Sunday, July 3, 2011

Jangan Mengeluh

Mendapati situasi kerja yang tidak lagi kondusif tentu akan menimbulkan beragam 'pemberontakan' dalam diri, mulai dari rasa kecewa, marah, dan rasa tidak nyaman, yang pada akhirnya akan berujung pada munculnya keluhan-keluhan terkait situasi tersebut.

Pada dasarnya keluhan-keluhan yang dirasakan oleh seorang pekerja itu merupakan reaksi yang alamiah ketika ada ketidaksepahaman antara diri kita dengan rekan kerja, atau dengan bos, atau dengan klien, atau bahkan dengan hal-hal yang sepele.

Namun apabila keluhan itu tidak segera tertangani dengan baik, baik dari pribadi yang mengeluh atau si penyebab keluhan itu, tentu lama kelamaan akan menurunkan kualitas diri kita, yang tidak hanya akan mengganggu performa kerjanya, tapi juga kualitas hidup.

Agar keluhan itu tidak menjadi boomerang bagi diri kita sendiri, berikut ini ada beberapa kiat untuk mengeliminasi keluhan-keluhan yang ada dalam lingkup kerja:

Introspeksi diri sendiri
Kadang, munculnya keluhan, sering tidak disadari justru berasal dari diri kita sendiri. Maka dari itu, sebelum mencari-cari siapa yang salah, ada baiknya kita melakukan introspeksi diri terlebih dahulu. Dengan demikian, minimal akan mengurangi beban pikiran kita sehingga tidak jadi stres sendiri.

Menerima perubahan sebagai 'angin segar'
Tak jarang, disaat 'zona aman' kita terancam oleh sebuah pembaharuan, dan kita belum siap untuk menerima perubahan itu, tentu akan menimbulkan kontra dalam batin kita. Dan ketika itulah, sikap antipati biasanya akan muncul.

Ketika sikap antipati muncul, tentu kita akan berupaya membentengi diri dari segala perubahan yang akan memasuki 'zona aman' kita, dan disitulah sebenarnya kita telah bersikap egois.

Namun perubahan itu tidak selamanya menakutkan? Cobalah untuk lebih rileks menerima hal-hal baru itu sebagai penyegaran. Dan hasilnya, tidak selamanya buruk, kok! Karena jika sedari awal sudah berpikiran positif tentu hasilnya pun akan positif pula, bukan?

Coba dulu, baru berkomentar
Ibarat seorang koki yang harus terlebih dahulu mencicipi masakannya untuk menentukan rasa yang pas terhadap masakannya, tidak ada salahnya, bukan, mencoba hal yang kita anggap tidak sejalan dengan kemauan kita itu, sepanjang masih dalam koridor yang wajar?

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian