbat.

Wanita yang mengonsumsi potasium itu juga memiliki risiko 10 persen lebih rendah mengalami kematian karena beragam penyebab selama periode riset dibanding yang makan sedikit potasium.

"Buah dan sayur adalah sumber potasium yang baik," kata Sylvia Wassertheil-Smoller, peneliti dari Perguruan Tinggi Obat Albert Einstein, New York. "Kami menemukan satu lagi alasan mengapa makan buah dan sayur itu baik," ungkapnya.

Namun, konsumsi potasium lebih efektif untuk menurunkan risiko stroke bila seseorang tidak punya tekanan darah tinggi.

Akan tetapi, mengonsumsi potasium berlebihan juga tidak baik, terutama bagi orang lanjut usia dan penderita gangguan ginjal. Oleh sebab itu, berhati-hatilah jika ingin mengonsumsi potasium dalam bentuk suplemen. Sebaiknya, konsultasikan dulu dengan dokter untuk mengetahui jumlah amannya.


Baca juga Cara Diet dengan Makan Pisang



Anda ingin memiliki berat badan ideal? Salah satu cara untuk mewujudkan itu yang adalah diet. Saat ini diet ada berbagai jenis, mulai dari diet dengan buah lemon atau detoks, diet tidak makan nasi, hingga diet OCD yang cukup tren akhir-akhir ini. tips diet, diet pisang, diet sehat, pisang, tips diet dengan buah pisang, cara diet dengan buah pisang

Diet dengan buah pisang – Ist

Namun, terkadang menjalani diet itu tidak membuat seseorang merasa puas dengan hasilnya. Rasanya mereka masih saja ingin menuruni berat badannya, sekalipun itu hanya 1-3 Kilogram saja. Namun, ada juga mereka yang tidak berhasil menjalani diet.

Baca juga: 7 Faktor Penyebab Diet Sering Gagal

Jika memang ingin mendapatkan berat tubuh yang ideal, maka ada cara lain yang bisa Anda gunakan yaitu dengan pisang. Diet dengan buah pisang ini bisa memaksimalkan diet yang sedang dijalani. Anda akan mencapai berat badan yang diinginkan jika memakan pisang saat sedang menjalani diet.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan jika ingin menjalani diet dengan buah pisang ini. Apa saja? Dilansir dari Vemale.com, berikut cara diet dengan buah pisang:
1. Pilih pisang yang tepat

Pilihlah buah pisang dengan temperatur ruangan. Dengan kata lain, pisang tak boleh disimpan di dalam lemari es. Pisang dengan temperatur ruangan baik untuk dimakan saat Anda sedang menjalani program diet.
2. Hanya boleh makan sampai jam 8 malam
tips diet, diet pisang, diet sehat, pisang, tips diet dengan buah pisang, cara diet dengan buah pisang


Saat menjalani diet dengan buah pisang ini, Anda hanya boleh makan mulai dari jam 9 pagi – 8 malam saja. Pada jam itu, Anda bisa mengonsumsi berbagai menu diet sehat dan tak lupa memakan buah pisang. Sisa dari jam itu, Anda hanya disarankan untuk meminum air putih saja.

Baca juga: Tips Diet: Menu Makan Malam yang Sehat Saat Diet
3. Tak semua makanan bisa dimakan

Jika diet dengan buah pisang ini ingin berhasil, maka ada beberapa makanan yang tak boleh Anda makan. Makanan itu, antara lain es krim, produk susu, minuman beralkohol, makanan penutup setelah makan malam, dan segala jenis minuman manis serta bersoda.

Itulah cara diet dengan buah pisang. Jangan lupa juga untuk tetap berolahraga walaupun sedang diet. Ketahuilah bahwa buah pisang akan menstimulasi proses pencernaan dan pembuangan sisa makanan yang tidak dibutuhkan tubuh. Selain itu, pisang juga bisa melancarkan pencernaan sehingga Anda bisa buang air besar setiap hari.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian