Thursday, May 10, 2012

Stress bisa picu susah BAB

SEMBELIT atau susah buang air besar sering menyerang kala pola makanan yang dilahap kurang serat. Namun, kini sembelit juga bisa datang jika kondisi psikologis dilanda stres.

Sembelit adalah konstipasi jika buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu. Kondisi ini bisa membuat cairan dan racun terserap ke dalam aliran darah dan dibawa ke seluruh bagian tubuh.

Konstipasi dibedakan menjadi tiga kategori, yaitu:
1. Konstipasi akut: Adanya perubahan mendadak dalam buang air besar yang biasanya jadi sinyal adanya masalah serius di usus seperti tumor usus besar sehingga memerlukan perhatian medis.
2. Konstipasi kronis: Perubahan buang air besar untuk jangka waktu panjang yang biasanya akibat kurangnya aktivitas fisik atau kebiasaan makan yang salah.
3. Konstipasi parah: Buang air besarnya kurang dari 1 kali dalam seminggu yang biasanya memerlukan pengosongan usus dan pemeriksaan.

Menurut situs Lifemojo, Stres atau terganggunya emosional psikologis mengganggu saraf yang mengontrol fungsi usus sehingga bisa menyebabkan konstipasi. Meski terkesan sepele, sembelit ini tidak boleh diabaikan karena pada kebanyakan kasus penyebab sembelit ini akibat adanya penyimpangan gaya hidup,

Usus adalah organ yang sangat sensitif. Organ yang mencerna makanan itu juga dapat dipengaruhi oleh berbagai pengaruh eksternal termasuk kecemasan dan perubahan dalam rutinitas.

Beberapa orang diketahui rentan mengalami sembelit. Beberapa di antaranya lansia, perempuan hamil, wisatawan, pecinta junkfood, orang yang kurang asupan cairan, serta pasien yang harus selalu berada di tempat tidur.

Selain itu, sembelit bisa berhubungan dengan sesuatu yang sederhana seperti terlalu sibuk untuk mendapatkan waktu pergi ke toilet. Jadi salah satu caranya adalah mengurangi tekanan dalam hidup, mengonsumsi serat yang cukup serta tidak mengabaikan dorongan dari dalam tubuh untuk buang air besar.

Kondisi ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada penderitanya. Bahkan terkadang bisa menjadi gejala penyakit tertentu seperti tumor pada saluran pencernaan

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian