Wednesday, October 5, 2011

Atasan galak

APA yang dialami Molly Lyons, penulis artikel berjudul How To Tame A Bully Boss bisa jadi benar. Ketika duduk di bangku sekolah dan banyak teman yang mengganggu, ibunya selalu berkata "Sudah, biarkan saja! Nanti juga bosan sendiri." Terkadang cara itu bekerja, tapi dengan diam saja, seringkali dia mengalami memar-memar di badannya.

Namun bagaimana kalau yang menyiksa Anda adalah seseorang yang membuat Anda tidak mungkin membalas, seperti atasan? Berikut adalah beberapa taktik membalas perlakuan boss Anda dari Calvin Morrill, Ph.D., ketua jurusan sosiologi di University of California di Irvine.

1. Diskusikan
Atasan Anda tidak puas dengan cara kerja Anda. Apa yang Anda lakukan selalu salah, sehingga membuat kepercayaan diri Anda menurun. Karena merasa apa yang Anda kerjakan tidak pernah benar, Anda tidak mau bekerja keras lagi. Secepat itukah Anda putus asa? Atasan Anda akan semakin tidak puas dengan cara kerja Anda jika Anda berlaku seperti itu.
Ajaklah atasan Anda untuk berdiskusi tentang cara kerja Anda yang berbeda. "Tekankan bahwa Anda akan membuatnya senang dengan menjadi lebih efisien dan produktif." kata Morril. Setelah berdiskusi dan tahu bagaimana cara atasan Anda bekerja, dia akan lebih menghargai cara kerja Anda dan akan lebih fokus pada hasil kerja Anda.

2. Jangan berbuat konyol
Atasan Anda sering mempermalukan Anda di depan rekan kerja dan mengkritik tajam ide-ide yang Anda berikan. Ditambah, Anda tahu dia sudah tidak lagi mengirimkan perkembangan tentang proyek baru kepada Anda. Karena sering dipermalukan di depan rekan Anda, bukan berarti Anda juga harus melakukan hal bodoh untuk membuktikan bahwa Anda memang sudah sangat tidak dibutuhkan.
Jangan hiraukan apa yang ia lakukan. Sebenarnya, atasan Anda ingin mengeluarkan Anda secara tidak langsung, tetapi ia ingin membuat Anda yang tidak betah untuk bekerja. Selesaikan laporan kerja Anda secepatnya. Sisi baik: Dengan cara ini, atasan Anda akan memberikan rekomendasi yang layak untuk mengurangi rasa bersalahnya.

3. Jangan mengeluh
Proyek besar tim Anda gagal! Dan manajer Anda meminta supaya Anda yang bertanggung jawab, padahal kenyataannya beberapa rekan tim bahkan bos Anda juga ikut andil dalam gagalnya proyek ini. Jangan pernah mengekspresikan ketidakadilan yang Anda terima kapan saja dan di mana saja. Saat happy hour, di jalan, pada waktu makan siang, di toilet-untuk menunjukkan bahwa seharusnya bukan Anda yang bertanggung jawab.
Lebih baik, ajak bos Anda berbicara empat mata dan arahkan pembicaraan Anda ke arah "Bagaimana kita bisa tidak membiarkan ini terjadi lagi?" dan di proyek selanjutnya, tekankan kata "kami", "kita", dan sertakan nama-nama rekan tim Anda ketika membahas atau membuat laporan tentang perkembangan proyek. Dengan begitu, rekan-rekan kerja (termasuk bos Anda) akan merasa tersindir.

Memang sangat menyebalkan mempunyai atasan yang galak. Seringkali apa yang kita lakukan salah. Tapi untuk menunjukkan kalau Anda tidak pantas diperlakukan seperti itu, cobalah cara-cara cerdas di atas. Siapa tahu karena atasan Anda menganggap Anda ternyata mampu untuk lebih baik, ia mempertimbangkan untuk kenaikan jabatan Anda. Good luck

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian