Thursday, October 16, 2014

Lakukan 5 hal ini gara tidak mudah sakit

Meski bekerja di rumah sakit menangani pasien, tapi dokter tak mudah tertular penyakit. Ini karena mereka melakukan banyak upaya pencegahan. Kita juga bisa meniru hal-hal yang mereka lakukan, terutama ketika di sekitar kita sedang banyak yang jatuh sakit.

1. Mencuci tangan
Dokter hampir selalu membersihkan tangan mereka dengan sabun atau cairan disinfektan sebelum menyentuh pasien atau peralatan medis. Tujuan tindakan itu adalah mencegah pasien terpapar bakteri.

Meski tak berhubungan dengan pasien, tapi biasakan pula untuk selalu mencuci tangan setelah menyentuh benda-benda yang dipakai banyak orang, seperti tombol lift atau bersalaman dengan orang, atau sebelum makan dan mengolah makanan.

2. Bawa cairan pencuci tangan
Di semua tempat di rumah sakit selalu tersedia cairan pencuci tangan sehingga dokter bisa dengan mudah membersihkan tangannya di mana saja.

3. Waspadai penularan penyakit lewat udara
Bakteri bisa berpindah melalui udara, termasuk lewat percikan batuk, bersin, bahkan saat sedang ngobrol. Menurut penelitian, virus flu bisa bertahan di udara sampai sejauh 1,8 meter dari orang yang membawa virus.

4. Lakukan vaksinasi
Ada banyak penyakit yang bisa dicegah melalui vaksinasi, bukan hanya pada anak-anak tapi juga orang dewasa. Jika Anda sering bepergian, sebaiknya Anda melakukan vaksinasi secara teratur. Konsultasikan pada dokter vaksinasi apa saja yang harus Anda dapatkan.

5. Gaya hidup sehat
Untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga tak gampang sakit, tentu yang paling utama adalah kesehatan tubuh secara umum harus prima. Meski sepele tapi hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga pola makan, olahraga, tidur cukup, dan kendalikan stres.

Baca juga Kenapa harus cuci tangan


Mengapa harus mencuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun?
Air yang tidak bersih banyak mengandung kuman dan bakteri penyebab penyakit. Bila di gunakan, kuman berpindah ketangan. Pada saat makan, kuman dengan cepat masuk kedalam tubuh, yang bisa menimbulkan penyakit.
Sabun dapat membersihkan kotoran dan membunuh kuman, karena tanpa sabun kotoran dan kuman masih tertinggal di tangan.

Kapan saja harus mencuci tangan?
1. Setiap kali tangan kita kotor (setelah : memegang uang, memegang binatang, berkebun dll).
2. Sebelum makan dan menyupi anak.
3. Sebelum memegang makanan.
4. Sebelum menyusui bayi.
5. Setelah buang air besar
6. Setelaha membersihkan buang air besar / buang air kecil bayi atau anak.

Manfaat mencuci tangan
1. Membunuh kuman penyakit yang ada di tangan
2. Mencegah penularan penyakit seperti diare, disentri, kolera, typhus, cacingan, penyakit kulit, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), Flu burung atau Savere Acute Respiratory Syndrome (SARS)
3. Tangan menjadi bersih

Apa peran keluarga dalam membina perilaku cuci tangan dirumah?
1. Menyediakan air bersih yang mengalir dan sabun kepada anggota keluarga untuk mencuci tangan.
2. Memanfaatkan setiap kesempatan di rumah untuk menanamkan cuci tangan dan mengingatkan tentang pentingnya cuci tangan
3. Mengadakan kegiatan cuci tangan bersama kita akan makan atau setelah bekerja membersihkan rumah untuk mengingatkan dan menanamkan kebiasaan cuci tangan

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian