Friday, July 14, 2017

Cara Mengasah Kosakata Agar Bisa Berbicara Tenang di Depan Banyak Orang

Cara seseorang berbahasa dan berbicara mencerminkan apakah dia cukup cerdas, terdidik, dan kompeten. Banyak penelitian menunjukkan korelasi yang erat antara kesuksesan dan penguasaan kosakata seseorang saat berbicara.

Namun sayang, pada umumnya kita hanya memanfaatkan secuil saja dari kosakata kita yang menggunung.

Buku Charisma Effect mengungkapkan beberapa cara mengasah kosakata agar bisa berbicara dengan tenang di depan banyak orang, yaitu:

1. Uji kemampuan
Sebagai langkah awal ujilah kemampuan kosakata Anda. Anda dapat mengujinya dengan mengunjungi situs-situs tes kosakata seperti www.javacamp.org.

2. Belajar satu kata baru
Pelajarilah satu kata baru setiap hari. Kemungkinan dalam tiga bulan, Anda sudah mengumpulkan dan bisa menggunakan tak kurang dari seratus kata baru.

Anda bahkan dapat menerima email berisi satu kata baru berikut definisinya setiap hari dengan mengakses http://dictionary.reference.com.

3. Mencari persamaan kata
Pelajari keterkaitan setiap kata: pelajarilah bagaimana hubungan setiap kata dengan kata-kata lainnya dengan mengunjungi www.visualthesaurus.com.

4. Melengkapi kalimat
Melengkapi kalimat: bersenang-senang dengan latihan melengkapi kalimat dan mengisi test kosakata melalui www.majortests.com.

5. Banyak membaca
Banyak-banyaklah membaca: Biasakan mencari kata-kata baru, dan jika Anda tak mengerti maknanya, bacalah buku-buku yang memperkaya kosakata Anda.

6. Kursus
Ikuti berbagai kursus: perdalam pengetahuan Anda tentang kesenian, musik, teater, kesusastraan, bahasa, filsafat, sains dan psikologi, yang memberikan wawasan dan sudut pandang baru dalam menyikapi suatu ide dan menyampaikan kepada orang lain.

7. Mendengar
Pasang telinga Anda: sempatkan mendengarkan pembicaraan orang-orang yang pandai berbicara – sebisa mungkin hindari politisi, atlet dan selebriti lainnya, karena sebagian besar dari mereka hanya membeo dan menirukan ungkapan yang sudah usang.

8. Bicara
Bicaralah dengan orang lain: carilah cara agar Anda dapat asyik larut di dalam percakapan yang mendalam dan menantang kecerdasan Anda.

Nah, itu tadi beberapa cara mengasah kosakata agar bisa berbicara dengan tenang di depan banyak orang. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian