Monday, October 15, 2012

Hal-hal yang perlu dihindari saat Interview

CALON pegawai biasanya harus mengikuti seleksi administrasi, tes kemampuan teori, dan wawancara kerja. Proses terakhir mengharuskan pelamar bertemu dengan perusahaan secara langsung. Sehingga, pihak perusahaan dapat mengetahui kepribadian si pelamar.

Meskipun berkesan sepele, sebagai seorang pencari kerja, ada baiknya Anda tak melakukan hal-hal berikut:

1. Mengenakan pakaian ketat
Penampilan Anda memang menjadi penilaian. Singkirkan pakaian ketat untuk sementara waktu. Sehingga, perusahaan melihat tampilan yang menggambarkan kesopanan sikap Anda.

2. Tak bersabar di antrean
Keresahan dan tingkat ketegangan pasti akan meliputi Anda selama menunggu giliran wawancara. Meski demikian, bersikaplah profesional dan bersabar menunggu antrean. Dengan begitu, Anda akan dicap sebagai orang yang tenang dan sabar dalam kondisi di bawah tekanan sekalipun.

3. Melemparkan botol bir ke tempat sampah sebelum masuk ruang tunggu wawancara
Meskipun mengonsumsi minuman beralkohol adalah hak Anda. Sebaiknya Anda tidak membawa minuman yang satu itu ke lokasi wawancara.

Selain kurang sopan, hal tersebut juga akan membawa dampak buruk bagi diri Anda. Pihak perusahaan bukan tidak mungkin akan mengira bahwa Anda pecandu alkohol atau bahkan mencoret Anda dari daftar calon pegawai.

4. Salah mengisi kuesioner calon pegawai
Pastikan Anda teliti mengisi kuisioner dalam lembar calon pegawai. Jangan sampai keterangan yang Anda berikan berbeda dengan apa yang diutarakan dalam lembar daftar riwayat hidup.

5. Menceritakan soal perselingkuhan
Meskipun dituntut jujur menjawab pertanyaan seputar kehidupan pribadi Anda, ada satu hal yang tidak boleh dibeberkan, yakni kehidupan dalam percintaan. Jangan sekali-kali menceritakan bahwa Anda pernah berselingkuh.

Meskipun tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, bisa jadi sang pewawancara bisa menilai bahwa Anda merupakan orang yang tidak memiliki komitmen, termasuk dalam pekerjaan.

6. Bersin dan membuang cairan dari hidung di depan pewawancara
Kesopanan bukan hanya berawal dari penampilan Anda. Perilaku seperti yang disebutkan tersebut bisa menimbulkan penilaian buruk dari pewawancara. Bersikaplah yang sopan.

Jika bersin atau batuk tidak bisa ditahan, sebaiknya Anda meminta izin untuk keluar sebentar. Hal tersebut akan terlihat lebih sopan.

7. Salah mendeskripsikan pekerjaan yang diinginkan
Perasaan tegang bukan tidak mungkin akan membuat Anda berbicara gugup atau bahkan tidak sesuai dengan yang Anda inginkan. Sebelum Anda salah mendeskripsikan pekerjaan yang Anda inginkan, berilah jeda sebelum Anda menjawab pertanyaan.

8. Tidak sinkron menceritakan pengalaman kerja dan tugas kerja
Sebelum hari wawancara tiba, gali lebih dalam mengenai jenis pekerjaaan yang Anda lamar. Mendeskripsikan pengalaman kerja dan tugas kerja yang tidak tepat akan membuat Anda terkesan main-main dan terlihat konyol.

9. Memakan permen ketika menjawab pertanyaan dari pewawancara
Bukan hanya sekedar penampilan, perilaku tingkat kesopanan adalah hal teratas yang dinilai. Mengunyah permen akan membuat Anda buruk meskipun langkah tersebut merupakan cara Anda untuk lebih santai.

10. Memeluk pewawancara kerja setelah selesai wawancara
Ketika wawancara usai, perasaan lega akan menghinggapi Anda. Meski demikian, jangan sesekali untuk memeluk pewawancara untuk mengekspresikan bentuk kesenangan. Hal tersebut akan membuat Anda dinilai buruk dan tidak sopan.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian