Monday, May 4, 2015

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Mempekerjakan Seorang Teman

4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Mempekerjakan Seorang Teman

Mendapat kerja karena bantuan teman adalah hal yang lumrah. Biasanya proses penerimaan seseorang sebagai karyawan memang menjadi lebih mudah karena direkomendasikan. Ketika kantor sedang ada lowongan, Anda pasti terpikir untuk menawarkannya pada kawan yang sepertinya potensial.

Namun hati-hati niat baik Anda bisa jadi bumerang yang merugikan diri sendiri. Entah karena si teman membuat malu terkait performanya yang mengecewakan atau Anda merasa risih bekerja dengan kawan baik. Salah-salah reputasi Anda bisa rusak atau pertemanan jadi bubar. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk menawarkan atau menerima sang sahabat menjadi rekan kerja, pertimbangkan empat hal ini:

1. Pernah Bekerja Bersama
Sebaiknya jangan memberi pekerjaan kepada seseorang hanya karena Anda berhubungan dekat, baik itu teman atau saudara. Jika bisa rekomendasikan orang yang sudah pernah Anda lihat cara bekerjanya, misalnya mantan rekan di kantor lama. Atau kolega beda perusahaan yang tidak terlalu Anda kenal secara personal namun terkenal berbakat. Hal ini bisa menciptakan perasaan positif bagi Anda maupun teman.

"Ketika seorang teman meminta Anda untuk bekerja dengannya, itu memang merupakan sebuah perasaan menakjubkan karena Anda merasa dikenal dan dukungan,?" ujar Dr Lorraine Tilbury dari HorsePower International dikutip dari BBC.

2. Tidak Risih
Sebagian dari Anda yang ingin menawarkan pekerjaan kepada teman mungkin sudah berada di pos?isi atas. Ketika ingin memberikan kawan pekerjaan yang jabatannya tepat di bawah Anda, pastikan jika kedua belah pihak akan merasa nyaman. Coba pikir ulang apakah posisi Anda sebagai teman akan berpengaruh terhadap penilaian kerjanya nanti. Bicarakan pula dengan teman untuk tidak mengambil hati ketika ada konflik yang terjadi terkait pekerjaan.

"Sejumlah konflik akan terjadi. Tidak pengaruh betapa kuatnya persahabatan antara m?ereka, ketidaksetujuan akan timbul. Jadi penting untuk membicarakan bagaimana mereka akan mengatasinya," tambah Lorraine.

3. Tulus
Ketika seseorang menawarkan temannya pekerjaan tak jarang ada tujuan tertentu di baliknya. Jika Anda tidak bermaksud demikian pastikan bila teman mengetahuinya. Katakan pula kepada si kawan jika Anda akan memperlakukan dia selayaknya pekerja saat di kantor sehingga kawan tidak takut akan jadi 'anak kesayangan'.

4. Serahkan ke HRD
Bila Anda mau memberi kesempatan pada kawan tapi ingin melakukannya dengan cara yang aman, libatkan pihak HRD. Coba minta CV teman kemudian berikan pada personalia. Jika mereka berpikir jika kawan Anda pantas dipertimbangkan, minta lakukan wawancara. Ketika dalam interview staff HRD melihat bila teman benar-benar berbakat dan cocok bekerja sesuai lowongan, barulah terima dia. Dengan begini, Anda tidak akan disalahkan jika ternyata dia mengecewakan.


Detik.com

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian