Monday, December 14, 2009

Evalusia Karir Demi Masa Depan """"

Pergunakan waktu luang di saat libur akhir tahun untuk mengevaluasi karir, demi kesuksesan di masa depan. Libur akhir tahun tiba. Anda dan keluarga pun merencanakan liburan menyambutnya. Hasil kerja keras selama setahun memang patut disyukuri. Namun di luar acara liburan tersebut, pernahkah Anda berusaha untuk mengevaluasi karir?

Pernahkah pula Anda berpikir bahwa selama setahun ini mungkin begitu banyak kesempatan dan peluang karir yang telah tersia-siakan? Memasuki tahun baru, ada baiknya Anda juga menggunakan sedikit waktu luang untuk mengevaluasi apa saja yang telah Anda kerjakan dan dapatkan selama ini.

Tapi, mengapa harus akhir tahun? Ya, masalahnya di bulan-bulan sebelumnya Anda telah banyak memfokuskan diri dengan berbagai tugas. Sehingga inilah waktu yang tepat untuk melihat ke depan. Lalu kira-kira apa saja yang perlu dievaluasi? Berikut ini adalah gambaran yang dapat membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi berbagai kemungkinan perubahan karir:

  1. JALIN HUBUNGAN DAN TERUS CARI RELASI BARU
    Saat hendak mencari kesempatan berkarir di tempat lain orang kerap mengandalkan relasi yang mungkin bisa membantu, memperkenalkan atau sekadar memberikan informasi. Oleh karena itu, saat Anda masih bekerja di tempat lama, teruslah menambah dan mengembangkan relasi.

    Luangkan waktu selama beberapa menit hanya untuk mengatakan "apa kabar" pada relasi yang Anda milikimeskipun hanya lewat e-mail. Anda juga bisa mengirimkan berbagai artikel yang mungkin menarik bagi relasi. Jika ada kesempatan, jangan lupa menanyakan kabar mereka dan sesekali ajaklah bertemu di sebuah tempat untuk sekadar ngopi bareng, misalnya. Sehingga saat membutuhkan, setidaknya Anda sudah memiliki hubungan baik dengan mereka.

  2. CARI PELUANG UNTUK MAJU DI TEMPAT KERJA
    Sebelum memutuskan mencari peluang di tempat lain, cari tahu apakah ada kesempatan atau peluang untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi di tempatAnda kerja saat ini. Caranya, Anda bisa sekadar bertanya atau mencari tahu saat makan siang bersama dengan atasan. Bila ingin mendapatkan kesempatan itu mintalah juga saran dan masukan darinya. Mungkin saja suatu hari nanti Anda mendapatkan tugas yang memungkinkan untuk bisa memperlihatkan kemampuan dan inisiatif yang Anda miliki.

  3. MAINKAN "POLITIK" KANTOR
    Untuk meningkatkan karir, salah satu caranya Anda bisa berinisiatif untuk mengakomodir keinginan karyawan pada perusahaan. Sangat mudah untuk mengetahui apa keinginan rekan kerja. Gunakan kesempatan ini untuk mempererat hubungan dengan rekanrekan sekantor, pujilah rekan yang berprestasi, terutama atas pekerjaannya yang berhubungan dengan Anda. Hadirilah berbagai kegiatan kantor, meski Anda tak tahu siapa saja yang akan hadir di sana.

  4. TERUS PERBARUI PENGETAHUAN
    Liburan adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan, terutama pada bidang yang Anda geluti. Pelajari tentang siapa dan apa saja yang bisa memberi peluang untuk mendapatkan pekerjaan barn dan karir yang lebih baik lagi. Ikuti berbagai seminar, organisasi, atau milis yang memungkinkan Anda mendapatkan informasi terkini secara cepat. Bila perlu, bacalah majalah, buku-buku, atau menelepon beberapa teman, meski Anda belum pernah bertemu dengannya.

  5. TINGKATKAN KEAHLIAN
    Bila ingin meningkatkan karir ke jenjang yang lebih tinggi berarti Anda juga harus meningkatkan keahlian. Anda, misalnya, bisa memanfaatkan waktu liburan dengan mengambil kursus, pelatihan, maupun seminar singkat. Akan lebih bagus dan menguntungkan lagi bila kegiatan itu juga menyediakan sertifikat.

  6. TERBUKALAH DENGAN SEGALA SARAN, INFORMASI, MAUPUN KRITIKAN
    Di saat-saat sibuk, Anda kerap membatasi segala hal, menganggapnya biasa atau bahkan mengganggapnya tak penting. Mungkin saat inilah waktunya bagi Anda untuk bisa berkata "ya" pada berbagai hal yang kerap Anda tolak itu. Hadiri berbagai acara yang selama ini enggan Anda datangi. Dengar berbagai kritikan yang biasanya Anda abaikan. Dari sini, Anda menemukan ide atau terobosan baru bagi karir walau sebelumnya mungkin tak bernilai di mata Anda.

  7. CARILAH PEMBIMBING ATAU MEMBIMBING ORANG LAIN
    Memiliki pembimbing (mentor) bisa sangat memudahkan kerja Anda. Beberapa kali pertemuan cukup untuk mendapat saran dan pandangan terbaik darinya. Di sisi lain, jangan menolak bila ada yang memintaAnda menjadi pembimbing orang lain. Menolong orang lain adalah cara terbaik bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan. Energi dan antusiasme yang Anda berikan saat berinteraksi dengan orang lain mungkin dapat membantu menyegarkan wawasan tentang pekerjaan dan karir.

  8. CARILAH WAKTU UNTUK DIRT SENDIRI
    Memang mudah mempergunakan waktu liburan akhir tahun dengan berbagai kegiatan dan aktivitas yang bermanfaat. Meski begitu, tetap pergunakan beberapa waktu luang untuk diri sendiri sehingga liburan dan karir tetap bisa sejalan.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian