Monday, December 21, 2009

Pertemanan di Kantor, Kelebihan atau Kelemahan ???

Tak seorang pun mempertentangkan bahwa persahabatan memperkaya hidup kita. Tapi bagaimana kalau persahabatan itu tercipta di tempat kerja? Haruskah kita mencoba memisahkan antara kehidupan profesional dengan pribadi? Sebaliknya, haruskah kita mencari dan memperkuat persahabatan di kantor?

Pro dan Kontra
Persahabatan di lokasi kerja, berdampak besar pada karir. Kita jadi nyaman bekerja, mendapat banyak masukan, serta bagaimana harus bertindak. Selain itu, persahabatan akan membuat semanat bekerja bertambah - sehingga meningkatkan kreativitas dan produktivitas. Banyak manfaat dari pertemanan, tak heran bila ada perusahaan yang memberi promodi atau penghargaan karyawan favorit atas faktor ini.

Di sisi lain, persahabatan kadang membuat serba salah, dampaknya bahkan sangat berat. Terlalu banyak bergaul juga bisa menganggu produktivitas, informasi rahasia personal dan profesional bisa diterima secara negatif, selain itu, kelompok ini bisa berkembang menjadi eksklusif, negatif dan cenderung memfavoritkan seseorang.

Meski memperlihatkan kuatnya persahabatan, tapi pengelompokan akan mudah menghasilkan masalah besar. Terlebih bila menyangkut kepercayaan, misalnya bagaimana pendapat kita tentang manager, rekan kerja dan pekerjaan kita sendiri.

Kita tentu berharap mereka tak akan membocorkannya - sengaja atau tak sengaja, pada orang lain. Semuanya tergantung dari kesetiaan rekan kerja, jangan sampai informasi yang dikatakan ini terdengar oleh orang di luar kelompok kita.

Friends Forever?
Apakah pertemanan yang terjadi di kantor, berbeda dari definisi pertemanan di luar kantor? Jawabannya benar. Kerja memberikan keamanan finansial, jika diminta memilih antara pendapatan dari pertemanan, sebagian besar orang pasti akan memilih mempertahankan pekerjaannya.

Di sinilah pro kontra yang biasa terjadi di tempat kerja, kita harus bertaruk saat membuat sebuah ikatan persahabatan dengan rekan kantor. Pertemanan yang baik, akan berpengaruh positif bagi karir. Tapi bila salah memilih teman, bisa-bisa malah dipecat.

Berteman Dengan Atasan
Dapatkah atau haruskah menjadikan atasan sebagai teman? Pertemanan dengan yang selevel akan lebih mudah dibina, masalah akan terjadi bila ada yang mengawasi atau mengevaluasi orang lain. Jika hendak bersahabat dengan atasan, erkan-rekan lain pasti akan mempertanyakan motivasi kita. Dan bila atasan beramah-ramah, bisa jadi kita akan dijuluki "si anak emas."

Saat persahabatan gagal terbina
Meski banyak berdampak positif, bersahabat di tempat kerja juga mudah "terbakar api". Misalnya bila kita dipindahkan ke bagian lain atau jabatan lain, umumnya kebersamaan yang telah terbangun pelan-pelan akan memudar - begitu juga pertemanan.

Apa indikator terbaik untuk mempertahankan persahabatan, saat kita dimutasi? Berbagi pengalamanlah. Meski kebersamaan di lingkungan yang sama mempererat persahabatan, hubungan yang intens akan bisa menjaganya. Bila kita benar-benar menyukainya, apapun keadaannya, persahabatan itu akan tetap bertahan.

Sayangnya, jarang yang bisa terbuka terlalu banyak dengan rekan sekerja, hubungan yang dalam ini umumnya sulit dibentuk. Sisi baiknya, jika dua orang menjadi teman "biasa" meski di tempat kerja sekalipun, persahabatan erat ini akan membuat kita tak punya halangan apapun untuk terbuka - termasuk tempat kerja.

Berteman baik
Jadi bagaimana caranya agar terhindar dari arus berbahaya, saat kita menggalang persahabatan di tempat kerja? Saran yang bisa diberikan, adalah dengan berhati-hati terhadap kepercayaan yang diberikan pada/oleh sahabat. Waspadalah pada tipe informasi yang sifatnya rahasia, karena risiko bocornay informasi.

Jika berpikir si teman menempatkan kita atau teman lainnya, di posisi yang 'lebih baik' dari yang lain, pertanyakan hal ini. Bila perlu, mulailah mengambil jarak dari situasi yang bisa menciptakan konflik kepentingan tertentu. Cari tahu apakah perusahaan kita punya aturan pertemanan di tempat kerja, dan taatilah

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian