Tuesday, December 15, 2009

Evaluasi Karir, Bertahan atau Keluar """"

Menguji, mengevaluasi karioer termasuk membuat resolusi karier, seharusnya mencakup keseluruhan apa yang telah dijalani dan apa saja yang sekiranya akan dilakukan nanti. Simak metodenya.

Setiap tahun baru datang Anda selalu membuat resolusi kerja dengan tujuan untuk meningkatkan karier. Sayangnya, kadang resolusi yang nda buat hanya menyangkut satu atau dua aspek saja. Padahal resolusi semestinya merupakan cara untuk menguji dan mengevaluasi profesionalitas Anda secara keseluruhan, termasuk menganalisa situasi pekerjaan yang sedang dihadapi, peluang karier di tempat yang lebih menjanjikan, meningkatkan kemampuan profesional serta berbagai keahlian personal yang sebaiknya Anda miliki. Tujuan dari ini semua adalah untuk lebih meningkatkan nilai "jual" atas keahlian yang Anda miliki.

Sebelum Anda menetapkan untuk melakukan berbagai perubahan karier, pertimbangkan beberapa faktor berikut:
  1. b>Peluang Peningkatan Karier
    • keahilan apa saja yang Anda butuhkan dalam berkarier? Apakah kemampuan Anda sudah mengalami peningkatan, jalan di tempat, atau malah menurun dari tahun sebelumnya?
    • Bagaimana gaji dan tunjangan yang Anda dapatkan selama ini dibanding dengan gaji yang diberikan oleh perusahaan lain yang setingkat dengan perusahaan Anda?
    • pa Anda terus meningkatkan keahlian dan pengetahuan profesional?
    • Apakah selama ini Anda terus menjalin jaringan dengan orang lain di bidang atau wilayah kerja Anda?
    • Sudah berapa lama Anda bergelut di bidang ini dan seberapa banyak pengalaman yang Anda dapat? Apakah selama ini atasan memandang rendah pengalaman yang Anda miliki atau sebaliknya mengakui pekerjaan yang Anda tangani sesuai dengan pengalaman dan keahlian Anda? Apakah Anda orang lama atau termasuk orang baru di perusahaan itu?
    • Apakah Anda terlalu sering berpindah-pindah kerja? Apakah Anda tak takut dijuluki sebagai "kutu loncat"?


    Para profesional yang punya keahlian dan kemampuan akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan baru. Karena itu fokuskan diri, tingkatkan kemampuan, dan perluas pengetahuan. Jangan lupa pula untuk memelihara jejaring sebab akan lebih memudahkan menemukan peluang karier baru. Ini hanya memungkinkan bila Anda banyak dikenali orang.

  2. Memprediksi Situasi Perusahaan
    • Apakah bergabung dengan perusahaan tempat kerja Anda sekarang memberikan keuntungan, bagaimana dengan kelanjutan karier selanjutnya?
    • Apakah perusahaan tempat Anda bekerja tengah mengalami kemajuan atau justru sedang mundur? Apakah ada gosip yang mengabarkan bahwa perusahaan sedang melakukan penghematan, pengurangan tenaga kerja, atau kesulitan keuangan?
    • Apakah permintaan atas produk perusahaan sedang menanjak atau justru malah anjlok?
    • Apakah pemasaran produk semakin meluas atau sedang mengalami hambatan? Apakah kompetitor terlihat jauh lebih maju dari petusahaan di mana Anda bekerja?
    • Apakah perusahaan tempat Anda bekerja tengah melakukan berbagai inovasi, lama tak ada perubahan, atau semakin memburuk dari kompetitor? Apakah semua karyawan melakukan tugasnya dengan semangat, ketakutan atau berjalan di tempat?
    • Apakah perusahaan Anda terus memperbaharui pengadaan berbagai alat kantor sesuai kemajuan teknologi, atau selama ini karyawan bekerja dengn teknologi standar yang pas-pasan?
    • Apa perusahaan memiliki rencana dan strategi? Apakah perusahaan juga mempunyai kebijakan tentang peningkatan karier bagi para karyawannya?
    • Aoakah perusahaan telah memberikan kompensasi yang sesuai dengan pekerjaan yang telah Anda lakukan selama ini? Apakah gaji Anda sudah sesuai dengan rata-rata gaji di perusahaan lain? Atau malah selama bertahun-tahun Anda tak pernah mendapat kenaikan gaji bahkan bonus? Apakah gaji Anda sering telat dibayarkan?


        Sebagai seorang karyawan Anda tetap harus tetap berpikir secara fleksibel dan realistis dengan kondisi perusahaan. Anda juga mesti mampu memandang kondisi saat ini dan yang akan datang. Terus tingkatkan kemampuan termasuk dengan teknologi terbaru karena akan sangat membantu meningkatkan reputasi di bidang yang Anda geluti. Namun bila beberapa pertanyaan di atas ternyata lebih banyak sisi negatifnya, ada baiknya bersiap diri untuk keluar secepatnya.

      • Tingkatkan Profesionalitas
        • Apakah pekerjaan Anda saat ini sudah sesuai dengan kemampuan dan bakat yang Anda miliki?
        • Apakah Anda sering mendapatkan pengetahuan baru selama bekerja di perusahaan ini?
        • Apakah tugas dan tanggungjawab Anda semakin meningkat, stagnan, atau malah banyak dikurangi?
        • Bagaimana hubungan Anda dengan atasan dan rekan kerja yang lain?
        • Apakah atasan sering meminta pendapat dan masukan itu dari Anda dan apakah sebagian besar pendapat itu diterima?
        • Apakah Anda punya pengaruh besar di perusahaan dan apakah perusahaan diuntungkan dengan pekerjaan Anda tersebut?
        • Apakah jabatan yang Anda miliki saat ini lebih baik dari jabatan di tempat kerja sebelumnya? Meningkat, tidak berubah, atau sebenarnya jauh lebih rendah dari yang diharapkan?
        • Apakah Anda telah berusaha meningkatkan kualitas kerja? Apakah Anda mendapatkan tanggung jawab dan peran baru dibanding sebelumnya? Diberi tanggung jawab untuk memimpin sebuah tim kerja, atau dipindahkan ke departemen lain? Apakah selama ini Anda tetap bisa bekerja paruh waktu atau mendapatkan jam kerja fleksibel dari perusahaan?
        • Apakah keahlian paling spesifik yang sangat diperlukan perusahaan saat ini? Apakah perusahaan kerap menambah karyawan baru atau sebaliknya, melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Apakah banyak karyawan yang mengundurkan diri dalam jangka waktu dekat, apakah perusahaan keap memberikan tugas ganda pada karyawan?


        Bila jawabannya lebih banyak mengecewakan, setidaknya itu harus menjadi bahan renungan bagi Anda. Kesalahan yang paling sering dilakukan para profesional adalah tidak pernah membicarakan persoalan yang dimiliki dengan atasan, atau mencari tahu apakah masih ada peluang untuk berkembang di perusahaan itu sebelum memutsukan angkat kaki. Bila perusahaan memang masih mampu memberi peluang peningkatan karier, mengundurkan diri sebaiknya dijadikan solusi terakhir.

      • Aset Pribadi Paling Berharga

          li>Apakah pekerjaan yang Anda lakukan kerap menguras waktu pribadi, misalnya mengurangi intensitas hubungan dengan keluarga, pasangan atau waktu sosialisasi dan berganti dengan orang lain?

        • Apakah Anda puas dengan hasil kerja atau selalu merasa berat dan malas untuk bekerja?
        • Apakah atasan telah mengenali dan menggunakan keahlian terbaik Anda?
        • pakah selama ini Anda kerap berpikir untuk mengerjakan hal lain, mengganti karier, pindah jabatan, bekerja di perusahaan yang lebih kecil atau peran yang jauh lebih ringan dari saat ini?
        • Apakah bekerja di tempat lain hanya sekadar pindah semata bagi Anda? Lalu apakah keputusan ini akan berpengaruh pada anggota keluarga Anda lainnya?



Sebelum pindah kerja ada baiknya memikirkan dulu pertanyaan-pertanyaan itu. Bagi yang merasa pekerjaan saat ini masih menjanjikan dan mendapat penghargaan dari perusahaan, tentunya akan lebih menjawab secara positif dan optimis. Sedang bagi yang jawabannya kurang bagus segera bicarakan hal itu pada atasan.

Bila memang jawabannya ternyata tidak memuaskan berarti peluang Anda untuk sukses di perusahaan itu sangat kecil. Langkah terbaik adalah melihat kemungkinan untuk melangkah ke tempat yang lebih baik dan menjanjikan. Yakinkanlah bahwa banyak kesempatan emas menanti Anda di luar sana.

Meski begitu, hindari keluar secara tergesa-gesa. Karena biasanya banyak karyawan yang akhirnya menyesali keputusannya saat pindah ke tempat lain. Sikap berhati-hati dan penuh pertimbangan sangat diperlukan saat membuat keputusan. Benar, rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau, tapi jangan sampai Anda terperosok ke dalam lubang yang tak terlihat yang bisa merugikan Anda

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian