Wednesday, July 2, 2014

Kulit buah yang bermanfaat bagi kesehatan

Terkadang, kulit buah hanya berakhir di tempat sampah karena cuma daging buahnya saja yang dianggap enak. Padahal jika diekstrak, kulit buah punya kandungan nutrisi yang tidak kalah bermanfaat dibandingkan daging buahnya.

Kulit manggis banyak dipercaya mengandung antioksidan yang bermanfaat. Mulai dari memperlambat proses penuaan, hingga mencegah reaksi radang atau inflamasi penyebab berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan kanker. Meski butuh serangkaian penelitian ilmiah untuk membutikannya, ekstrak kulit manggis cukup populer belakangan ini.

Bukan hanya manggis, beberapa jenis buah yang bisa dijumpai dalam keseharian juga dipercaya mengandung senyawa-senyawa bermanfaat, seperti dirangkum detikHealth berikut ini.

1. Kulit pisang

Ternyata Kulit pisang tidak hanya membawa petaka bagi yang menginjaknya namun kulit pisang juga berguna bagi kesehatan menurut : Luiz Oliveria, seorang pengusaha catering di London mengklaim bahwa kulit pisang secara tradisional dipakai sebagai bahan untuk membuat cake di Brazil. Kulit pisang diblender, dicampir air lalu dicampur dengan adonan kue.

Berbagai sumber menyebut, kulit pisang mengandung serat lebih banyak dibanding daging buahnya. Di dalamnya juga banyak kandungan kalium, yang dibutuhkan oleh otot untuk bekerja.

2. Kulit Apel

Dalam sebuah penelitian, Prof Ana Maria Mendoza-Wilson menyebut bahwa ekstrak kulit apel mengandung senyawa polifenol. Senyawa tersebut merupakan antioksidan yang bisa mengurangi risiko kanker dan sakit jantung.

3. Kulit Jeruk

Sama seperti buahnya, kulit jeruk juga kaya akan Vitamin C. Selain itu, kandungan seratnya disebut-sebut 4 kali lebih banyak dibandingkan buahnya. Di dalamnya, terkandung pula tangeretin dan nobiletin, sejenis flavanoid penyegah kanker, diabetes dan radang.

4. Kulit Semangka

Sebuah penleitian di United States Department of Agriculture (USDA) menyebut bahwa bagian putih pada kulit semangka banyak mengandung citrulline. Senyawa ini merupakan sejenis asam amino yang membantu memperbaiki peredaran darah.

5. Kulit Anggur

Buah-buahan berwarna ungu mengandung banyak senyawa glikosida anthocyanidin. Senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan tersebut juga terdapat di buahnya, tetapi paling banyak tersimpan persis di bawah lapisan kulitnya.

Sumber: detikcom


0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian