Saturday, December 14, 2013

Tips menjadi guru yang baik bagi anak-anak muridnya.

 Sebuah pepatah di Indonesia menyebutkan: guru, pahlawan tanpa tanda jasa. Memang tak mudah menjadi seorang guru yang mengajar sekaligus mendidik tunas bangsa. Namun tak sedikit pemuda-pemuda yang memilih pendidikan dan guru sebagai jalur hidupnya.

Apapun motifnya, mereka harus mempersiapkan diri menghadapi para murid yang memiliki beragam latar belakang. Satu sisi, para guru juga harus mencapai target sesuai kurikulum pendidikan.

Nah di hari peringatan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), berikut sejumlah cara untuk membantu para calon pendidik menjadi guru yang baik bagi anak-anak muridnya.

1. Tentukan bidang pendidikannya
Sebuah gelar sarjana saja tak cukup untuk menjadi seorang guru. Lengkapi pendidikan dan pengalaman Anda sesuai dengan bidangnya. Sehingga Anda lebih berkualitas dibanding orang yang hanya mengandalkan gelar sarjana untuk posisi sama.

2. Punya pengalaman bersama anak-anak
Jika melamar kerja untuk sekolah, sebaiknya Anda mencantumkan pengalaman sebelumnya berkenaan dengan anak-anak. Misalnya berpengalaman di sebuah komunitas anak-anak atau remaja. Itu bisa menjadi poin lebih untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda lamar.

3. Publikasi
Publikasilah apapun yang Anda tulis baik dalam bentuk jurnal maupun makalah. Semakin sering menulis, semakin terbuka kesempatan Anda untuk mengajar dan mendapatkan pekerjaan yang diincar.

4. Referensi
Dapatkan referensi yang bagus dari dosen maupun guru lainnya tentang Anda. Akan lebih baik bila orang yang memberikan referensi itu sudah dikenal dan profesional di bidangnya. Minta mereka untuk menulis kapabilitas dan kelebihan Anda di mata mereka.

5. Pelajari psikologi siswa
Tak selamanya deretan gelar menjadi kualifikasi yang bagus untuk seorang guru. Anda harus mengerti dan memahami psikologi anak-anak. Anda juga harus mengetahui apa yang anak-anak inginkan dari pelajaran.

6. Menggunakan dua bahasa
Banyak sekolah yang mengajarkan kurikulum dengan bahasa Inggris. Tapi nyatanya, Anda harus menggunakan bahasa setempat atau bahasa nasional saat menyampaikan materi. Sehingga para siswa dapat mengerti apa yang Anda ajarkan pada mereka.

7. Berinovasi
Berpikirlah inovatif untuk mengenalkan hal-hal baru saat menyampaikan materi di ruang kelas. Tunjukkan kemampuan Anda.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian