Tuesday, September 25, 2012

Tips menghindari virus Coronavirus

BULAN haji merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu umat Islam di dunia, termasuk Indonesia. Sebagian umat Islam pun menunaikan ibadah haji di bulan tersebut. Namun apa jadinya penyebaran virus menjadi momok mengkhawatirkan bagi calon jamaah haji sehingga menggangu kekhusukan beribadah?

Dokter spesialis penyakit dalam Ari Fahrial Syam mengakui pemberangkatan jamaah haji terganggu dengan berita penemuan Coronavirus yang menyerupai virus penyebab penyakit pernapasan akut SARS. Dua kasus yang ditemukan berasal dari seorang warga Arab Saudi dan Qatar.

Pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu mengatakan Coronavirus sama seperti virus lain yang menyebabkan gejala infeksi saluran pernafasan batuk dan sesak nafas. Jika keterlibatan paru bertambah berat, infeksi akan mengakibatkan gagal napas. Penularannya melalui batuk dan bersin.

Ia menyatakan perkembangan virus masih ditelusuri. Menurutnya, WHO dan otoritas kesehatan setempat belum menyatakan sesuatu yang serius sehubungan dengan virus baru tersebut sehingga tidak ada larangan untuk mengunjungi Timur Tengah.

Berita mengenai virus yang diduga mirip SARS itu tidak menjadi kendala. Jamaah haji Indonesia tetap bisa melaksanakan perjalanan ke Saudi Arabia.

Meskipun keberadaan virus baru ini tidak perlu dicemaskan, para jamaah haji harus tetap waspada dan  menjaga kesehatan selama berada di Tanah Suci. Berikut tips bagaimana menghindari risiko terkena virus tersebut:

1. Istirahat cukup dengan berusaha mengurangi aktivitas nonibadah.
2. Tetap mengonsumsi buah-buahan terutama kurma.
3. Hindari goreng-gorengan dan minuman dingin.
4. Perbanyak konsumsi air zamzam yang tidak dingin minimal 8 hingga 10 gelas sehari.
5. Gunakan selalu masker di tengah keramaian. Bawa beberapa lembar masker sebagai cadangan.
6. Tetap jaga daya tahan tubuh dengan tetap mengonsumsi makanan yang disediakan, dan juga maksimalkan waktu untuk istirahat.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian