Monday, March 24, 2014

Kesuburan Wanita & Pencegahan Keguguran Serta Dampak Psikologisnya

Sebuah pernikahan akan semakin terasa sempurna dengan kehadiran buah hati. Sayangnya, tidak semua pasangan mudah memperoleh keturunan.

Hal tersebut tak jarang menjadi beban psikologis, terutama bagi wanita, saat orangtua atau kerabat tidak berhenti bertanya soal anak. Padahal, kesulitan memiliki keturunan tak selalu datang dari wanita.

Dr Sudirmanto, SpOG dari Pacific Healthcare justru mengatakan bahwa faktor terbesar pasangan sulit memperoleh keturunan berasal dari pihak pria. Penyebabnya adalah tidak optimalnya sperma yang diproduksi pria. Ini dialami oleh 40 persen pria.

"10 persen lainnya disebabkan dari kedua belah pihak, dan yang lainnya bisa bermacam penyebabnya, bahkan ada yang unexplained," ujarnya dalam acara Talkshow: Kesuburan Wanita & Pencegahan Keguguran Serta Dampak Psikologisnya di Plaza Indonesia, Jakarta.

Bukan hanya kualitas sperma yang kurang baik, Sudirmanto mengatakan bahwa satu dari 100 pria bahkan tidak memiliki sperma, atau hanya memproduksi cairan air mani saja.

Meski begitu, kasus terbanyak disebabkan karena sperma yang tersumbat, yang merupakan masalah genetik pada pria. Bahkan gangguan pada kelenjar tiroid atau gondongan pun bisa memperburuk kualitas sperma.

"Tapi bisa juga disebabkan karena stres atau kelelahan. Kalau ini yang terjadi masih termasuk gangguan ringan. Biasanya kita kasih solusi dengan vitamin atau inseminasi," ujarnya.

Inseminasi merupakan teknik untuk membantu proses reproduksi dengan cara mengambil sperma suami lalu dicuci, setelah itu dimasukkan ke rahim istri. Ini merupakan proses pembuahan alami.

"Saat ini banyak pasangan yang memilih inseminasi, karena dianggap lebih ekonomis dari pada bayi tabung. Biaya inseminasi dari awal hingga proses selesai hanya Rp 1,5 juta-Rp2,5 juta, tergantung kliniknya juga," imbuh Sudirmanto.


Artikel lain tentang kesuburan Pria dan wanita

Suplemen-suplemen yang mengandung mikronutrien berupa vitamin dan asam amino yang memang memiliki pengaruh positif dalam kesuburan atau fertilitas pria. Fungsinya tentu berbeda dengan obat kuat. Beberapa kandungan tersebut, antara lain:

    Vitamin C: Melindungi sperma dari kerusakan karena oksidasi serta mengurangi aglutinasi sperma (sperma saling menempel)
    Vitamin B6: Penting dalam pembentukan hormon seks pria
    Vitamin B12: Bersama dengan asam folat, B12 diperlukan untuk pembentukan materi genetik. Kadar yang kurang menyebabkan produksi sperma yang abnormal, penurunan jumlah sperma, dan kemampan gerak sperma.
    Vitamin E: Juga merupakan antioksidan. Membantu sperma dalam penetrasi sel telur.
    Zinc: Kekurangan zinc menurunkan kadar testosteron. Suplementasi mikronutrien ini dapat meninkatkan jumlah sperma dan memperbaiki kesuburan.
    Arginin dan L-Carnintine: Asam-asam amino yang diperlukan dapal pemebentukan serta fungsi normal sperma.

Karena merupakan mikronutrien-mikronutrien yang sebetulnya juga terdapat di dalam makanan, konsumsi suplemen-suplemen ini tidak memiliki efek samping, kecuali dikonsumsi secara berlebih. Karena itu, ikutilah aturan minum yang tertera di label suplemen.
Posted in Kesuburan Pria | Tagged buah untuk kesuburan pria, cara meningkatkan kesuburan pria, kesuburan dan kehamilan, kesuburan pria, makanan kesuburan pria, makanan kesuburan untuk wanita, makanan sehat untuk kesuburan, makanan untuk kesuburan perempuan, makanan untuk kesuburan pria dan wanita, makanan utk kesuburan wanita, meningkatkan kesuburan pria, terapi kesuburan pria, vitamin kesuburan pria | Leave a comment
Tips Kesuburan Pria
Posted by kesuburan pria

Ketidaksuburan bisa saja muncul dari suami, 40 persen kasus ketidaksuburan disebabkan oleh masalah pada suami. Ketidaksuburan pada pria bisa disebabkan oleh rendahnya jumlah sperma. Kebiasaan mandi sauna dan olahraga berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada produksi sperma, begitu juga kekurangan nutrisi. Ada nutrisi dan suplemen herba yang bisa membantu pria memperbaiki kesuburan pria.

Sinar matahari pagi diyakini sebagai salah satu sumber vitamin D terbaik para pria dewasa terutama yang memiliki masalah kesuburan pun membutuhkan asupan vitamin D. Berjemur saat pagi akan membantu pria-pria infertil untuk mendapatkan kembali kesuburan mereka.

Jaga suhu tetsis. Testis merupakan organ yang memperoduksi sperma karenanya harus di jaga agar tetap berfungsi optimal. Suhu testis harus lebih sejuk ketimbang suhu tubuh. Itulah alasan kenapa testis di ciptakan terletak di luar tubuh. Anda bisa menjaga suhu sejuk dengan menghndari celana ketat, terlalu lama berendam di air hangat atau terlalu lama memangku laptop. Karena jika suhu testis diatas normal, produksi sperma yang sehat tidak akan optimal.

Tolak bahan beracun. Makin banyaknya polusi disekitar kita , memang sulit untuk menghindari bahan beracun yang terserap tubuh. Namun sebisa mungkin hindari bahan beracun seperti timbal (logam berat), pestisida, pernis kayu, cat atau lem. Jika menumpuk di dalam tubuh, kesuburan pria akan terancam.
Posted in Kesuburan Pria | Tagged buah untuk kesuburan pria, cara meningkatkan kesuburan pria, cek kesuburan pria, kesuburan dan kehamilan, makanan kesuburan pria, makanan kesuburan untuk wanita, makanan sehat untuk kesuburan, makanan untuk kesuburan pria, makanan untuk kesuburan pria dan wanita, makanan utk kesuburan, meningkatkan kesuburan pria, terapi kesuburan pria, tingkat kesuburan pria, vitamin kesuburan pria | Leave a comment
Kesuburan Pria Dan Wanita
Posted by kesuburan pria

Untuk mendapatkan keturunan tidak melulu wanita yang harus bertanggung jawab terhadap kesuburannya, karena banyak pria yang juga mengalami infertilitas. Fertilitas atau masalah kesuburan adalah ketika perempuan mampu memproduksi sel telur yang layak dan pria menghasilkan sperma yang kuat dan sehat.

Ada banyak tindakan medis yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan tapi orang harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Banyak cara mengetahui kesuburan pria dan wanita berikut ini salah satu caranya :
1. Dengan memperhatikan keluarnya lendir mulut rahim yang dapat di raba dengan jari. Pada saat subur keluarlah cairan bening seperti putih telur sehingga kelamin terkesan basah. Banyak wanita menganggap hal itu sebagai keputihan. Di luar saat subur, kendir mulut rahim hanya sedikit dan lebih kental sehingga kelamin terkesan kering.

2. Dengan mengukur suhu tubuh setiap pagi sebelum bangun tidur selama beberapa bulan siklus mentruasi. Kemudian dibuat grafik menghubungkan setiap angka yang menunjukan suhu tubuh. Dengan melihat perubahan grafik suhu tubuh di bawah normal yang segera diikuti dengan kenaikan diatas normal.

Cara alami untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita yang aman dan efektid untuk dilakukan:

1. Menjaga berat badan sehat
2. Waktu yang tepat mengetahui masa subur istri
3. Posisi yang tepat
4. Olahraga rutin
5. Konsumsi suplemen/ nutrisi mikro
Posted in Kesuburan Pria | Tagged buah untuk kesuburan pria, cara meningkatkan kesuburan pria, cek kesuburan pria, kesuburan dan kehamilan, kesuburan pria, makanan kesuburan pria, makanan kesuburan untuk wanita, makanan penambah kesuburan pria, makanan untuk kesuburan pria, masa kesuburan pria, mengetahui kesuburan pria, tingkat kesuburan pria, vitamin kesuburan pria | Leave a comment
Menambah Kesuburan Pria
Posted by kesuburan pria

Untuk meningkatkan kesuburan pria, anda harus mendongkrak hormon testosteron anda. Dari segi medis dan olahraga yang telah teruji, ada 3 sumber makanan dan nutrisi penting yang sangat berpengaruh terhadap peningkatan hormon testosteron alami manusia yaitu :

. Asam lemak esensial. Dapt diperoleh misalnya dari alpukat, minyak ikan omega-3, selai kacang, minyak zaitun, dll.

2. Zinc, sangat penting dalam meningkatkan jumlah sperma. Sumber terbaik adalah ikan, daging, dan telur, namun sayangnya asupan harian sering tidak mencukupi. Anda bis amenambah suplemen zinc yang didesain berikatan dengan magnesium dalam ikatan kimia aspartat.

3. Tribulus Terrestis. Merupakan sejenis herbal yang dapat meningkatkan hormon testosteron secara alami dengan merangsang produksi Luteinizing Hormone (LH) dalam tubuh. LH adalah hormon yang memberikan sinyal kepada adrenal cortex (bagian luar kelenjar ginjal) dan tetsticle sebagai dapur produksi hormon testosteron untuk meningkatkan produksinya.

Selain makanan diatas, pria yang teratur minum secangkir kopi tiap-tiap paginya mempunyai sperma yang dapat bergerak lebih lincah dan gesit dibandingkan pria yang kurang konsumsi minum kopi di pagi hari. Kandungan kafein di dalam kopi sangat penting untuk membantu sperma dapat berenang lebih cepat dan lebih baik, tak hanya membantu melakukan perbaikan sample sperma di dalam proses ivf (in-vitro fertilisation), metode pembuahan di luar rahim.
Aturlah pola makan secara teratur dengan memakan buah-buahan dan sayuran hijau. Karena baik untuk meningkatkan kualitas sperma anda.
Posted in Kesuburan Pria | Tagged buah untuk kesuburan pria, cara meningkatkan kesuburan pria, cek kesuburan pria, kesuburan dan kehamilan, kesuburan pria, makanan kesuburan pria, makanan kesuburan untuk wanita, makanan penambah kesuburan pria, makanan untuk kesuburan perempuan, makanan untuk kesuburan pria dan wanita, mengetahui kesuburan pria, meningkatkan kesuburan pria, tes kesuburan pria, test kesuburan pria, tingkat kesuburan pria, vitamin kesuburan pria | Leave a comment
Tes Kesuburan Pria
Posted by kesuburan pria

Infertilitas adalah ketidaksuburan yang dialami baik oleh seorang pria maupun wanita. Untuk menunjang proses kehamilan, bukan hanya dari pihak wanita saja yang harus bekerja keras, namun untuk mendapatkan pembuahan faktor penunjang dari laki-laki dalam bentuk sperma yang sehat juga harus diperhatikan. Karena walaupun sel telur wanita sudah matang, namun jika sperma lelaki tersebut kurang sehat atau mengalami ketidaksuburan tidak akan mendapatkan kehamilan yang diinginkan.

Cara memeriksakan dan mengetahui kesuburan seorang pria dapat dilakukan dengan analisis sperma. Analisis sperma adalah pemeriksaan kesuburan yang paling mudah dilakukan dan dapat menyajikan data yang akurat dan terpercaya secara medis tentang kondisi kesuburan pria yang bersangkutan.
Tujuannya adalah untuk mengetahui kualitas sperma. Pemeriksaan ini tidak boleh disepelekan terutama oleh para pekerja laboratorium saat melakukan penyimpanan hingga pencitraan sperma dengan mikroskop khusus.

Sperma merupakan cairan yang tersusun dari berbagai produk organ-organ pada sistem reproduksi pria. Secara lebih rinci, komposisi di dalam sperma antara lain : spermatozoa, cairan yang diproduksi oleh kelenjar-kelenjar tambahan yang mengandung nutrisi dan pelindung spermatozoa serta pelumas.
Berdasarkan komposisi tersebut, analisis sperma akan mampu menghasilkan data yang akurat dan dapat dijadikan sebagai alat untuk mengukur dan menentukan tingkat kesuburan seorang pria.
Posted in Kesuburan Pria | Tagged buah untuk kesuburan pria, cara meningkatkan kesuburan pria, cek kesuburan pria, kesuburan dan kehamilan, kesuburan pria, makanan kesuburan pria, makanan kesuburan untuk wanita, makanan penambah kesuburan pria, makanan untuk kesuburan perempuan, makanan untuk kesuburan pria dan wanita, makanan utk kesuburan wanita, mengetahui kesuburan pria, tes kesuburan pria, tingkat kesuburan pria | Leave a comment
Buah Untuk Kesuburan Pria
Posted by kesuburan pria

Makanan bergizi dan kegemukan bisa mempengaruhi kemampuan sperma untuk berenang menuju sel telur. Para ilmuwan pun mendorong pria untuk mengonsumsi buah-buahan dan biji-bijian untuk menngkatkan peluang berhasilnya pembuahan diluar.

Bagi pria yang sedang mengalami problem kesuburan, buah yang satu ini wajib dimakan teratur. Buah tropis yang punya puluhan jenis ini kaya sejumlah mineral yang bisa membuat pria jadi lebih subur.
Jika ternyata mengalami gangguan kesuburan atau infertilitas, buah pisang bisa menjadi solusi. Jika pria meningkatkan kesuburan sebaiknya makan pisang secara teratur.

Makan buah pisang segar mampu meningkatkan jumlah sperma dan membuat sperma lebih bagus kualitasnya. Pisang merupakan buah yang kaya akan kalium, magnesium, vitamin A, B1, C dan protein serta rendah garam.

Zat yang terkandung dalam pisang di kalim bisa meningkatkan kesubyran. Tidak s edikit pria yang mengalami masalah dengan infertilitas atau gangguan kesuburan. Infertilitas pria dapat disebabkan oleh berbagai masalah.
Posted in Kesuburan Pria | Tagged buah untuk kesuburan pria, cara meningkatkan kesuburan pria, cek kesuburan pria, kesuburan dan kehamilan, kesuburan pria, makanan kesuburan pria, makanan kesuburan untuk wanita, makanan penambah kesuburan pria, makanan untuk kesuburan pria, masa kesuburan pria, mengetahui kesuburan pria, tingkat kesuburan pria, vitamin kesuburan pria | Leave a comment
Makanan Untuk Kesuburan Pria Dan Wanita
Posted by kesuburan pria

Pola makan yang seimbang berguna untuk meningkatkan kesuburan dan libido. Bisa menjadi terapi kesuburan bagi pasangan yang baru menikah dan mengharapkan kehadiran si kecil. Kesehatan setiap pasangan suami istri berpengaruh pada kesuburan mereka. Dengan menerapkan pola makan seimbang dan berolahraga teratur , kesehatan dan kebugaran seksual dapat terjaga.

Kekurangan zat gizi tertentu dapat menyebabkan ketidaksuburan. Pasangan yang melakukan terapi kesuburan dapat menyusun perubahan pola makan dengan memperbaiki kandungan gizi agar pola makan lebih sehat.

1. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan organik,  ini baik sekali. Selain nilai gizinya lebih bagus, juga bebas pestisida yang dapat berdampak buruk bagi kesuburan. Namun bila menurut anda buah dan sayuran organik terlalu mahal, anda bisa membeli sayran serta buah-buahan lokal sebagai gantinya. Dengan syarat mencuci bersih sebelum mengonsumsinya.
Pilihlah buah-buahan yang cerah dan tinggi nilai nutrisinya. Anda dan pasangan bisa memilih jeruk, strawberry, pisangm apel serta anggur yang mengandung fruktosa, vitamin C juga asam folat untuk persiapan kehamilan.

2. Madu digunakan untuk meningkatkan kesuburan sepanjang sejarah, karena sangat kaya akan mineral dan asam amino yang menyuburkan sistem reproduksi dan merangsang fungsi ovarium. Dan dianggap sebagai super food untuk mendongkrak kesuburan.

3. Cabai, ini tentu bumbu dari segala hal yang menyangkut kesuburan, dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, memastikan bahwa sistem reproduksi mendapat pasokan sehat. Cabai juga merangsang produksi endorfin yang berarti kesuburan lebih meningkat, melepaskan stres, sehingga hormon bahagia beredar di sekitar tubuh anda dan juga merupakan sumber vitamin C yang membantu penyerapan zat besi.

4. Asupan makanan mineral seperti oyster, shellfish, sarden, udang, unggas, daging yang tidak berlemak, keju, telur, beras merah, whole grain, dan hati.
Posted in Kesuburan Pria | Tagged buah untuk kesuburan pria, cara meningkatkan kesuburan pria, cek kesuburan pria, kesuburan dan kehamilan, kesuburan pria, makanan kesuburan pria, makanan kesuburan untuk wanita, makanan penambah kesuburan pria, makanan untuk kesuburan perempuan, makanan untuk kesuburan pria, makanan untuk kesuburan pria dan wanita, mengetahui kesuburan pria, terapi kesuburan pria, tingkat kesuburan pria, vitamin kesuburan pria | Leave a comment
Vitamin Kesuburan Pria
Posted by kesuburan pria

Vitamin E sudah lama dikenal sebagai salah sati antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan pada jaringan tubuh, sehingga kesehatan jaringan dapat lebih terjaga dan fungsi kerjanya pun dapat lebih dioptimalkan. Untuk jaringan reproduksi terutama berfungsi untuk menjaga kesehatan sperma karena vitamin E terbukti mampu untuk melindungi membran sperma dari kerusakan akibat oksidasi. Dimana kita ketahui, rusaknya DNA sperma merupakan salah satu penyebab terjadinya ketidaksuburan.
Kekurangan vitamin E juga berpengaruh pada turunnya produksi enzim dan hormon-hormon kunci yang bertanggngjawab pada pembentukan sperma.

Vitamin C berfungsi meningkatkan kualitas sperma. Bagi perokok dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen minimal 500 mg per hari.
Vitamin B12 melancarkan produksi sperma. Sumber terbaiknya adalah daging sapi. Carnitin, asam amino penting yang berguna untuk menguatkan gerak sperma.

Zinc meningkatkan kadar testosteron dalam darah. Sumber terbaiknya adalah kerang-kerangan, kacang-kacangan, biji-bijian, khususnya kuaci dan gandum cokelat.  Asam folat meningkatkan kesuburan . SUmber terbaiknya adalah bayam, kangkung, dan jeruk.
Selenium membuat sperma lebih gesit. Sumber terbaiknya adalah ikan salmon.
Posted in Kesuburan Pria | Tagged buah untuk kesuburan pria, cara meningkatkan kesuburan pria, cek kesuburan pria, kesuburan dan kehamilan, kesuburan pria, makanan kesuburan pria, makanan kesuburan untuk wanita, makanan penambah kesuburan pria, makanan sehat untuk kesuburan, makanan untuk kesuburan perempuan, mengetahui kesuburan pria, meningkatkan kesuburan pria, terapi kesuburan pria | Leave a comment
Makanan Penambah Kesuburan Pria
Posted by kesuburan pria

Tidak semua pasangan suami istri langsung dikarunia buah hati setelah mereka menikah, terkadang ada yang harus menunggu sampai bertahun-tahun untuk mendapatkan momongan. Dan inilah beberapa buah dan sayur penambah kesuburan pria. Karena salah satu hal penting yang dapat membantu proses pembuatan anak adalah kesuburan suami, untuk itu perlu diketahui pola makan atau makanan yang di konsumsi sehari-harinya.

Aneka makanan seperti beberapa sayuran dan buah-buahan yang dapat meningkatkan kesubran sebenarnya sering kita temui, bahkan mungkin sering kita konsumsi setiap harinya. Berikut ini merupakan sayuran dan bah-buahan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Bersama vitamin C dan berakaroten dalam buah semangka, likopen dapat melawan berbagai jenis kanker. Dalam sebuah riset dilaporkan bahwa konsumsi likopen yang cukup pada pria bisa membantu menurnkan resiko kanker prostat. Mereka memiliki masalah dengan sperma, yakni jumlah sperma terbatas, struktur sperma tidak normal, dan pergerakannya lamban.

Semangka juga memiliki senyawa pembangkit gairah, yaitu sitrulin. Kerja senyawa ini diketahui setara dengan viagra. Senyawa kelompok asam amino ini dapat memicu produksi nitrit oksida, yang berperan dalam peningkatan kemampuan seksual pria.

Kerang-kerangan sangat dianjurkan karena memiliki kandungan zinc yang sangat tinggi.  Susu sebagai sumber kalsium yang tinggi.
Posted in Kesuburan Pria | Tagged buah untuk kesuburan pria, cara meningkatkan kesuburan pria, cek kesuburan pria, kesuburan dan kehamilan, kesuburan pria, makanan kesuburan pria, makanan kesuburan untuk wanita, makanan penambah kesuburan pria, makanan sehat untuk kesuburan, makanan untuk kesuburan pria, makanan utk kesuburan, makanan utk kesuburan wanita, mengetahui kesuburan pria, tingkat kesuburan pria | Leave a comment
Cara Meningkatkan Kesuburan Pria
Posted by kesuburan pria

Alasan untuk infertilitas dapat terjadi baik pada seorang wanita atau seorang pria. Ada beberapa metode alami yang dapat meningkatkan kesuburan di kedua jenis kelamin. Salah satu faktor penting tetap subur adalah gaya hidup sehat. Ketika seorang pria itu subur, kualitas dan kuantitas spermanya adalah faktor yang paling penting. Jika jumlah sperma rendah dan motilitas (perherakan sperma) mereka rendah, konsepsi ini bisa meningkat menjadi sangat sulit. Untungnya, ada metode untuk meningkatkan kualitas sperma tanpa perawatan kesuburan yang mahal.

Hal pertama yang harus dolakukan ketika memperbaiki infertilitas pria adalah mulai makan sehat dan cara yang benar untuk mempengaruhi untuk produksi dan motilitas sperma. Ada studi yang telah menunjukkan bahwa pembentukan sperma dapat ditingkatkan misalnya menambahkan biji labu dalam diet. Alasan untuk ini adalah biji labu mengandug seng dan asam lemak tak jenuh (lemak baik). Selain itu, minum cukup air setiap hari sangat bermanfaat.

Hal yang harus dihindari antara lain rokok dan alkohol. Mereka berdua dapat menurunkan kualitas atau jumlah sperma. Diet sehat berarti mengurangi jumlah tepung olahan dan gula. Di sisi lain, lebih dianjurkan produk gandum dan daging.

Olahraga berjalan sudah cukup baik, karena bisa dilakukan dimana saja. Berjalan di area terbuka pada pag hari paling dianjurkan , karena sinar matahari banyak mengandung vitamin D yang ternyata tidak hanya baik untuk tulang, tapi juga untuk kesuburan.

Pria yang mengalami stres akan berpengaruh pada kualitas sperma yang dihasilkan. Karena itu, kontrol stres diperlukan. Jika perlu lakukan akupuntur untuk mengurangi stres.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian