Tuesday, June 3, 2014

Tips membantu Anak untuk berbagi dalam cinta kasih

Tidak diragukan lagi, membaca, menulis, berhitung dan pendidikan dasar lainnya adalah bagian penting dari pendidikan awal untuk setiap anak. Namun, yang tidak kalah penting adalah membantu anak-anak kita menjadi orang yang peduli, orang yang bisa berperan dalam masyarakat. Tidak peduli apakah itu dalam komunitas sekolah mereka sendiri, atau tempat main bersama temannya, atau kerabat yang selalu berhubungan dengan mereka setiap hari, mereka seharusnya turut berperan dalam pembangunan masyarakat sipil dan peduli pada mereka dan berhubungan baik dengan orang lain.

Berikut adalah empat tips dari orangtua dan ahli perkembangan anak tentang bagaimana membantu anak Anda lebih peduli dan bersedia menyumbang (tenaga, pikiran dll).

Tunjukkan Etika dengan Tindakan Setiap Hari

Ketika Anda antri untuk membayar barang belanjaan di kasir,biarkan orangtua yang membawa anaknya yang menangis antri di depan antrian Anda. Tahan pintu sambil tersenyum, hanya perlu beberapa detik membiarkan orang-orang di belakang antrian Anda untuk bisa lewat lebih dulu. Saat Anda bepergian bersama anak, tunjukkan selalu kepedulian Anda pada orang lain,agar anak Anda dapat melihatnya dan bagaimana ia melakukan hal-hal kecil untuk orang lain, ini bisa menjadi tindakan amal mulia.

Diskusi dengan Anak tentang Orang Lain

Diskusikan dengan anak Anda tentang apa saja yang telah dilakukan orang lain, ini sangat membantu Anda? Apakah ada hal yang pernah dilakukan oleh teman, guru, atau saudara yang membuat anak Anda merasa baik? Percakapan ini akan memberi kesempatan pada anak-anak, biarkan dia merenungkan makna sebenarnya dari kepedulian atau perhatian pada orang lain dalam kehidupan sehari-harinya. Anak Anda dapat mengajukan pertanyaan dan membahas tentang situasi yang berbeda pada hal yang telah terjadi atau mungkin terjadi.

Menjadi Orang yang Ramah dan Santun

Meskipun kita cenderung lebih memperhatikan bagaimana membantu orang lain tanpa pamrih, tetapi, menerima bantuan dari orang lain dengan sikap yang santun juga sama pentingnya. Tidak peduli apakah itu berupa kado sebagai balasan, membungkukan badan atau suatu sikap sebagai pernyataan terima kasih, setidaknya harus diakui ia (sikap) itu setara atau sama dengan sepatah kata terima kasih. Ingatkan kepada anak-anak, bahwa tidak ada orang yang akan membantu dengan sendirinya, termasuk keluarga atau teman yang paling dekat sekalipun. Ketika mereka menerima bantuan orang lain setiap kali—di undang ke rumah teman untuk makan karena ayah dan ibu terlambat pulang dari pekerjaan, membantu Anda menggali saluran dengan mesin pembersih salju tetanga seusai salju lebat---maka Anda perlu menyatakan terima kasih kepada orang yang membantu.

Membaca Buku Cerita yang Melukiskan tentang Berbagi dan Memberi

Buku adalah cara yang bagus untuk membantu anak-anak belajar konsep-konsep baru. Besama anak membaca buku cerita dan melihat gambar---meski bayi yang baru mulai belajar di hari pertama, dengan membaca dapat membantu orangtua mengajari anak-anak tentang bagaimana hidup berdampingan dengan orang lain. Membantu mereka membangun konsep cinta kasih dan kepedulian terhadap sesama. Hal ini sangat penting bagi perkembangan sosial sang anak, belajar berbagi dan hidup berdampingan dengan orang lain. Dorong mereka untuk menyatakan pemikiran sendiri terhadap cerita yang telah dan akan terjadi.

(Erabaru)

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian