Thursday, July 17, 2014

Bahaya kesehatan yang mengancam pekerja lansia

Tetap beraktivitas meski lanjut usia memang tidak dilarang, bahkan punya manfaat termasuk menunda pikun. Tapi jangan salah, beberapa penyakit justru mengintai orang-orang yang bekerja terus sampai tua.

Semakin maju pengetahuan medis berdampak pada semakin tingginya angka usia harapan hidup. Jika pada tahun 1.900 kebanyakan orang meninggal pada usia 55 tahun, dewasa ini orang tua dapat hidup hingga umur 80 tahun ke atas.

Dengan bergesernya angka harapan hidup tersebut, kini anggota masyarakat dengan umur 45 tahun ke atas makin besar. Berkaitan dengan hal tersebut, mereka yang masih bekerja pada usia tua menghadapi bahaya kesehatan yang besar.

Professor Mark Harris, Direktur Pusat Pelayanan Kesehatan di Universitas New South Wales (NSW), Australia, mengatakan bahwa meskipun gaya hidup sehat termasuk diet dan olahraga dapat mencegah bahaya kesehatan, masih ada faktor lain seperti gen dan hal lainnya dapat memberi dampak negatif.

"Saat kita semakin tua, kesehatan kita semakin tidak dapat diprediksi. Semakin lama anda hidup maka semakin ada kemungkinan anda terjangkit penyakit," ujar Harris.

Berikut beberapa bahaya kesehatan yang mengancam mereka yang masih bekerja pada usia tua seperti dilansir dari ABC Australia..

1. Bekerja sampai usia 75 tahun: Kanker

Ada berbagai macam jenis kanker, dan resiko terjangkit kanker tersebut makin meningkat sejalan dengan bertambahnya usia. Pada seseorang yang berumur 75 tahun, satu dari tiga orang pria dan satu dari empat orang wanita dapat terpengaruh oleh penyakit ini.

Meskipun kanker dapat diobati, namun pengobatannya memakan waktu lama dan biaya yang besar dan dapat mengakibatkan disabilitas.

2. Bekerja sampai usia 79 tahun: Sakit jantung

Menurut data dari Institut Kesehatan dan Kesejahteraan Australia, mereka yang mengalami masalah kesehatan kardiovaskular meningkat hampir dua kalinya dari kelompok umur 44-54 tahun dan umur 55-64 tahun. Pada kelompok umur 65-79 tahun hampir setengah dari populasi mengidap penyakit ini.

3. Bekerja sampai usia 45 tahun: Radang sendi

Osteoarthritis atau yang disebut juga degenerasi sendi adalah penyakit yang menyerang tangan, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki. Saat seseorang menginjak usia 45 tahun ke atas, kemungkinan mengidap penyakit ini meningkat tajam.

Osteoarthritis menyebabkan seseorang kehilangan kekuatan persendiannya akibat kurangnya protein yang melumasi persendian.

"Osteoarthritis tidak akan membunuh, namun penyakit ini akan sangat berdampak pada kualitas hidupmu," kata Harris.

4. Bekerja sampai usia 40-an tahun: Diabetes tipe 2

Di Australia hampir sekitar 15 persen kelompok umur 45-54 mengidap diabates tipe 2. Pada umur 65-74 tahun persentase tersebut naik hingga 28 persen.

Harris mengatakan, seseorang yang mengidap diabetes akan kesulitan berkerja karena komplikasi yang dapat menyebabkan disabilitas atau bahkan amputasi.

5. Bekerja sampai usia 54 tahun: Sakit mata

Angka mereka yang penglihatannya tidak sehat hampir bertambah dua kali lipat dari kelompok umur 35-44 hingga 45-54.

6. Bekerja sampai usia 64 tahun: Kerusakan Pendengaran

Sekitar sepertiga populasi kelompok umur 55-64 di Australia terpengaruh oleh penyakit ini dan angkanya terus bertambah.

7. Bekerja sampau usia 70 tahun: Rentan jatuh

Bagi mereka yang masih muda terjatuh bukanlah hal yang besar, namun untuk beberapa orang yang menginjak kelompok umur 70-74 tahun terjatuh memiliki bahaya yang nyata.

Kelompok umur tua rentan terjatuh dan mengalami cidera. Cidera yang diderita bergantung pada ketinggian pada saat terjatuh, berat badan, dan permukaan jatuhnya badan.

8. Bekerja sampai usia 70 tahun: Masalah kognitif

Pada umur sekitar 70an, tubuh manusia mulai mengalami banyak permasalahan. Salah satu dari masalah kesehatan ini adalah munculnya gangguan di pembuluh darah di otak.

"Orang-orang di usia 70an memiliki banyak masalah pada pembuluh darah otaknya. Karena kerusakan pada otak, mereka tidak lagi dapat beraktivitas seperti dahulu," terang Harris.


Sumber: detikcom

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian