Friday, September 26, 2014

Kemampuan Matematika anak di pengaruhi oleh hormon tiroksin


Kemampuan seseorang dalam berhitung ternyata bukan hanya ditentukan oleh rajin tidaknya ia dalam belajar, tapi juga faktor hormonal selama ia ada dalam kandungan.

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa tingkat hormon wanita saat hamil akan memengaruhi kemampuan matematika anaknya di umur lima tahun. Hormon yang berperan adalah hormon tiroksin.

Anak yang ketika dalam kandungannya hanya terpapar hormon tiroksin rendah, cenderung memiliki kemampuan matematika lebih rendah. Hormon tiroksin diketahui berperan penting dalam perkembangan otak janin, namun banyak ibu hamil yang tidak mengetahuinya.

Penelitian mengenai pengaruh tiroksin terhadap kemampuan berhitung anak dilakukan oleh Martijn Finken dari Amsterdam, Belanda. Ia meneliti 1.200 anak-anak dari sejak mereka dalam kandungan sampai usia sekolah.

Finken mengukur kadar tiroksin di minggu ke-12 kehamilan para ibu tersebut. Kemudian, ia membandingkannya dengan nilai aritmatika dan bahasa anak-anak mereka di usia 5 tahun. Hasilnya, 90 persen anak-anak yang terpapar sedikit tiroksin mendapat nilai matematika terendah di kelasnya.

Menariknya, tingkat hormon tersebut tak berpengaruh pada nilai ujian anak-anak pada mata pelajaran kosa kata dan bahasa.

Menurut Finken, kemampuan berbahasa lebih dipengaruhi dari pembelajaran sejak kecil. Sedangkan kemampuan matematika lebih dipengaruhi perkembangan otak. Penelitian ini sendiri akan terus dilanjutkan.

"Kami akan terus mengikuti perkembangan mereka untuk mengetahui apakah fenomena ini akan berlanjut hingga ke usia dewasa," katanya.

Lantas, apa yang harus dilakukan para ibu agar kadar hormon tiroksinnya cukup selama hamil? Pemberian suplementasi pun harus diperhatikan. Menurut Finken, waktu ideal mengonsumsi suplemen tiroksin adalah 4 minggu usia kehamilan.

Namun, tiroksin sendiri sebagian besar berasal dari iodin yang bisa ditemukan pada susu dan ikan. Konsumsi aman iodin perhari 100-150 mikrogram.

Baca juga peran orang tua untuk mengoptimalkan kemampuan belajar Anak

Selain faktor guru, orang tua juga sangat memainkan peranan yang sangat penting dalam mengoptimalkan kemampuan belajar anak. Ini dikarenakan di sekolah waktunya terbatas. Guru di sekolah mempunyai peranan berganda di kelas, selain ia harus mengajar materi pelajaran, memeriksa tugas sekolah Dan pada waktu yang bersamaan ia harus bisa mengawasi anak-anak didiknya yang ada dikelas yang mempunyai latar belakang kemampuan yang berbeda-beda. Sehingga guru tidak akan mampu menyediakan waktu khusus untuk anak didiknya yang mengalami kendala dalam pelajaran tertentu.

Apalagi bila jumlah siswanya banyak, sehingga kita tidak bisa menuntut lebih banyak. Hal ini sangat terasa selama saya bekerja bila manghadapi anak kesulitan dalam belajar bila tidak adanya kerjasama oleh kedua belah pihak, baik pihak sekolah dan pihak orang tua, akan semakin sulit untuk membantu anak dalam mengoptimalkan kemampuan belajar si anak tersebut. Oleh karena itu peranan dirumah sangat membantu memajukan perkembangan belajar anak.

Seperti yang sudah dibahas di edisi Tribun sebelumnya, sudah dipaparkan secara panjang lebar bahwa aspek pemahaman materi pelajaran sangat penting yang harus dikuasai oleh anak. Karena mengingat suatu pelajaran belum memastikan anak tersebut paham akan pelajarannya tersebut. Oleh itu, pengulangan materi sangat disarankan untuk memastikan bahwa si anak tersebut benar-benar menguasai pelajaran tersebut, dan dengan sistem pengulangan akan memberi Kesempatan pada anak untuk lebih memahami serta menyerap informasi dengan lebih baik lagi.

Gunakan sistem point reward dalam belajar, dimana anak akan diberikan point bagi anak- anak usia diatas 9 tahun dan bintang bagi anak-anak usia dibawah 6 tahun. Point atau bintang dapat di tukar menjadi hadiah yang sudah dijanjikan oleh kedua orang tua. Hadiah yang diberikan bukan berupa mainan namun aktifitas yang disukai oleh si anak tersebut. Seperti jalan ke Mall, mandi bola, Time Zone, Water Boom, dan lain-lain. Selain itu, orang tua juga harus membuat atau menerapkan schedule atau jadwal belajar anak dari usia dini, sehingga hal tersebut menjadi suatu kebiasaan dalam kehidupan anak.

Bila pola tersebut sudah menjadi kebiasaan atau rutinitas dalam kehidupan harian anak, maka biasanya anak-anak tidak mengalami kendala atau kesulitan untuk memulai belajar. Namun Ada beberapa point yang harus diingat oleh para orang tua bila kita mau anak tidak mengalami kesulitan dalam memulai belajarnya dirumah, maka suasana belajar beserta proses belajar mengajar juga harus menyenangkan. Bagaimana cara menciptakan suasana belajar dan proses belajar yang menyenangkan sudah kita pupas secara mendalam di beberapa edisi Tribun yang lalu.

Dalam menerapkan jadwal belajar supaya efektif dengan anak, sebaiknya kita harus menyesuaikan dengan kondisi dengan anak. Caranya kita harus mengobservasi atau memantau konsdisi serta kebiasaan anak dalam sehari-hari. Setelah mendapat data atau hasil yang jelas maka kita bisa menetatpkan jadwal belajar yang tepat pada anak.

Hasil pemerhatian kita selama ini harus menunjukan konsistensi kondisi sang anak. Salah satu contoh si anak selalu susah memulai belajar bila sedang menonton program favoritnya di layar televisi. Maka jadwal belajarnya kita majukan 2 jam sebelum acara program televisinya mulai. Dan kita harus menginformasikan pada si anak bahwa dia boleh menonton program kesayanganya bila ia sudah belajar. Beri konsekuensi pada si anak secara konsisten. Bila selama proses belajar anak lambat mengerjakan tugas pelajaranya maka konsekuensinya jam nontonya berkurang. Artinya semakin lambat ia diperbolehkan untuk menonton film kesayanganya. Bila anak tidak mau belajar maka tidak acara televisi diperkenankan oleh anak untuk nonton. Jangan Sekali Kali menggunakan waktu dalam belajar. Karena bila kita menggunakan waktu maka anak dapat memanipulasikan keadaan.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian