Friday, May 22, 2015

5 manfaat lain dari meditasi

Kegunaan meditasi untuk mengusir stres sudah sering dibahas di berbagai penelitian. Bahjan, meditasi kini mulai populer di kalangan masyarakat perkotaan yang faktor pencetus stres sangat beragam.

Padahal manfaat meditasi tak hanya terbatas untuk mengusir stres. Dirangkum detikHealth dari berbagai sumber,  berikut beberapa manfaat lain dari meditasi, seperti mempermudah orgasme dan mengontrol nafsu makan.

1. Jaga kesehatan otak
Para peneliti dari Wake Forest Baptist Medical Center mengamati khasiat program meditasi dan yoga yang dikenal sebagai Mindfulness Based Stress Reduction (MBSR) dalam mengobati gangguan kognitif ringan yakni ada masalah dengan memori dan migrain. Mereka menemukan bahwa meditasi sebagai bentuk terapi benar-benar dapat membuat otak lebih baik sehingga berpotensi membantu orang mengatasi gangguan kognitif serta migrain.

Dalam studi pertama, para peneliti memeriksa peserta lansia berusia 55-90 tahun yang mengalami beberapa gangguan kognitif ringan. Beberapa peserta berlatih MBSR selama delapan minggu dan penelitian ini dihentikan saat peserta merasa ada peningkatan pada bagian otak yang berhubungan dengan memori. Para peserta yang berlatih MBSR selama delapan minggu juga mengaku migrain yang dialami tidak terlalu parah, dibandingkan mereka yang tidak berlatih MBSR.

"Saya berpikir apakah yoga dan meditasi benar-benar memiliki manfaat baik untuk tubuh, terutama efeknya pada otak. Saya ingin tahu bagaimana cara kerjanya. Dan ternyata saya dapat merasakan bahwa yoga dan meditasi meningkatkan fleksibilitas dan fokus serta membuat kita merasa lebih baik dalam kehidupan sehari-hari," ucap Dr Rebecca Erwin Wells dari Wake Forest Baptist Medical Center.

2. Meningkatkan orgasme
Menurut Nicole Diadone, penulis 'Slow Sex: The Art and Craft of the Female Orgasm', kunci untuk meningkatkan orgasme yakni melalui kegiatan meditasi orgasmik atau yang biasa disebut oming yaitu menggunakan pikiran penuh dan fokus pada jari untuk melakukan kontak dengan kelamin.

Oming membutuhkan waktu 15 menit di mana wanita mendapat belaian sebagai bentuk meditasi sederhana di bagian kiri atas klitoris. Pastinya, cara ini dilakukan berpasangan dengan saling membelai alat kelamin satu sama lain. Kedua pasangan memfokuskan perhatian mereka pada sensasi yang dirasakan dengan tujuan untuk mengembangkan hubungan dan keselarasan emosional.

"Cara ini sangat menhubungkan daerah limbik otak untuk meningkatkan keterikatan dan keamanan yang dirasakan bersama pasangan sambil meningkatkan respons orgasme," kata Nicole.

3. Mengontrol nafsu makan
Jumlah asupan makanan bisa dikontrol dengan adanya kesadaran makan melalui medit-ate, semacam meditasi ketika makan. Penelitian terkait pertumbuhan badan mengklaim bahwa kesadaran bisa mengurangi dan menekan nafsu makan serta mengontrol berapa banyak porsi makanan yang dikonsumsi. Supermodel Gisele Bundchen bahkan mengatakan bahwa meditasi membantunya menurunkan berat badan hanya dua bulan setelah ia melahirkan.

"Berbicara makan atau meditasi itu berarti menyadari apa yang Anda masukkan ke mulut. Ini tentang berhenti makan untuk benar-benar menikmati rasa dari santapan Anda serta mendengar isyarat tubuh. Kita seharusnya makan kapanpun saat kita lapar dan segera berhenti saat merasa kenyang. Tapi nyatanya aktivitas ini dipengaruhi oleh kebiasan dan peraturan yang berlaku," kata psikolog dan terapis ketergantungan makanan Kellee Waters.

4. Meredakan sakit leher
Sebuah penelitian di Jurnal Brain menegaskan stres membuat orang kehilangan toleransi terhadap rasa nyeri. Makin tinggi kadar kortisol atau hormon stres di air liurnya, makin tinggi pula aktivitas otak di bagian pusat penerimaan rangsang nyeri.

Meningkatnya aktivitas otan di bagian tersebut membuat seseorang lebih sensitif terhadap rasa nyeri. Misalnya sama-sama duduk berjam-jam di depan komputer, nyeri leher akan lebih mudah menyerang karyawan yang stres daripada yang merasa baik-baik saja.

Menurut penelitian tersebut, meditasi selama 15 menit bisa menurunkan level stres sebanyak 25 persen. Dikutip dari Menshealth.com, keluhan nyeri leher pada 56 persen responden yang mengalami stres juga berkurang atau bahkan hilang sama sekali berkat latihan meditasi ini.

Dalam penelitian ini, para partisipan melakukan meditasi setiap hari dalam 8 pekan, masing-masing selama 15 menit saja. Bentuk meditasinya bermacam-macam, bisa dengan mendengarkan denyut jantungnya sendiri atau bisa juga dengan latihan yoga.

5. Merekatkan kembali suami-istri
Banyak pasangan yang hanya mengecap manisnya madu pernikahan hingga tahun kedua berumah tangga. Setelah itu, kehidupan pernikahan seperti rutinitas belaka yang terasa hambar. Nah, saat rasa hambar melanda, meditasi kamasutra patut dicoba.

"Meditasi itu bukan sesuatu yang sakral. Meditasi kamasutra itu untuk harmonisasi suami istri," kata spiritual entertainer, Bening Lara, saat memberikan latihan meditasi di kantor detikcom, beberapa waktu lalu.

Dia menuturkan dalam sosok laki-laki terdapat energi feminin. Demikian pula dalam sosok perempuan terdapat sisi maskulin. Nah, masing-masing pasangan harus mengenali sisi-sisi ini dengan baik.

Sumber: detikcom

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian