Monday, December 7, 2009

Tips sebelum Pindah Kerja

Terkadang kita merasa jenuh dan tidak puas dengan pekerjaan yang kita jalani sekarang dan berpikir saatnyalah untuk mencari pekerjaan yang baru. Beragam alasan yang melatari timbulnya kejenuhan dan memuncaknya rasa ketidakpuasan ini, misalnya rutinitas kerja atau barangkali kompensasi yang dianggap tidak seimbang dengan tanggung jawabnya. Bisa juga karena situasi kerja yang kurang nyaman, karena ketidakharmonisan. Mungkin pula karena menganggap prospek perusahan sekarang kurang bagus atau bahkan karena job security yang berada di titik nadir.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum kita memutuskan untuk berpindah karir atau pekerjaan. Pertimbangan-pertimbangan ini sangat diperlukan karena pindah kerja memiliki risiko. Risiko-risiko ini bila tidak diperhitungkan dengan hati-hati dapat berpotensi menghambat atau bahkan menghancurkan bukan hanya karir dalam pekerjaan kita tetapi juga berpengaruh terhadap kehidupan pribadi kita.

Lalu hal-hal apa saja yang hares dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk pindah kepada pekerjaan dan karir yang baru? Ada beberapa hal yang hares dipertimbangkan masak-masak.

Tentu yang paling utama adalah pemahaman terhadap diri sendiri. Ini menyangkut segala aspek mengenai din sendiri, seperti latar belakang kehidupan pribadi, pendidikan, minat, bakat, karakter, nilai-nilai dan keyakinan pribadi. Pikirkan dan pahamilah secara benar hal-hal di atas. Tentukanlah hal-hal apa saja yang membuat kita merasa tidak nyaman dengan pekerjaan yang kita jalani sekarang. Kesalahan atau bahkan ketidakmampuan untuk memahami diri sendiri dan pekerjaan yang kita tekuni pada saat ini dapat mengakibatkan kesalahan dalam mengambil keputusan untuk berhenti dan pekerjaan sekarang dan juga pada saat memilih pekerjaan dan karir yang baru.

Selanjutnya hal ini akan menyebabkan yang bersangkutan menemui berbagai kendala dan perasaan tidak nyaman dalam menjalankan pekerjaan karena menekuni pekerjaan yang tidak sesuai dengan dirinya.

Berikutnya seberapa jauh kita memahami segala hal mengenai jenis pekerjaan yang diminati dan perusahaan yang akan dimasuki. Misalnya tugas-tugas apa saja yang akan harus dilakukan untuk satu pekerjaan tertentu, bagaimana prospek pekerjaan tersebut di masa depan, bagaimana kompensasi rata-rata yang diperoleh dari pekerjaan tersebut dan tentu saja kesesuaian antara karakter kita dengan pekerjaan baru yang diinginkan tersebut. Informasi mengenai hal-hal ini dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti bertanya kepada orang-orang yang telah aktif dalam bidang yang diminati dan juga dari berbagai sumber bacaan seperti buku, artikel, dan Internet searching. Untuk perusahaan yang akan dimasuki, perlu dipelajari latar belakang, visi dan misi, budaya serta prospek perusahaan tersebut di masa depan.

Jangan lupakan pembelajaran. Kita perlu memperbarui pengetahuan dan keahlian yang kita miliki sekarang. Apakah pekerjaan yang kita minati untuk dimasuki memungkinkan kita untuk memperoleh pendidikan dan pelatihan? Apakah perusahaan yang akan kita tuju memiliki komitmen untuk selalu meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan karyawannya? Pertimbangkan dengan baik, seberapa jauh kita dapat memperoleh kesempatan untuk melakukan pembelajaran, karena dalam situasi yang kompetitif kita harus selalu mengisi ulang pengetahuan kita.

Sesuatu yang tak boleh terlewatkan adalah networking. Networking menduduki peran yang penting bagi pencari kerja. Keluasan networking akan memudahkan kita memperoleh aneka informasi. Banyak dari lowongan pekerjaan tidak dimuat dalam iklan di media cetak, karena alasan biaya atau justru karena alasan urgent. Sekarang sudah sangat jamak orang berpindah-pindah kerja. Ketika seseorang meninggalkan posisinya, biasanya perusahaan hanya punya waktu sekitar satu bulan. Nah, dalam situasi ini informasi dari network yang kita punyai tentu sangat membantu untuk mengakses berbagai peluang karir.

Terakhir pengalaman. Orang yang memiliki pengalaman kerja yang belum terlalu banyak perlu memiliki pertimbangan yang lebih cermat bila ingin melakukan perpindahan kerja atau karir. Karena perusahaan cenderung lebih menginginkan karyawan yang telah memiliki pengalaman sebelumnya meskipun sebenarnya pengalaman kerja bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan kesuksesan seseorang dalam pekerjaan.

Juga perlu diperhatikan jenis pengalaman kerja yang selama ini dimiliki dan relevansinya dengan pekerjaan yang diminati, serta alasan kepindahan dari pekerjaan sebelumnya. Perpindahan kerja atau karir yang diinginkan harus disertai dengan alasan yang kuat dan tidak menimbulkan kesan negatif. Perusahaan yang akan mempekerjakan karyawan yang pindah dari pekerjaan sebelumnya pastilah ingin mengetahui mengapa orang pindah ke perusahaan mereka.

Kadang-kadang akibat memuncaknya ketidakpuasan terhadap pekerjaan sekarang, kita memutuskan untuk meninggalkannya meskipun harus menanggung risiko. Bila hal ini harus terjadi dan kita tidak mempunyai pilihan lain, Perri Capell memberikan tips untuk meminimalkan risiko.

Pertama, membangun pengetahuan dan keahlian dasar yang dapat ditransfer atau diaplikasikan pada pekerjaan lain dari berbagai industri.

Kedua, kembali ke sekolah. Ini dapat membantu kita memasuki bidang baru yang memerlukan pendidikan khusus yang berbeda dengan latar belakang pendidikan sebelumnya.

Ketiga, mulailah karir yang bersifat paralel, yaitu membangun karir lain di mana pada saat yang sama kita tetap menjalankan profesi utama yang sedang kita tekuni. Tetapi bila kita hendak menjalankan hal ini, kita hares tetap berusaha agar karir baru kita tidak mengganggu profesi utama kita.

Keempat, melakukan perpindahan internal. Jika kita masih senang bekerja di perusahaan yang sekarang meskipun kita merasa tidak nyaman dengan pekerjaan yang sedang kita tekuni, pertimbangkan perpindahan karir yang memungkinkan arah baru dalam perjalanan karir kita.

Kelima, jika kita memang benar-benar sepenuhnya ingin meninggalkan perusahaan tempat kita bekerja sekarang, sedangkan empat altematif yang disebutkan di atas tidak mungkin kita lakukan, maka kita harus mulai bekerja keras mencari pekerjaan baru sambil menanggung risiko yang ditimbulkan akibat tiadanya pekerjaan. (*)

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian