Monday, August 23, 2010

7 Kiat Menghindari Penculikan Anak


Penculikan anak kembali marak terjadi. Aksi kriminalitas ini pun terjadi dalam beragam motif. Hal ini tentu saja semakin meresahkan dan mengelisahkan para orang tua. Penculik pun semakin pintar saja beraksi dan mencuri kesempatan saat orang tua lengah.

Para orang tua yang bekerja di luar rumah menjadi tak pernah merasa tenang, saat meninggalkan buah hatinya di rumah.

Dan berikut ini beberapa kiat untuk menghindari penculikan anak.

1. Ingatkan anak untuk waspada pada orang asing

Jelaskan pada anak agar tidak percaya pada orang lain begitu saja, terutama kepada orang yang belum dikenal baik. Sikap waspada ini dapat diajarkan pada anak dengan cara menolak diajak pergi atau menolak hadiah yang diberikan orang lain tanpa ijin dari orang tua, serta tidak sembarangan mempersilahkan orang asing masuk ke dalam rumah. Saat keluar beraktivitas di luar rumah pun pastikan si kecil ditemani orang dewasa yang bertanggung jawab akan keselamatannya.

2. Ciptakan komunikasi intens dengan si kecil dan pihak sekolah

Sesibuk apapun Anda di luar rumah, pastikan untuk tetap berkomunikasi dengan anak. Hal ini untuk mengetahui keadaan dan kegiatan yang sedang diikuti si kecil. Berkomunikasilah juga dengan pihak sekolah, karena setidaknya Anda harus tahu persis jam belajar sekolah usai, dan siapa yang mengantar si kecil berangkat dan pulang sekolah. Beritahukan pihak sekolah siapa yang Anda percaya untuk mengantar dan menjemput si kecil.

3. Ajarkan si kecil, kapan dan dimana seharusnya memberikan informasi keluarga

Saat mengajak si kecil di tempat keramaian, seperti mal, ajari si kecil untuk tidak memisahkan diri dari orang tua atau pengasuh. Bekali mereka dengan pengetahuan tentang lokasi petugas bagian informasi atau satpam. Berikan nomor telpon dan alamat rumah dengan lengkap, hal ini untuk memudahkan si kecil mencari saat terpisah dari Anda.

Namun, biasakan pula si kecil untuk tidak sembarangan memberikan informasi mengenai keluarga, tentang kebiasaan-kebiasaan atau jadwal orangtua, nomor telpon dan alamat rumah kepada orang asing yang bertanya, baik secara langsung atau melalui telpon. Karena informasi-informasi penting ini dikhawatirkan akan disalahgunakan untuk niat jahat seseorang.

4. Tetap waspada pada orang-orang terdekat

Anda harus semakin cermat memilih orang-orang yang dipekerjakan di rumah, terutama pengasuh, pembantu ataupun supir. Lakukan pengecekan terhadap identitas dan kredibilitas mereka kepada agen penyalur tenaga kerja. Jika merasa kurang percaya dengan pekerja di rumah untuk menjemput si kecil di sekolah, sebaiknya usahakan agar Anda yang mengantar jemput.

5. Bekali si kecil dengan ilmu bela diri

Tak dipungkiri, teknik dasar ketrampilan bela diri sangat diperlukan saat menghadapi orang-orang yang berniat jahat. Karenanya ajarkan teknik dasar membela diri pada si kecil, agar mereka bisa menghadapi penculik yang berkeliaran di luar rumah. Beritahukan pada si kecil tentang tindakan yang harus dilakukan saat ada orang yang berusaha menculiknya. Misal, berteriak minta tolong, segera lari ke pos penjagaan atau berusaha menarik perhatian orang di sekitarnya.

6. Perhiasan dan barang-barang mahal membahayakan si kecil

Sebagai orang tua, Anda terkadang ingin dilihat sebagai orang tua yang mampu dalam hal materi. Si kecil pun lantas dijadikan sebagai objek yang dilengkapi dengan perhiasan menyolok, dibekali gadget keluaran terbaru saat ke sekolah atau BlackBerry plus nomor pinnya. Berhati-hatilah, karena keinginan Anda itu bisa memancing penculik datang mendekat dan mengincar si kecil.

7. Tanggap terhadap bahaya penculikan

Dan saat penculikan telah benar-benar terjadi, Anda pun tahu kemana harus melaporkan kejadian tersebut. Jangan takut melaporkan kasus penculikan tersebut ke pihak kepolisian meski para penculik mengancam.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian