Monday, January 4, 2010

Mentoring Dalam Talent Management

Talent management sedang mendapat perhatian lebih. Mengapa? Karena lingkungan bisnis yang kompetitif mengharuskan perusahaan mengamati bakat yang luar biasa.

Sementara itu, dari sisi orang-orang yang memiliki bakat luar biasa, meningkatnya permintaan menyebabkan posisi tawar-menawar mereka meningkat, sehingga mereka dengan mudah berpindah-pindah mencari tempat kerja yang dapat memberikan kepuasan kerja maksimal.

Di sinilah terasa betapa pentingnya talent management, yaitu usaha untuk menarik orang-orang yang berbakat, memberikan kesempatan talent untuk berkembang, dan yang paling penting, menghindari pindahnya talent ke perusahaan pesaing.

Talent management bertujuan untuk memastikan pasokan talent benar-benar tersedia bagi perusahaan, sehingga dapat tersedia orang yang tepat dengan pekerjaan yang tepat pada waktu yang tepat berdasarkan tujuan strategis perusahaan.

Ilustrasi ini dapat memberikan gambaran selintas mengenai talent mangement. Program tersebut ditujukan bagi para karyawan yang memiliki kinerja yang memuaskan dalam kurun waktu tiga tahun berturut-turut dan memiliki potensi masuk dalam kelompok potensial. Data mengenai karyawan tersebut selanjutnya dikaitkan dengan hasil assessment dengan beberapa dimensi yang mengacu kepada nilai yang ada di perusahaan dan kompetensi yang disyaratkan.

Berdasarkan kedua informasi tersebut, selanjutnya dibuat suatu program pengembangan karyawan yang dilakukan oleh suatu komite yang dibentuk khusus untuk bidang talent management.

Pelaksanaan program talent management yang telah disusun tersebut, dimonitor secara khusus dan berkala. Karyawan yang masuk ke dalam kelompok ini, disebut sebagai superkeeper.

Apabila karyawan tersebut tidak mampu dan menjadi gagal dalam program ini, karyawan tersebut akan masuk ke dalam kelompok keeper, dimana program pengembangan tetap dilakukan.

Superkeeper merupakan kelompok kecil karyawan yang memiliki kinerja yang sangat baik, mampu mendorong orang lain untuk meningkatkan kinerjanya, dan mampu mewujudkan kompetensi dan nilai-nilai perusahaan.

Sebagai pengakuan atas kemampuan tersebut, perusahaan juga memberikan penghargaan terhadap apa yang dicapai, agar karyawan itu tetap bertahan.

Walaupun secara filosofis kesempatan perlu dibuka bagi semua orang, tetapi pendekatan yang lebih pragmatis, memberi prioritas untuk mengembangkan dan mempertahankan beberapa orang-orang 'kunci' sebagai pemimpin dan menjadikannya sebagai role model.

Pengembangan dan mempertahankan orang-orang 'kunci' tersebut lebih praktis untuk diterapkan, namun setiap orang perlu untuk mendapat kesempatan yang sama untuk menjadi 'orang kunci' yang akan mendapat perlakuan khusus.

Pendukung utama penerapan talent management adalah learning organization. Tahap ini, menurut Paul, merupakan tahap pembelajaran (learning phase) yang terdiri dari tiga komponen, yaitu training need assessment, team-based project dan mentoring program.

Training need assessment harus dirancang untuk membantu karyawan meningkatkan keahlian yang diperlukan agar dapat melaksanakan tugas yang mereka jalankan sekarang dengan lebih efektif, mempersiapkan mereka bagi pekerjaan yang berikutnya dalam tangga karir, dan mempersiapkan mereka untuk bekerja dalam bidang yang berbeda.

Sementara, karyawan yang diberi kesempatan untuk bekerja pada Team-based project lebih memiliki rasa tanggung jawab karena setiap anggota tim saling bertanggung jawab pada masing-masing tugasnya.

Mentoring

Program mentoring yang efektif meningkatkan kinerja karyawan karena diperolehnya keahlian dan sumber daya tambahan. Secara singkat mentoring dapat diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan seseorang bagi orang lain guna membantu orang tersebut melakukan pekerjaannya lebih efektif ataupun demi kemajuan karier mereka.

Keinginan tumbuh secara alami untuk memiliki kinerja yang baik bagi kepuasan diri sendiri dan menyelaraskan diri dengan ekspektasi organisasi dapat meningkatkan motivasi dan pertumbuhan karyawan.

Program mentoring yang efektif mampu meningkatkan kinerja karyawan karena diperolehnya tambahan sumber daya dan keahlian.

Pertama, keinginan yang alami untuk berkinerja baik bagi kepuasan diri sendiri maupun kepuasan organisasi akan meningkatkan produktivitas. Hal ini terasa menjadi semakin penting bagi karyawan yang memiliki bakat luar biasa, yang diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan bagi kemajuan organisasi.

Kedua, mentoring meningkatkan komunikasi organisasi, karena dapat menjadi sarana terbaik untuk memperluas jejaring. Sebagai hasilnya, komunikasi yang lebih akurat dan positif terjadi, bahkan dapat melampaui batas-batas departemen.

Ketiga adalah skill-based growth. Kekuatan keahlian dan kebutuhan akan pengembangan akan semakin memperkuat perencanaan dan efektivitas sumber daya manusia. Penempatan karyawan pada suatu posisi atau jabatan didasarkan pada kualifikasi dan pengalaman. Dalam kaitannya dengan talent management, pengembangan karyawan terbaik dapat difokuskan pada mereka yang memiliki bakat-bakat potensial yang dapat mengkontribusi bagi kemajuan perusahaan.

Keempat, orientasi karyawan baru. Mentoring menyediakan mekanisme yang efisien bagi orientasi karyawan baru dan memungkinkan mereka berfungsi lebih produktif dalam waktu yang lebih singkat.

Kelima, keuntungan rekrutmen (recruitment advantages). Program mentoring yang difasilitasi organisasi akan mampu menarik karyawan baru yang memiliki bakat yang luar biasa, dengan cara memperlihatkan komitmen organisasi bagi proses pembelajaran yang berkelanjutan. Ini adalah hal yang sangat berharga dalam lingkungan kerja saat ini dalam mendukung ketersediaan sumber daya manusia yang tepat dan memadai dengan pengetahuan dan keahlian yang mampu menggerakkan dan mengoptimalkan potensi-potensi perusahaan.

Keenam, efektivitas biaya. Dalam dunia bisnis di mana masalah biaya semakin memperoleh perhatian seperti saat ini, mentoring memfokuskan diri pada pemanfaatan sumber daya yang ada dalam perusahaan, penyebaran pengetahuan organisasi dengan biaya yang minimal, menghemat waktu dan biaya bagi rekrutmen dan orientasi, dan dapat disesuaikan dengan tujuan yang telah ditetapkan organisasi.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian