Friday, May 20, 2011

Mengantuk lagi bekerja, ini solusinya ???

Merasa selalu mengantuk di kantor? Sepertinya hampir sebagian besar orang pernah mengalaminya. Nyatanya, The National Sleep Foundation menemukan bahwa 51% karyawan di AS dilaporkan terkena 'serangan' rasa mengantuk yang selalu menyertai aktivitas mereka.

Rasa mengantuk yang 'menyergap' di tempat kerja biasanya berpengaruh pada kualitas dan jumlah pekerjaan yang bisa dituntaskan. Hal itu membuat tugas terasa lebih berat, bahkan, bisa saja salah. Bahaya kan?

Nah, untungnya ada kabar baik untuk 'memerangi' serangan rasa kantuk selama di tempat kerja. Coba simak:

1. Minum secangkir kopi, teh atau sekaleng soda yang mengandung kafein
Kafein merupakan stimulan yang dapat meningkatkan level kewaspadaan. Kafein berbeda efeknya bagi setiap orang. Namun bagi sebagian besar orang, mengonsumsi kafein dalam jumlah sedang sekitar 300 mg, cukup aman.

2. Coba minuman berenergi
Minuman energi meningkat popularitasnya di antara remaja dan mahasiswa. Minuman ini mengandung jumlah kafein yang sama dengan secangkir kopi, sekitar 85 mg. Kandungan lainnya termasuk gula, ginseng, vitamin B, taurin dan guarana.

Taurin adalah sebuah asam amino yang berada dalam jumlah besar di ikan dan daging. Asam amino ini juga berlimpah pada ASI, lho.

Penelitian terdahulu menemukan saat taurin digabung dengan kafein akan terjadi kenaikan fungsi mental. Guarana merupakan tanaman yang tumbuh di Brazil yang mengandung kafein.

Jika mulai mengonsumsi minuman energi, jangan berlebihan. Anda bisa mengalami efek samping tak diinginkan karena minuman energi mengandung banyak kafein. Minum terlalu banyak minuman energi, atau dikombinasikan dengan alkohol, amat berbahaya.

3. Coba obat stimulan yang dijual bebas (OTC)
Kandungan utama stimulan yang dijual bebas adalah kafein. Jangan lupa mengecek labelnya untuk menentukan berapa banyak kafein yang terkandung. Sekali lagi, jangan berlebihan.

4. Coba tidur sebentar
Tapi ingat, pastikan hal itu diizinkan oleh perusahaan. Sejumlah pebisnis mengetahui adanya penurunan produktivitas--diestimasi sekitar US$ 18 miliar per tahun--dari efek mengantuk di kantor. Untuk menanggulanginya, sejumlah kantor menyediakan fasilitas tidur siang dan waktu untuk menggunakannya. Tidur siang singkat, sekitar 15-20 menit, kemungkinan meningkatkan level kewaspadaan, menambah produktivitas dan memperbaiki mood. Jika kantor tak punya fasilitas ini, bisa saja pulang sebentar ke rumah (jika jaraknya dekat) pas jam makan siang, sembari tidur sebentar.

5. Jalan-jalan
Berjalan selama 5 menit dapat membuat Anda lebih waspada, lho. Jika Anda harus bekerja berhadapan dengan komputer, usahakan untuk mengalihkan perhatian sejenak dari layar monitor, atau jalan keluar ruangan sekitar 5 menit. Peregangan ringan mungkin juga membantu menghilangkan kantuk.

6. Cuci muka dan sikat gigi
Jika serangan mengantuk terasa berat, cuci muka dan sikat gigi. Bau harum mint segar dari pasta gigi diyakini bisa membuat Anda 'terbangun'.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian