Tuesday, November 5, 2013

Proses diet dengan berpuasa akan menyebabkan respons metabolisme tubuh

Tuntutan untuk memiliki penampilan prima dan tubuh yang ideal memang menjadi sebuah hal wajar. Terutama bagi mereka yang memiliki profesi yang mengharuskan bertemu banyak orang.

Penampilan tentulah menjadi sebuah prioritas. Namun, tubuh yang ideal tentu tidak bisa didapatkan dalam sekejap. Butuh disiplin dan ketekunan mulai dari menjaga pola makan hingga rutin berolahraga. Sayangnya, kini tidak sedikit orang yang mencari cara instan untuk mendapatkan tubuh sesuai keinginan mereka. Berbagai upaya pun dilakukan, mulai dari meminum suplemen yang dipercaya dapat menurunkan berat badan hingga diet puasa yang makin ngetren akhir-akhir ini.

Diet puasa yang dipopulerkan selebritas Deddy Corbuzier yang memperkenalkan obsessive corbuzier diet (OCD). Diet ini mengklaim bisa membuat orang turun berat badan hingga 4 kilogram seminggu.

"Padahal secara medis seseorang boleh turun berat badan hanya 1 kg per bulannya," kata Dr Samuel Oetoro MS SpGK dalam seminar bertajuk Nutrition Perspective of Intermittent Fasting Diet di FKM UI.

Menurutnya, diet berpuasa dalam pandangan nutrisi terutama yang tidak memperbolehkan seseorang untuk makan lalu boleh memakan apa saja tidaklah sehat, sebab terdapat pengaruh pada kondisi protein pada otot kita.

"Proses diet dengan berpuasa akan menyebabkan respons metabolisme tubuh yang melibatkan berbagai adaptasi metabolisme mulai dari hormon hingga otot," katanya mengutip hasil penelitian yang dikutip dari Jurnal Diabetes edisi Januari 2001.

Selain otot, juga bisa berpengaruh pada peningkatan serum GH dan hormon stres seperti glucagon, cortisol, dan epinephrine. Diet berpuasa memang berfokus pada pembakaran lemak dan pembentukan otot.

Namun, pembentukan otot yang dicapai melalui olahraga dan dilakukan kala tubuh sedang berpuasa dikatakan tidak baik karena justru melatih otot dengan merusaknya, padahal pembentukan otot akan terjadi saat orang beristirahat.

Bila tubuh tidak bisa beradaptasi dengan baik saat melakukan diet tersebut, kita bisa pingsan karena level gula darah yang menurun drastis.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian