Friday, June 8, 2012

Profesi Akuntan dan Peluang di bidang Ekonomi

Akuntan harus responsif dalam melihat peluang pada turbulensi yang cepat di bidang ekonomi saat ini. "Hal itu diperlukan untuk menjaga kepercayaan para pemangku kepentingan pada profesi akuntan," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Yogyakarta, Mahdi Mahmudy dalam simposium "The Role of Accountants in Economic Turbulences" di Yogyakarta, Senin (4/6/12).

Menurut dia, akuntan harus melakukan adaptasi demi masa depan profesi, karena di era globalisiasi transaksi bisnis berkembang menjadi semakin kompleks. "Era globalisasi merupakan era di mana tidak ada lagi batas negara dalam aktivitas ekonomi. Hal itu mengakibatkan setiap individu harus berupaya memosisikan diri pada peran yang tepat, termasuk profesi akuntan yang dituntut meningkatkan kapabilitas," ujarnya.

Ia mengatakan, krisis finansial yang terjadi juga menjadi tantangan bagi profesi akuntan. Praktik audit yang tidak sehat menjadi alasan kapabilitas akuntan harus ditingkatkan. "Dalam menghadapi tantangan perlu ada pembelajaran yang berkelanjutan. Adopsi standar pelaporan keuangan internasional (IFRS) yang mulai diadopsi Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) menjadi contoh langkah konkret," lanjut Mahdi.

Deputi Kepala Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bidang Akuntan Negara, Ardan Adi P. mengatakan, era globalisasi melahirkan tidak adanya keseimbangan ekonomi. "Dalam era globalisasi yang ada adalah perubahan yang membuat keuntungan kompetitif yang tidak berkelanjutan. Produk telepon seluler, misalnya, yang laku sekarang belum tentu akan laku esok hari," paparnya.

Berkaitan dengan hal itu, menurut dia, peluang akuntan untuk memberikan perannya dalam mempertahankan kesinambungan keuntungan kompetitif sebuah perusahaan. Ia mengatakan, akuntan dapat berupaya menyediakan kontribusi yang signifikan untuk meningkatkan kualitas kontrol dan proses pemerintahan.

"Misalnya, dengan memberikan pelayanan konsultasi keuangan. Akuntan harus terus memperbesar kemampuan riset sehingga perolehan informasi dapat berpengaruh," kata

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian