Monday, October 15, 2012

Jangan membungkuk saat rapat di kantor

PENGUSAHA maupun karyawan tentunya ingin pertemuan bisnis selalu berjalan lancar. Profesor Amy Cuddy dari Harvard Business School pun menyarankan bahasa tubuh yang tepat agar pertemuan tersebut berjalan lancar.

"Jangan membungkuk saat rapat di kantor. Sebab, itu akan membuat Anda terkesan kecil. Lebih baik berdiri tegak, lurus, dan postur tubuh terbuka," kata konselor bahasa tubuh itu.

Bahasa tubuh memang sangat penting bagi perempuan, apalagi bila pertemuan bisnis dipenuhi Kaum Adam. Menurut Cuddy, perempuan dan laki-laki dapat menggunakan bahasa tubuh untuk mengatur kadar hormon testosteron dan kortisol pemicu kecemasan.

Cuddy sendiri pernah mengalami krisis kepercayaan diri. Saat kuliah, ia mengalami kecelakaan mobil traumatis. Ia divonis mengalami tanda-tanda kerusakan otak sementara waktu. Akhirnya ia kembali ke jalur akademik dengan sukses pada kepercayaan diri berbicara di depan orang banyak.

Kini, Cuddy menyarankan orang-orang dalam bisnis mempelajari bahasa tubuh demi kesuksesan karier. Salah satu caranya adalah berjalan tegak, menegakkan pundak, dan tidak menyilangkan kaki ketika duduk. Orang yang melihatnya pun akan menilai Anda tegas dan percaya diri.

Cuddy juga mengatakan kecenderungan membungkuk akan mengesankan Anda melindungi diri terhadap orang luar. Layaknya insting primata di hutan dalam kerajaan hewan.



Posisi duduk dalam rapat
Selama ini anda mungkin tidak terlalu mempedulikan posisi duduk anda dalam rapat. Padahal ternyata posisi duduk dalam rapat mempengaruhi kesuksesan anda sebagai peserta rapat.
Karena, dengan kondisi fisik anda itu, bisa jadi rapat menjadi kurang berhasil. Mau tau nggak bagaimana sih posisi yang dimaksud itu?

* Jangan duduk berseberangan dengan lawan
Kalau anda mempunyai saingan dalam rapat, hindari duduk berseberangan dengannya. Karena posisi ini bisa menyebabkan anda berdebat seru dengan saingan anda itu.
Parahnya posisi ini dikhawatirkan dapat menyebabkan perdebatan sulit dihentikan dan bisa berakhir pada perselisihan berkepanjangan. Karena, posisi saling berseberangan membuat anda leluasa saling menatap dan berbicara, sehingga cenderung melupakan yang lain saat berdebat. So, hati-hati dalam memilih tempat duduk. Mungkin anda dapat memilih tempat duduk berdampingan dengannya. Seandainya pun anda berdebat, duduk bersebelahan dapat mengurangi perselisihan bahkan menimbulkan kerjasama.

* Hindari duduk di sisi kanan pempimpin rapat
Alasannya, orang yang duduk di sisi sebelah kanan jarang dimintai pendapat dan kontribusinya. Pemimpin rapat biasanya lebih sering menengok ke kiri daripada ke sebelah kanan. Walau tidak bisa dijadikan patokan mutlak, tetapi jika ada hal penting yang akan anda sampaikan dalam rapat sebaiknya jangan duduk di sisi kanan.

* Duduklah dekat pemimpin rapat
Seandainya anda ingin duduk di sebelah kanan, duduklah di dekat pemimpin rapat. Karena umumnya pemimpin rapat akan mendahulukan orang yang duduk di dekatnya,
baik kiri atau kanan, untuk menyampaikan pendapatnya. Selain itu anda pun lebih mudah menginterupsi seandainya anda ada keperluan untuk meninggalkan ruang rapat sejenak.


* Duduk di tengah untuk menjadi pusat perhatian
Jika anda ingin mendapat perhatian dari seluruh peserta rapat, jangan duduk di ujung atau di sudut. Karena posisi duduk di ujung cenderung tersembunyi dari pandangan peserta lain. Duduklah pada posisi tengah. Dengan demikian, ketika anda berbicara semua pandangan peserta akan tertuju pada anda. Sehingga mereka lebih mudah menyerap apa yang anda sampaikan.




0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian