Saturday, February 15, 2014

Pola makan yang dianjurkan agar selalu jauh dari risiko kanker

Beberapa jenis kanker bisa dicegah hanya dengan menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan selalu menjaga pola makan. Seperti apakah pola makan yang dianjurkan agar selalu jauh dari risiko kanker?

"Pertama, harus banyak makan sayur dan buah. Sangat banyak," pesan Prof Soehartati Gondhowiardjo, PhD, Kepala Departemen Radioterapi RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Buah dan sayur merupakan sumber serat alami yang penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, kedua sumber makanan tersebut juga banyak mengandung vitamin sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Kanker sering dipicu oleh radikal bebas.

Pesan lain yang disampaikan oleh Prof Tati, demikian sapaan dokter yang juga menjabat sebagai Presiden Indonesian Radiation Oncology Society (IROS) tersebut, adalah mengurangi bahan pengawet, pewarna, dan penyedap rasa. Memang susah untuk menghindarinya sama sekali, tetapi paling tidak harus dikurangi.

Tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah pemilihan lauk pauk saat makan. Prof Tati mengatakan, sumber protein hewani yang berasal dari hewan budi daya sebaiknya dikurangi dan beralik ke makanan laut. Memilih makanan laut pun sebaiknya tidak sembarangan.

"Yang bagus adalah yang diambil dari laut tengah. Kalau laut permukaan biasanya banyak merkuri, sedangkan yang dari laut dalam juga sama, karena makanannya adalah ikan dari permukaan," kata Prof Tati.

Terakhir, Prof Tati berpesan untuk menjauhi rokok dan alkohol.

Detik

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian