Thursday, July 1, 2010

Resign : Ciptakan suasana yang baik

Menerima tawaran bekerja di perusahaan baru saat Anda masih terikat kontrak kerja di perusahaan lama memang bukan hal yang mudah untuk diputuskan. Tapi jika Anda menginginkan perubahan yang lebih baik, tak ada salahnya kan untuk dicoba?

Namun ternyata dibalik keputusan Anda untuk resign tentunya akan memunculkan masalah baru. Untuk menyikapinya, bijak rasanya jika pengunduran diri Anda ini harus berdasar langkah yang bijak pula.

Cermati lagi perjanjian kontrak kerjasama dengan perusahaan lama, jangan sampai Anda menyalahi perjanjian yang sudah disepakati bersama.

Katakan pada atasan Anda terlebih dulu tentang keinginan Anda untuk resign dari perusahaan. Atasan Anda harus mendengar kabar ini langsung dari Anda sendiri bukannya dari selentingan kabar yang beredar di lingkungan kantor.

Beritahukan kepada atasan setidaknya dua minggu sebelum Anda resign. Setidaknya selama periode itu, perusahaan akan segera mencari pengganti yang akan menduduki posisi Anda.

Tinggalkan kesan yang baik. Jangan pernah meninggalkan kesan bahwa kepindahan Anda karena alasan yang bersifat pribadi dan subyektif. Jika Anda mengatakan secara gamblang dan terbuka, sebagai atasan yang profesional tentu ia akan memahami Anda.

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih pada bos Anda atas kesempatan kerja yang telah diberikan pada Anda selama ini. Sekaligus sampaikan pernyataan maaf Anda jika mungkin ada kesalahan yang Anda perbuat.

Bersikaplah rendah diri. Jangan membual dan melebih-lebihkan diri tentang pencapaian karir Anda yang pasti akan lebih menjanjikan di tempat baru.

Jangan menghina / menyepelekan bos atau rekan-rekan Anda di perusahaan lama. Terlepas benar atau tidak, tunjukkan Anda sangat menyesal meninggalkan pekerjaan dan rekan-rekan yang Anda cintai di perusahaan lama.

Tetaplah bertanggung jawab terhadap sisa pekerjaan yang harus Anda selesaikan. Jangan sampai Anda meninggalkan pekerjaan yang belum terselesaikan saat Anda keluar dari perusahaan lama.

Meski memasuki hari-hari terakhir bekerja dan sebentar lagi Anda bukan lagi menjadi bagian dari institusi kerja di perusahaan lama namun bukan berarti Anda bisa seenaknya dan tak peduli pada peraturan-peraturan di kantor lama. Tetaplah bekerja dengan benar dan tunjukkan bahwa Anda profesional.

Anda berhak mendapatkan imbalan dan kompensasi atas kerja keras Anda selama bekerja di perusahaan lama, karena itu teliti lagi buku pedoman karyawan tentang hak-hak yang harus Anda dapatkan.

Atur file-file kerja Anda dengan rapi. Ini memudahkan rekan pengganti Anda menemukan bahan-bahan penting terkait pekerjaan Anda dulu. Ini juga meringankan beban karena Anda yang telah disibukkan dengan aktivitas di kantor baru tidak perlu repot 'diganggu' pengganti Anda yang meminta penjelasan terkait tanggung jawab yang dilimpahkan kepadanya.

Sortir apa saja yang harus Anda bawa dan apa saja yang harus Anda tinggalkan. Jangan tinggalkan berkas-berkas pribadi seperti resume Anda kepada perusahaan baru, foto diri atau buku harian.

Melatih pengganti. Ini penting, karena pekerjaan Anda dengan tanggung jawab yang besar tentu harus dikuasai dengan baik oleh rekan pengganti Anda nantinya.

Terakhir, jangan mengambil apapun yang bukan menjadi milik Anda. Ini termasuk perlengkapan alat tulis atau barang-barang inventaris kantor.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian