Monday, February 2, 2015

Bahayanya Apel yang terkontaminasi bakteri

The Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat melaporkan total ada 32 orang di 11 negara bagian terinfeksi bakteri. Dilaporkan pula 31 orang dirawat di rumah sakit dan 7 nyawa melayang.

Tiga kasus kematian dipastikan terkait bakteri Listeria monocytogenes, yang ditemukan dalam makanan olahan dari apel Granny Smith dan Gala. Apa bahaya bakteri ini?

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan Prof Dr Tjandra Yoga Aditama mengatakan ada 4 gejala klinis yang timbul akibat infeksi Listeria yaitu:

Pada wanita hamil, dapat menimbulkan gejala seperti flu, sampai lebih berat sampai keguguran dan bahkan kematian.

Infeksi pada bayi baru lahir (neonatal), dapat berupa sepsis atau meningitis (radang selaput otak).
Gangguan sistem saraf seperti kelumpuhan, meningitis, meningoensefalitis, abses otak, dengan keluhan kaku kuduk, demam, kejang, dan sebagainya.
Gangguan saluran cerna seperti muntah, diare, demam, dan sebagainya.

"Kadang-kadang gangguan jantung," tambah Tjandra.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes, dr HM Subuh, MPPM mengatakan pencegahan secara total sulit dilakukan. Namun infeksi bakteri Listeria monocytogenes penyebab listeriosis bisa dihindari dengan menerapkan beberapa langkah sebagai berikut:

Bilas bahan mentah dengan air mengalir, seperti buah-buahan dan sayuran, sebelum dimakan, dipotong, atau dimasak. Bahkan jika hasil tersebut sudah dikupas, tetap harus dicuci terlebih dahulu.
Menggosok produk hasil pertanian, seperti melon dan mentimun, dengan menggunakan sikat bersih sebelum disimpan, dan keringkan produk dengan kain bersih atau kertas.
Pisahkan daging mentah dan unggas dari sayuran, makanan matang, dan makanan siap saji.
Cuci peralatan masak, berupa alat atau alas pemotong, yang telah digunakan untuk daging mentah, unggas, produk-produk hewani sebelum digunakan pada produk makanan lainnya.
Cuci tangan menggunakan sabun sebelum mengolah makanan, dan saat akan makan.

"Pencegahan secara total mungkin tidak dapat dilakukan. Namun makanan yang dimasak, dipanaskan, dan disimpan dengan benar umumnya aman dikonsumsi karena bakteri ini akan mati pada temperatur 75 derajat celcius," papar Subuh.


Sumber: detikcom

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih atas Komentar anda..

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian