Thursday, October 16, 2014

Perbedaan gejala serangan Jantung pada Pria dan wanita

Penyakit jantung memang lebih dikenal sebagai penyakit laki-laki karena jumlah penderitanya memang sebagian besar kaum adam. Namun perempuan pun perlu waspada, terlebih karena gejalanya berbeda dengan pada laki-laki.

Gejala khas penyakit jantung pada pria antara lain rasa sakit hebat di dada, seperti tertimpa gajah, dan sesak napas. Tetapi pada wanita gejalanya justru ringan, tak ada nyeri dada sama sekali sehingga sering tidak disadari.

"Pada perempuan biasanya hanya merasakan sangat lelah, tak bertenaga, dan juga pegal-pegal. Apalagi jika menderita diabetes yang saraf-sarafnya sudah rusak, gejalanya sering tidak dirasakan," kata dr.Jetty Sedyawan, Sp.JP (K), dari Yayasan Jantung Indonesia di Jakarta.

Karena gejalanya yang ringan tersebut, banyak perempuan mengira ia hanya sedang flu, stres, atau masuk angin biasa, sehingga tak segera ke rumah sakit.

"Perempuan cenderung terlambat ke rumah sakit sehingga komplikasi lebih mungkin terjadi," kata Jetty.

Gejala-gejala penyakit jantung lainnya pada wanita antara lain kelelahan ekstrem, nyeri yang tak terlalu terasa, berkeringat berlebihan, pucat, mual atau pusing.

Dibandingkan laki-laki, perempuan memang terkena serangan jantung 10 tahun lebih lambat. "Ini karena perempuan punya hormon estrogen sehingga profil lemaknya lebih bagus dan pembuluh darahnya lebih elastis," ujarnya.

Namun, gaya hidup modern seperti sekarang yang membuat setiap orang sering mengalami stres, pola makan buruk, merokok, dan kurang beristirahat, membuat perempuan bisa terkena penyakit jantung lebih cepat.

Di Indonesia, penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian terbesar bagi kaum pria. Tetapi, bukan berarti perempuan tidak bisa terkena penyakit ini. Ada beberapa gejala paling umum yang menandai terjadinya serangan jantung seperti rasa sesak di dada, nyeri, dan pusing. Kebiasaan buruk yang sering tidak kita sadari, terutama pola makan yang tidak sehat sangat berpengaruh pada gangguan kesehatan jantung. Ini bukan penyebab tunggal. Masalah pada jantung juga dipicu kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga dan stres yang berkepanjangan.

Terlebih lagi pada wanita perokok, gangguan kesehatan jantung akan lebih berpotensi. Hal ini disebabkan karena ketidakstabilan hormon estrogen dalam tubuh akibat paparan zat nikotin. Padahal, estrogen merupakan horom penangkal penyakit jantung. Berikut ini adalah beberapa faktor utama risiko penyakit jantung pada perempuan antara lain sebagai berikut :

    Berhenti menstruasi
    Merokok
    Riwayat keluarga penyakit jantung sebelum usia 60 tahun
    Tekanan darah tinggi (hipertensi)
    Diabetes
    Obesitas
    Kolesterol tinggi

Langkah awal adalah dengan melakukan deteksi dini seperti mengukur tekanan darah, mengetahui kadar gula darah dan kolesterol, serta mulai melakukan pola hidup sehat. Pola hidup sehat itu sendiri dapat dimulai dengan melakukan olahraga yang teratur yakni minimal 30 menit sebanyak 4 kali seminggu seperti jalan cepat atau jogging, berhenti merokok serta menjaga tekanan darah di bawah 120/80 mmHg, kadar kolesterol total kurang dari 175 mg/dL, kolesterol LDL kurang dari 100 mg/dL dan kadar gula darah puasa kurang dari 100 mg/dL.

Penyakit jantung pada umumnya dianggap sebagai penyakit untuk kaum pria. Namun pada kenyataannya, satu dari empat perempuan meninggal karena penyakit kardiovaskular. Jumlah ini lebih banyak dari kematian yang disebabkan oleh semua jenis penyakit kanker. Jantung merupakan organ yang fungsinya sangat vital bagi tubuh manusia. Oleh karena itu menjaga kesehatan jantung sangatlah penting demi kelangsungan hidup. Mulailah sayangi jantung anda dengan membiasakan pola hidup sehat dan kenali gejal-gejala awal penyakit jantung pada umumnya.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian