Tuesday, October 4, 2011

Takut atau ragu - ngak pede

Kenapa sih Anda bisa ngga yakin (ngga pede) ketika mau ngelakuin sesuatu? Jawabannya simple: Karena Anda tidak menguasai (keadaan, pekerjaan, dsb).

Pada dasarnya, secara psikologis, semua manusia ngga ada yang suka dengan uncertainty (ketidakpastian). Jadi, kalau Anda berada di suatu tempat yang ngga familiar, wajar kalau Anda merasa ngga nyaman. Rasa ini kemudian membuat Anda ragu dalam bertindak, takut salah.

Percaya deh, kalau Anda disuruh masuk ke dalam rumah yang Anda belum pernah masukin, pasti deh ngerasa was-was, takut, dan sebagainya. Tapi, kalau Anda disuruh masuk ke dalam rumah tempat Anda tinggal, rasa itu ngga ada sama sekali.

Kenapa? Ya itu tadi, karena Anda tau benar apa yang ada di dalam rumah tempat Anda tinggal. Anda merasa nyaman, Anda menguasai keadaan. Kalau ketika disuruh masuk ke rumah yang belum pernah Anda masukin, Anda ngga tau apa yang ada di dalam rumah tersebut, was-was dan takut kalau ternyata di dalamnya ada ular, kecoa, tikus, dan lain-lain.

Nah, begitu juga di dalam dunia kerja. Banyak orang yang takut ditolak, terutama untuk para sales yang mencoba menjual barangnya. Kenapa? Ya itu tadi, mereka merasa tidak menguasai keadaan... yang memutuskan akan membeli atau menolak bukan mereka, tapi orang-orang yang mereka approach. Dan, seringkali, sales yang merasakan hal ini, juga karena mereka ngga menguasai produk yang dijualnya. TAPI...

Kalau Anda adalah seorang sales yang menguasai produk yang Agan jual, saya rasa Anda ngga punya rasa takut atas penolakan. Meski Anda tetap tidak mempunyai kontrol atas pembelian atau penolakan oleh customer, Anda akan tetap berasa pede. Kenapa? Karena keistimewaan produk sudah Anda kuasai, dan dengan bekal inilah, Anda yakin akan bisa mempengaruhi calon pembeli untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Ragu dan takut, juga karena belum melewati 'teori 10,000 jam'. Kalau Anda sudah terbiasa melakukan suatu hal, hal tersebut akan jadi biasa. Rasa takut pun akan hilang. Kenapa? Karena Anda sudah menjadi semakin mahir.

-Untuk orang sales, tauin benar apa kelebihan (dan kelemahan) produk yang Anda jual, terus dan jangan pernah menyerah untuk mengapproach calon pembeli sebanyak-banyaknya.

- Untuk orang marketing, coba untuk research keadaan sebelum membuat marketing plan dan mulai menjalankan plan tersebut. Semakin Anda tau tentang pasar yang ada, semakin akurat plan yang Anda bikin, pas jalaninnya juga pasti Anda akan lebih pede.

- Untuk orang businessman, coba untuk tauin kelebihan dan kekurangan diri Anda beserta perusahaan/tim Anda; dengan begini, Anda akan lebih siap untuk menghadapi tantangan-tantangan yang ada di depan Anda. Beraniin untuk mulai, dan tekuni hingga '10,000 jam'!

Perkecil ketidaktahuan Anda, maka anda pun ngga lagi akan ngerasa ragu maupun takut. Ingat, ngga ada kesalahan yang fatal. Bangkrut untuk pengusaha sekali pun, bukan sesuatu yang fatal, karena kalau dia berusaha untuk bangkit, dia masih akan bisa bangkit dan membuat perusahaan-perusahaan lainnya lagi.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian