Monday, May 19, 2014

Tips meningkatkan konsentrasi Anak

Konsentrasi adalah kemampuan memusatkan atau mempertahankan perhatian pada sesuatu hal dalam rentang waktu tertentu. Tingkat konsentrasi yang rendah akan mengakibatkan berbagai efek buruk bagi anak, antara lain tugas anak terbengkalai atau anak menjadi seperti “pelupa”, benda-benda miliknya sering ketinggalan, bahkan hilang lantaran rentang perhatiannya yang kurang, pikirannya bercabang, tidak bisa fokus.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sekolah atau guru, agar anak lebih konsentrasi. Berikut di antaranya:

1. Berikan rasa aman dan nyaman
Memberikan rasa aman, nyaman, serius tapi rileks dalam pembelajaran. Siswa yang merasa tidak aman, tidak nyaman dan terlalu santai tidak akan dapat berkonsentrasi dengan baik serta mudah terdistraksi. Semua hal-hal yang terkait dengan lingkungan belajar, suasana kelas, dan cara guru mengajar sangat besar pengaruhnya terhadap konsentrasi anak.

2. Buat anak  antusias
Antusias adalah pangkal dari konsentrasi. Mengajak siswa untuk selalu bersikap antusias terhadap tugas-tugas yang diberikan. Hal ini dapat dibantu oleh guru dengan memberikan tugas-tugas pembelajaran yang menyenangkan dan menantang serta dalam jangkauan anak untuk dapat menyelesaikannya. Guru juga dapat menggunakan metode pembelajaran di kelas yang tepat sehingga dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Materi juga disampaikan dengan cara yang menarik perhatiannya siswa. Dengan begitu, konsentrasi anak akan semakin meningkat.

3. Berikan keyakinan bahwa anak mampu
Dengan kepercayaan diri, konsentrasi anak akan berlipat ganda, Berikan keyakinan atau kepercayaan diri pada anak, mereka mampu mengerjakan tugas pembelajaran yang diberikan. Bagaimanapun rasa percaya diri sangat mempengaruhi kesuksesan anak dalam belajar. Dengan adanya kepercayaan diri bahwa mereka mampu mempelajari materi atau mengerjakan tugas tersebut maka mereka akan dapat melakukannya dengan baik. Konsentrasi anak pun akan penuh untuk belajar.

4. Ciptakan lingkungan bersih
Memprioritaskan kondisi lingkungan yang bersih dan sehat untuk tumbuh kembang anak dan terbebas dari polusi.  Penelitian Ir Puji Lestari, PhD (ahli polusi udara dari ITB), lulusan Illinois Institute of Technology, Amerika Serikat menunjukkan, pencemaran udara di kota-kota besar yang mengandung timbal yang melebihi ambang batas dalam tubuh anak, bisa menurunkan kecerdasan intelektual (IQ). Bukan hanya itu, kadar timbal tinggi juga mengganggu konsentrasi belajar anak.

5. Ciptakan suasana rumah aman
Ciptakan suasana rumah dan sekolah yang aman, nyaman dan tenang bagi perkembangan belajar anak. Suasana rumah dan sekolah yang terbebas dari perilaku kekerasan dan bullying pada anak sehingga anak menjadi betah dan termotivasi untuk belajar dan bersekolah.

Baca Juga

 Gejala utama ADHD antara lain adalah ketidakmampuan untuk fokus terhadap suatu hal dan mudah teralihkan perhatiannya. Anak-anak seringkali mengalami kesulitan dalam: fokus mendengarkan seseorang yang sedang berbicara, mengikuti petunjuk atau menyelesaikan.
    
Hiperaktif
 Gejala lain dari ADHD adalah ketidakmampuan untuk dapat duduk diam dan tenang. Anak-anak biasanya berlarian ataupun memanjat benda-benda, tidak teratur, bahkan saat ada di dalam ruangan. Ketika mereka diminta untuk duduk, mereka cenderung terlihat gelisah dan bergerak terus. Anak-anak dengan ADHD juga seringkali berbicara terus menerus dan sulit untuk bermain dengan tenang

Impulsif
Gejala ketiga dari ADHD adalah impulsivitas –sering menginterupsi pembicaraan orang lain atau menjawab pertanyaan sebelum guru menyelesaikan pertanyaan (dengan menggumam ataupun dengan jawaban yang tidak beraturan).Aspek inilah yang membuat anak ADHD menjadi sulit menunggu untuk berpikir sebelum berbuat sesuatu.

Apakah penyebab ADHD?
Anak ADHD memiliki aktivitas yang rendah pada area otak yang mengontrol pusat perhatian. Mereka juga memiliki gangguan keseimbangan pada kimia otak yang disebut dengan neurotransmiter. Belum jelas apakah yang menyebabkan ketidakteraturan ini, namun ADHD bersifat menurun, sehingga banyak ahli percaya faktor genetik memiliki suatu peranan penting.

Bagaimana mendiagnosis ADHD?
Tidak ada tes laboratorium untuk mendeteksi ADHD. Dokter akan menilai bagaimanakah respon pasien terhadap pertanyaan yang diajukan, deskripsi keluarga tentang problem perilaku yang dialami, dan penilaian di sekolah. Untuk mendiagnosis suatu ADHD, setidaknya anak memiliki kombinasi gejala ketidakmampuan untuk fokus dan memusatkan perhatian, hiperaktif dan impulsif minimal dalam waktu 6 bulan. Awal mula gejala harus dimulai sebelum usia 7 tahun.

Bagaimana mencegah ADHD?
Hingga saat ini belum ditemukan cara pasti untuk mencegah ADHD, namun ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko. Anda dapat mengurangi risiko anak Anda mengalami ADHD dengan menjaga kesehatan selama kehamilan. Mulailah dengan menghindari alkohol, obat-obatan (jika tidak benar-benar diperlukan) dan rokok selama kehamilan. Anak-anak dari ibu yang merokok memiliki risiko 2 kali lipat untuk mengalami ADHD

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian