Sunday, October 16, 2011

Kelemahan Kantor ruang terbuka

MAKIN banyak kantor yang memakai sistem open space. Tapi, cara ini bukan paling baik. Open space adalah salah satu bentuk penataan kantor yang banyak muncul di tahun 1950-an. Metode ini berkembang dengan cepat. Sebab, dianggap lebih efisien karena setiap karyawan tak perlu ditempatkan pada ruangan khusus. Open space makin banyak dipakai hingga saat ini. Dengan satu ruangan luas dan penataan beberapa meja dan kursi, para pegawai dapat bekerja di sana. Sayangnya, sesuatu yang dianggap efisien ini ternyata dapat menurunkan produktivitas pegawai.

Seperti dilansir Genius Beauty, sebuah penelitian menemukan bahwa bekerja di kantor dengan tata ruang open space dapat menurunkan produktivitas kerja, bahkan mengganggu kesehatan. Sebuah pengukuran gelombang otak yang dilakukan Dr. Jack Lewis, seorang ahli saraf menemukan aktivitas otak yang seharusnya fokus pada pekerjaan menjadi teralihkan akibat banyaknya aktivitas pegawai dalam satu ruang. Para pegawai mudah mendapat banyak gangguan dibandingkan bila memiliki ruangan sendiri.

Suasana banyak orang dan konservatif tidak membantu sama sekali dalam hal konsentrasi pekerjaan. Percobaan yang telah dilakukan menemukan bahwa para pegawai dapat bekerja lebih baik di dalam kantor di mana dapat meletakkan hal-hal kesukaannya. Misalnya gambar lukisan atau sebuah bunga di dalam vas kecil. Jika diizinkan mengisi ruangan mereka dengan barang, maka efisiensi bekerja mereka meningkat sebesar 15 persen. Termasuk peningkatan kesehatan sebanyak 32 persen lebih baik.

Walau begitu, penggunaan open space ternyata dapat meningkatkan kreativitas seseorang karena dapat berinteraksi lebih aktif. Penelitian yang dilakukan Profesor Fred Gage dari Salk Institute membandingkan orak tikus yang diletakkan pada kandang bersih dan tikus lain diletakkan pada ruangan yang diisi tikus lain yang lebih beragam. Hasilnya, otak tikus dari kelompok kedua setelah satu bulan mengalami peningkatan fungsi otak sebesar 15 persen

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian