Tuesday, July 26, 2011

Ahli berbicara dalam pertemuan

Dalam setiap lingkungan sudah pasti Anda akan bertemu dengan pribadi-pribadi yang berbeda dan mempunyai karakter khas masing-masing. Bayangkan bila Anda sedang berada dalam suatu meeting darurat, lalu seorang rekan Anda menyampaikan maksudnya dengan bertele-tele dan terkesan rumit. Padahal setelah Anda dengarkan ternyata apa yang dimaksudkannya adalah suatu hal yang sangat sederhana! Buang waktu? Pastinya!

Selain buang waktu karena bertele-tele, sudah sangat untung bila lawan bicaranya mengerti. Bisa-bisa waktu lebih terbuang lagi dan pikiran jadi tambah sesak cuma untuk mencerna maksud dari penyampaian maksud yang berputar-putar tersebut.

Bila Anda malah seakan tersadar bahwa Anda sering melakukan hal di atas, sebaiknya sih berhati-hati karena sifat yang satu ini bisa membuat orang menjauh dari Anda. Belum lagi juga dapat menghambat karir dan pekerjaan. Coba koreksi dan kembangkan kemampuan Anda untuk berbicara agar sifat ini dapat tersingkirkan dengan sendirinya..

1. Jangan mengulang menjelaskan hal-hal yang sudah dipahami
Jagalah lidah Anda agar jangan mengulang-ulang komentar atau pendapat yang Anda maksud. Hal ini hanya bagus dilakukan bila lawan bicara tidak mendengar atau menunjukkan gelagat tidak mengerti. Lanjutkan alur pembicaraan setelah mengulang maksud Anda.

2. Jangan mengulang apa yang ditelah dikatakan orang lain
Berpikirlah original dan ungkapkan ide-ide atau pemikiran baru dalam diskusi. Jangan mengulang apa yang telah disampaikan oleh orang lain. Yakinlah, tidak ada orang yang ingin mendengarkan hal yang sama diulang-ulang kembali.

3. Tidak perlu bahasa 'bunga'
Pilih susunan kalimat yang singkat tapi jelas. Kalimat sederhana namun tepat dalam mengekspresikan maksud adalah bagus. Bila dalam tulisan kalimat bisa diedit, editlah kalimat Anda sebelum Anda lontarkan. Tidak perlu tambahan kalimat yang 'berbunga-bunga' atau penuh bumbu, kecuali Anda sedang membuat karya sastra.

4. Ritme bicara
Jagalah ritme bicara Anda dengan pas. Cepat-lambatnya seseorang berbicara mempengaruhi apakah orang lain dapat mengerti atau tidak apa yang hendak disampaikan. Bila Anda berbicara layaknya kereta api shinkansen, bisa-bisa apa yang hendak Anda sampaikan malah tidak jelas karena saking cepatnya. Sebaliknya, ritme yang terlalu pelan/lambat juga harus dihindari karena ini membuat lawan bicara mampu menyela pembicaraan atau malah menjadi bosan.

5. Hindari lelucon tidak konteks
Salah satu hal yang sangat penting dalam sebuah meeting, joke. Jangan berusaha membuat lelucon-lelucon 'garing' yang malah menjatuhkan kredibilitas Anda. Walaupun di kepala Anda leluconnya sangat lucu, belum tentu bisa diadaptasi oleh setiap orang. Dan lagi mengemukakan ide inovatif dalam meeting akan lebih dihargai dari pada hanya melontarkan joke tidak lucu dan di luar konteks.

6. Jangan lontarkan 'uh', 'errgh', 'eh' dan teman-temannya
Kehabisan kata-kata adalah yang hal wajar, tapi sebisa mungkin jangan ungkapkan secara verbal dengan 'uh', 'um', dan 'eh' yang biasanya digunakan saat kita gugup atau kehabisan kata-kata. Ini malah akan membuat orang tahu Anda sedang tidak menguasai pembicaraan, lebih baik diam sebentar dan gunakan untuk berpikir.

7. Pintar-pintar pilih topik
Hindari membicarakan masalah yang hanya dimengerti oleh Anda dan segelintir orang, apalagi masalah pribadi yang tidak relevan. Ingat, tidak semua orang menngerti dan menganggapnya penting. Pembicaraan yang lebih pribadi dipisahkan dalam sesi khusus setelah meeting selesai.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian