Friday, August 5, 2011

Kantuk di bulan Puasa, ini solusinya??

Ngantuk mungkin sudah jadi salah satu godaan paling menggila dan juga menyebalkan sewaktu bulan puasa. Bagaimana tidak, jam tidur yang biasanya lumayan bisa membuat Anda lebih lama mengakrabi bantal, kini harus terpotong untuk makan sahur. Belum lagi bangun dini hari tidak memungkinkan Anda untuk tidur lagi karena sudah harus segera bersiap ke kantor.

Berada seharian di kantor sudah pasti perlu konsentrasi lebih untuk bisa tetap ‘stay tune’ menyelesaikan tumpukan tugas. Tapi keinginan untuk bekerja efektif jadi kontradiktif dengan kelopak mata yang seperti diganduli satu ton batu kali.

Kantuk hebat plus lemas karena kurang tidur khas bulan puasa malah membuat Anda tidak fokus dan makan gaji buta. Mau minum kopi, sudah jelas tidak mungkin, bisa-bisa setiap datang kantuk lantas puasa Anda batal dong.

Sebelum bos yang setengah mati bitchy-nya atau menggila sifat bossy-nya itu memergoki Anda tidur, dan menjadi murka, lebih baik ditangkal dari awal deh. Bila saja 'kantuk bulan puasa' itu terlanjur datang menteror, coba beberapa langkah di bawah untuk mengusirnya.

* Basuh membasuh. Kenalkan wajah mengantuk Anda dengan air. Cuci muka dengan air dingin adalah salah satu jalan yang bagus tepat untuk mengusir kantuk. Rasakan kesegarannya dan kembalilah bekerja.

* Terang. Apa yang Anda lakukan sebelum tidur ? Mematikan lampu? Kalau sudah sadar bahwa penerangan yang kurang (gelap) adalah potensial untuk tidur, maka hindari suasana remang-remang atau gelap tersebut. Bila mulai diserang kantuk, berdirilah di depan jendela sambil menatap ke arah yang terang. Banjirilah ruangan Anda dengan sinar matahari atau cahaya terang.

* Hindari kesunyian. Salah satu yang Anda butuhkan sebelum tidur di malam hari adalah suasana yang sepi. Untuk itu, bila tidak menganggu rekan sekantor dan tidak ada peraturan yang melarang, setel radio atau tape dengan irama ceria. Ini akan dapat meningkatkan kewaspadaan dan ketajaman otak Anda. Bila takut mengganggu, gunakan earphone.

* Hidung. Indera penciuman adalah salah satu yang bisa dimanfaatkan untuk menendang kantuk. Gunakan wewangian segar seperti mint atau wangi jeruk. Gantungkan wewangian padat di depan AC atau samping komputer Anda. Minyak angina dan balsam menjadi alternatif saat wewangian segar yang bersahabat sudah tidak mempan lagi melawan kantuk Anda.

* Akrabi kehijauan. Mata Anda butuh kesegaran. Kenapa tidak manfaatkan taman kecil di seputar kantor untuk sekedar duduk dan menikmati kehijauan rerumputan dan pepohonannya? Tentunya jangan mangkir terlalu lama ya, bisa-bisa si bos malahan mencak-mencak

* Shake it babe! Lakukan senam ringan. Tidak perlu langsung membayangkan segala macam gerakan rumit, cukup gerakkan kepala, tangan, kaki atau keliling sebentar ke meja teman ataupun lorong kantor.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian