Tuesday, December 1, 2009

Create Your Success Beliefs

Keyakinan yang kita miliki seperti sebuah meja yang berkaki empat. Artinya, sebuah keyakinan yang kita miliki ditopang oleh 'kaki-kaki', yaitu pengalaman yang kita miliki. Semakin banyak 'kaki' yang menopangg keyakinan kita, semakin kuat keyakinan yang kita miliki.

"Kalau Anda berpikir tidak bisa, Anda benar. Kalau Anda berpikir bisa, Anda juga benar!"
-Hendry Ford -

Setiap orang pasti memiliki berbagai macam keyakinan di dalam hatinya. Keyakinan yang kita miliki inilah yang membentuk bagaimana kita menjalani hidup hingga hari ini. Ada keyakinan yang menghambat kita untuk berkembang, dan ada pula keyakinan yang bisa mendorong kita untuk terus maju, walaupun kadang keyakinan kita berbeda dengan pendapat umum. Sebagai contoh, ada orang yang merasa tidak mungkin bisa sukses seumur hidupnya, karena dia tidak memiliki pendidikan yang tinggi, dan lahir dari keluarga yang miskin.

Apabila keyakinan ini demikian kuat melekat pada dirinya, dia tidak akan pernah bisa melihat kesempatan yang datang, yang mungkin saja bisa membantunya meningkatkan kualitas hidupnya. Secara ekstrem, mungkin saja dia tidak mau bekerja lebih keras, karena di dalam keyakinannya, dia berpikir untuk apa bekerja keras kalau tetap tidak bisa sukses.

Di sisi lain, Wright Bersaudara mempunyai keyakinan bahwa manusia dapat terbang. Karena itu mereka mau bekerja keras menciptakan alat yang kemudian menjadi cikal bakal pesawat terbang pertama, walaupun pada masa itu pasti dianggap sebagai sesuatu yang mustahil. Pertanyaannya sekarang tentu, keyakinan mana yang lebih dominan dalam hidup kita saat ini?

Anthony Robbins dalam salah satu bukunya, pernah menganalogikan keyakinan yang kita miliki seperti sebuah meja yang berkaki empat. Artinya, sebuah keyakinan yang kita miliki ditopang oleh 'kaki-kaki', yaitu pengalaman yang kita miliki. Semakin banyak 'kaki' yang menopang keyakinan kita, semakin kuat keyakinan yang kita miliki. Apabila ada orang punya keyakinan "Saya tidak mungkin sukses", mungkin 'kaki-kaki' yang menopang keyakinan itu adalah:

1. Saya lahir dari keluarga miskin.

2. Saya tidak punya pendidikan tinggi.

3. Di sekeliling saya juga banyak orang yang miskin.

4. Menjadi sukses itu sulit, perlu banyak pengorbanan dan banyak musuhnya.

Apabila lingkungan di sekitar kita juga membenarkan keyakinan kita, maka kaki tersebut akan semakin kuat berakar dalam keyakinan kita dan semakin sulit dipatahkan. Nah, jika demikian, masih bisakah keyakinan negatif yang ada di dalam diri kita dihilangkan, dan diubah jadi keyakinan yang membangun? BISA, dengan langkah-langkah berikut:

1. Kita mau MENYADARI keyakinan yang keliru tersebut, dan BERSEDIA untuk mengubahnya. Ini adalah langkah yang terberat, karena kita seolah menantang diri sendiri, dan berani mengakui kekeliruan kita selama ini. Di langkah pertama ini kita harus berani merendahkan ego kita.

2. Temukan suatu ALASAN yang bisa menyentuh emosi kita, mengapa keyakinan itu harus berubah. Alasan ini bisa sesuatu yang bisa membuat kita lebih menderita apabila tidak mengubahnya, atau bisa juga sesuatu yang membuat hidup kita menjadi lebih baik.

3. Keyakinan menjadi semakin kuat, karena lingkungan kita ikut mempengaruhinya. Cobalah lihat ke dalam hidup kita, keyakinan kita yang negatif banyak dipengaruhi oleh lingkungan yang mana? Bisa kantor, rumah, teman sejawat atau lainnya. Jika mungkin, HINDARI lingkungan yang negatif tersebut. Jika tidak mungkin, kita perlu lebih siap saat masuk ke dalam lingkungan tersebut, terutama apabila lingkungan itu terus menerus memperkuat keyakinan negatif kita. Hindari percakapan yang mengarah ke keyakinan negatif tersebut. Atau jika Anda terpaksa berbincang tentang keyakinan negatif tersebut, selalulah dalam posisi SADAR bahwa keyakinan ini tidak baik untuk kita.

4. Kita berusaha 'MEMATAHKAN' atau MENGUBAH 'kaki-kaki' yang mendukung keyakinan negatif tersebut menjadi positif. Dalam contoh di atas, apabila kaki tersebut dipatahkan atau diubah, bisa menjadi:

* Saya lahir dari keluarga yang BELUM kaya.

* Saya masih BERKESEMPATAN untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi.

* Lingkungan saya akan MENDUKUNG saya menjadi sukses.

* Menjadi sukses itu MUDAH, buktinya banyak orang yang sudah sukses. Saya hanya perlu BELAJAR bagaimana caranya dan bekerja keras mencapainya.

5. Saat 'kaki-kaki' keyakinan itu sudah kita ubah, otomatis akan mengubah pula bentuk keyakinan kita. Namun perubahan ini hanyalah langkah awal, karena bentuk perubahan itu harus diikuti pula dengan PERUBAHAN TINDAKAN yang nyata, yang mendukung keyakinan tersebut.

6. Tuliskan 'kaki-kaki' yang sudah positif tersebut di tempat-tempat yang sering kita lihat, mungkin di dompet, di dalam agenda, atau di meja kerja kita. Semakin sering kita melihatnya, akan membuat perubahan keyakinan menjadi lebih kuat.

Lakukan langkah-langkah yang sama untuk keyakinan negatif Anda yang lain. Semakin sering Anda melakukannya, semakin banyak perubahan yang Anda buat dalam keyakinan dan tindakan menjadi lebih baik. Sukses untuk Anda!

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian