REGINA PATRICIA

REGINA PATRICIA THEYSER.

ANTHONNY WILLIAM

ANTHONNY WILLIAM THEYSER

GINA DAN AMA

GINA DAN AMA.

SENAM SEHAT - SEHAT JASMANI

AJAK ANAK-ANAK KITA UNTUK BEROLAHRAGA DAN POLA HIDUP SEHAT.

SEHAT JASMANI DAN ROHANI

SEHAT JASMANI DAN ROHANI - MEMBENTUK GENERASI MUDA YANG MAMPU BERKOMPETISI.

Wednesday, November 30, 2011

Tips mendinginkan suasana dengan pasangan

1. Tenang.
Ambil jeda waktu beberapa menit ketika muncul perasaan ingin ‘meledak’. Anda bisa pergi ke ruangan lain dan lepaskan ‘ledakan’ itu di sana. Bila perlu, ambil waktu lebih panjang. Setelah tenang, temui kembali pasangan dan selesaikan masalah dengan kepala dingin.

2. Selalu dan Tidak Pernah.
“Kamu selalu begitu!” atau “Kamu tidak pernah mengerti perasaanku!” Ucapan ini sering terlontar ketika Anda marah dengan pasangan. Padahal, penggunaan kata-kata tersebut akan semakin memperuncing pertengkaran. Hindari ucapan tersebuat atau coba katakana lebih spesifik dan jelas.
3. Stop Ultimatum.
Apa pun masalahnya, pertengkaran bukan akhir sebuah hubungan. Jadi, jangan mengeluarkan ultimatum atau mendeklarasikan hubungan Anda telah berakhir. Fokuskan perhatian pada inti masalah. Jangan biarkan diri Anda terbawa suasana.

4. Jangan Pernah Mengatakan Benci.
Apap pun yang Anda rasakan saat bertengkar, jangan pernah sekalipun mengeluarkan ungkapan ‘benci’. Apalagi jika sebenarnya Anda tidak bermaksud seperti yang Anda katakan.

5. Toleran.
Taktik yang bagus untuk menenangkan dan mendinginkan suasana pertengkaran adalah dengan berkata lembut dan halus pada pasangan yang sedang ‘panas’ hati. Bersikaplah lebih toleran, sabar dan tempatkan diri Anda pada posisinya (empati). Jika Anda tidak pernah melakukan hal ini pada pasangan, jangan harap dia akan berbuat sama pada Anda.

6. Jangan Mengungkit Masalah.
Maksudnya, jangan mengomentari pertengkaran yang telah lewat secara berlebihan. Tidak penting siapa yang mulai menyela atau berteriak, jika Anda dan dia telah setuju dan berdamai. Hentikan tindakan atau ucapan yang dapat menyulut pertengkaran baru.

7. Say Sorry.
Kata ini memang memiliki kekuatan magis yang besar dan bekerja sangat baik dalam menyelesaikan pertengkaran. Mintalah maaf kalau pernah berlaku tidak baik selaa pertengkaran, meski Anda merasa tidak bersalah dalam pertengkaran tersebut.

Tips agar orang lain menyukai kita


1. Sungguh-sungguh berminat terhadap orang lain.
Cara pertama membuat orang lain menyukai kita adalah dengan menunjukkan minat terhadap orang lain. Berminat terhadap orang lain dapat berarti suka bergaul dan berinteraksi dengan orang lain. Hal ini berkaitan erat dengan tingkat kecerdasan sosial yang kita miliki. Semakin baik kecerdasan sosial yang kita miliki, akan memudahkan kita untuk bergaul dan berinteraksi dengan orang lain. Hal inilah

nantinya yang akan membuat orang lain tersebut menyenangi diri kita. Selain itu, kita akan mendapatkan lebih banyak kawan dalam waktu 2 bulan dengan cara menjadi tertarik pada orang lain dibandingkan dengan yang kita peroleh dalam waktu 2 tahun dengan cara mengusahakan orang lain tertarik pada anda.

2. Tersenyumlah
Prof. James V. Mc Connell, seorang psikolog dari Michigan pernah berkata: “Orang yang tersenyum, cenderung mampu mengatasi, mengajar dan menjual dengan lebih efektif dan membesarkan anak-anak yang lebih bahagia”. Pembaca yang budiman, dengan tersenyum kepada orang yang kita jumpai, menunjukkan bahwa kita senang berjumpa dengan dia. Senyuman yang tulus bermakna bahwa kita sedang merasa senang. Dan rasa senang merupakan salah satu bentuk emosi positif yang dapat kita “tularkan” kepada orang lain. Kondisi yang menyenangkan inilah yang memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan lebih baik.
Nah, bagaimana kalau pada saat itu kita tengah mendapatkan masalah? Paksakan diri untuk tersenyum. Latihlah diri kita untuk mampu tersenyum bagaimanapun masalah menghimpit kita. Dengan memaksakan diri untuk tersenyum, akan mampu mengurangi rasa kesal/marah/sedih yang timbul karena adanya masalah.

Penulis tertarik dengan sebuah pepatah Cina kuno yang mengatakan: “Seseorang tanpa wajah tersenyum tidak boleh membuka toko”. Apa makna dari pepatah tersebut? Ya…. Senyuman yang diberikan oleh pelayan toko, akan membuat pembeli merasa senang untuk belanja di toko tersebut yang pada gilirannya nanti akan menjadi pelanggan setia. Makna yang lebih luas adalah dengan tersenyum kepada seseorang akan membuat orang tersebut menyukai kita dan segala hal yang berhubungan dengan kita(termasuk usaha kita).

3. Ingatlah nama seseorang
Yakinkah pembaca bahwa rata-rata orang menaruh minat kepada namanya sendiri dari pada nama orang lain di dunia ini? Oleh sebab itu, agar kita disenangi oleh orang lain maka kita perlu menyebut nama orang tersebut ketika bertemu dengannya. Ingatlah dengan baik nama orang itu, dan panggil nama itu dengan nada yang bersahabat. Jika hal itu sudah dilakukan, maka berarti kita sudah memberikan pujian kepadanya.
Hati-hati, jangan sampai salah menyebut nama seseorang, karena hal itu akan menimbulkan rasa yang kurang enak dihati orang yang punya nama. Kita juga tidak boleh lupa dengan nama seseorang yang pernah kita temui. Hal ini memang sulit dilakukan. Bisa jadi karena kita jarang bertemu, atau baru ketemu sekali dengan rentang waktu yang lama. Bisa juga disebabkan karena kita tidak meluangkan waktu, energi dan konsentrasi untuk mengingat nama seseorang. Oleh sebab itu, agar kita disenangi oleh orang lain, mari kita berlatih untuk mengingat nama seseorang. Ingatlah:”nama mempunyai keajaiban dan merupakan milik orang itu”.

4. Jadilah pendengar yang baik
Tuhan menciptakan manusia dengan satu mulut dan dua telinga. Hal ini berarti kita diminta untuk lebih banyak mendengar daripada berbicara. Menjadi pendengar yang baik. Orang lebih suka kepada pendengar yang baik daripada pembicara yang baik. Menjadi pendengar yang baik merupakan suatu keterampilan dan kemampuan yang jarang dan susah untuk dimiliki.
Dale carnegie mengingatkan bahwa: “ orang yang menjadi lawan bicara anda seratus kali lebih tertarik dengan diri mereka, keinginan, masalah mereka dibandingkan dengan minat mereka pada anda dan masalah anda”

Oleh sebab itu, kita perlu mempelajari dan memiliki keterampilan menjadi pendengar yang baik. InsyaAllah, penulis akan mencoba menulis hal tersebut diwaktu mendatang.

5. Buat orang lain merasa penting
Cara terakhir yang dikemukakan oleh Carnegie adalah buat seseorang merasa dirinya penting. Apabila kita hanya mementingkan diri sendiri, sehingga tidak mampu memberikan perhatian dan penghargaan kepada orang lain, kita akan menemui kegagalan. Merasa diri kita orang penting dan menggangap remeh orang lain bukanlah suatu sikap yang terpuji. Hal itu akan menyebabkan kebencian terhadap diri kita. Orang akan cenderung menjauhi kita.

6. Bicarakan minat-minat orang lain
Sebagaimana yang telah dikemukakan diatas, bahwa orang lebih suka dan tertarik untuk membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan dirinya. Salah satunya adalah minat yang dimilikinya. Jika anda mengetahui bahwa orang yang menjadi lawan bicara anda menyukai masalah politik, ajaklah dia berbicara tentang situasi politik yang sedang berjalan. Tunjukkan kepadanya bahwa anda juga berminat terhadap masalah politik dengan memberikan berbagai tanggapan. Doronglah dia untuk berbicara lebih jauh tentang hal tersebut, sehingga menimbulkan semangat dalam diri mereka.

Adanya semangat untuk berbicara dengan kita, serta keinginan kita untuk membicarakan hal-hal yang menjadi minatnya itulah yang nantinya membuat dia menyenangi kita. Dia merasa nyaman dan enak bergaul dengan kita.

Monday, November 28, 2011

Tips Sukses jadi BOS Cewek


MENJADI seorang atasan memang akan memang kita merasa lebih senang. Namun, menjadi seseorang yang berkuasa sekaligus bertanggung jawab terhadap sebuah pekerjaan memang tak mudah, terlebih bagi perempuan. Berikut tips dari tiga perempuan sukses menjadi atasan yang baik:

a. Nancy Dubuc, Presiden sekaligus General Manager Lifetime dan History Networks

1. Majukan karier sendiri dengan orang yang bisa benar-benar dipercaya sebagai bawahan agar pekerjaan lancar, karier Anda sendiri pun akan cemerlang.

2. Ambillah setiap yang ada dan gunakan untuk pengembangan diri. Temukan hal yang Anda rasa perlu untuk diperbaiki dan luangkan waktu untuk mempelajarinya.

3. Bila menghadapi sebuah masalah, lihatlah sebagai kesempatan belajar dan tantangan manajemen. Tangani masalah dengan rasa tenang serta kontrol dan tanggung jawab untuk orang-orang di sekitar Anda.

b. Carolyn Everson, Wakil Presiden dan Global Marketing Solutions Facebook

1. Mengambil keuntungan dari kesempatan
"Saya tidak pernah merencanakan bergelut dalam dunia pemasaran dan bisnis media, khususnya di Facebook. Kita memang tidak bisa merencanakan segalanya."

2. Percaya diri
"Miliki keyakinan atas apa yang dapat Anda lakukan. Kebanyakan orang sukses bisa mengalami kemunduran. Jangan kaget dengan hal itu, jadikanlah kekuatan."

3. Hati-hati memperlakukan orang lain
"Reputasi Anda adalah hal yang paling penting. Jika salah dalam memperlakukan orang lain, itu bisa menjadi boomerang bagi Anda."

4. Menikahi orang yang luar biasa
"Menikahlah dengan suami yang juga bisa menjadi ayah yang baik. Suami saya adalah mitra yang luar biasa dan saya mungkin tidak bisa melakukan semua ini tanpa dia."

c. Natalie Massanet, Pendiri dan Kepala Eksekutif Net-a-Porter

1. Kuasai bidang pekerjaan
"Yang penting adalah mengetahui apa yang akan Anda lakukan dan menjadi ahli di dalamnya. Jangan melakukan sesuatu yang tidak Anda kuasai sama sekali. Pastikan Anda memiliki keahlian atau pengetahuan dasar."

2. Kembangkan model bisnis yang layak
"Mulai dari hal kecil, lakukan segala sesuatunya dengan indah, memiliki orang yang tepat di sekitar Anda, dan pastikan apa yang Anda lakukan menghasilkan uang, karena Anda tidak bisa mempertahankan sebuah bisnis yang tidak menghasilkan uang. Kedengarannya sederhana, tapi banyak orang tidak tahun bagaimana mereka akan menghasilkan uang."

3. Lakukan hal pertama dengan benar
"Jangan pernah lupa bahwa Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk membuat kesan pertama. Baik itu dengan investor, pelanggan, dengan humas, dan pemasar."

4. Rencanakan jangka panjang
"Ketika saya mulai, seluruh gaji saya habis membayar pengasuh. Namun, saya tahu pendapatan saya akan meningkat. Maka itu, ketika memulai sesuatu, pastikan bahwa hasilnya akan berkembang.

Sunday, November 27, 2011

Kiat Sukses menapaki usaha dan bisnis


Ternyata menurut beberapa penelitian yang dilakukan, terdapat 13 karakter yang membuat seseorang dapat menjadi sukses dalam menapaki usaha dan bisnis mereka.

1. Punya Cita-cita yang kuat, ingat… yang KUAT.

2. Tidak pernah takut untuk GAGAL.

3. Berani Keluar dari Comfort Zone, berani mengerjakan hal-hal yang tidak menyenangkan pada mulanya, mau mengorbankan kesenangan untuk sementara dan setelah itu akan menikmati kesenangan itu untuk selamanya.

4. Bertanggungjawab penuh untuk hasil yang ia dapatkan. Terutama jika gagal tidak menyalahkan siapapun.

5. Tidak pernah menunggu waktu yang menurutnya tepat untuk memulai sesuatu. Sehingga karena menunggu terus, tidak pernah mulai Action.

6. Mampu menyusun target pribadi.

7. Punya rencana kerja dan mengevaluasinya secara berkala.

8. Punya disiplin diri untuk mengerjakan langkah-langkah sesuai target. Jadi apa yang dilakukannya tidak berdasarkan ‘mood’, kadang suka kadang tidak.

9. Tahu cara memilah apa yang penting atau apa yang tidak penting yang dilakukannya, agar tercapai cita-citanya.

10. Selalu melihat keadaan yang tidak menyenangkan yang dihadapinya sebagai sesuatu yang sifatnya sementara dan selalu ada jalan keluar untuk itu.

11. Punya jiwa besar yang selalu memberikan dukungan terhadap orang lain, sehingga mampu melihat kesuksesan orang lain sebagai tantangan/motivasi untuk membuatnya lebih maju.

12. Selalu punya sikap positif terhadap apa yang didapatkannya. Karena di dunia ini dalam setiap hal selalu ada 2 hal yang datang bersamaan, ada positif dan ada negatif.

13. Selalu mampu bersyukur atas apa yang diterimanya. Sehingga mampu menikmati proses demi proses tahapan yang harus dilalui untuk menjadi orang yang sukses.

Cintailah aku apa adanya


Saya memiliki suami yang seorang insinyur. Saya mencintai sifatnya yang alami dan menyukai perasaan hangat yang muncul dihati saya ketika saya bersandar di bahunya yang bidang.
Setelah tiga tahun dalam masa perkenalan dan dua tahun dalam masa pernikahan, harus saya akui bahwa saya mulai merasa lelah. Alasan-alasan saya mencintainya dahulu telah berubah menjadi sesuatu yang menjemukan. Saya seorang wanita yang sentimentil dan benar-benar sensitif serta berperasaan halus.

Saya merindukan saat-saat romantis seperti seorang anak yang menginginkan permen. Tetapi semua itu tidak pernah saya dapatkan pada dirinya.
Suami saya jauh berbeda dari yang saya harapkan. Rasa sensitif-nya kurang. Ketidakmampuannya dalam menciptakan suasana yang romantis dalam pernikahan kami telah mementahkan semua harapan saya akan cinta yang ideal.

Suatu hari, saya beranikan diri untuk mengatakan keputusan saya kepadanya, bahwa saya menginginkan perceraian.
"Mengapa ?", dia bertanya dengan terkejut. "Saya lelah, kamu tidak pernah bisa memberikan cinta yang saya inginkan". Dia terdiam dan termenung sepanjang malam di depan komputernya, tampak seolah-olah sedang mengerjakan sesuatu, padahal tidak.
Kekecewaan saya semakin bertambah, seorang pria yang bahkan tidak dapat mengekspresikan perasaannya, apalagi yang bisa saya harapkan darinya ? (gumam ku di dalam hati). Dan akhirnya dia bertanya, "Apa yang dapat saya lakukan untuk merubah pikiranmu?".

Saya menatap matanya dalam-dalam dan menjawab dengan pelan, "Saya punya pertanyaan, jika kamu dapat menemukan jawabannya di dalam hati, saya akan merubah pikiran saya “.
Sayangku, seandainya saya menyukai setangkai bunga indah yang ada di tebing gunung, akan tetapi kita berdua tahu jika kamu memanjat gunung itu kamu akan mati, apakah kamu akan melakukannya untukku ?".

Dia termenung dan akhirnya berkata, "Saya akan memberikan jawabannya besok". Hati saya langsung gundah mendengar responnya.

Keesokan paginya, dia tidak ada di rumah, dan saya menemukan selembar kertas dengan coretan tangannya dibawah sebuah gelas yang berisi susu hangat. Disitu tertulis ... "Sayang, saya tidak akan mengambil bunga itu untukmu, tetapi ijinkan saya untuk menjelaskan alasannya". Kalimat pertama ini menghancurkan hati saya, namun saya melanjutkan untuk membacanya.

" Kamu sering mengetik di komputer dan selalu mengacaukan program-program di PC dan akhirnya menangis di depan monitor karena panik, namun saya selalu memberikan jari-jari saya supaya bisa membantumu dan memperbaiki programnya. Kamu selalu lupa membawa kunci rumah ketika kamu keluar, dan saya harus memberikan kaki saya supaya bisa mendobrak pintu dan membukakan pintu untukmu ketika pulang. Kamu suka jalan-jalan ke luar kota tetapi selalu nyasar di tempat-tempat baru yang kamu kunjungi, saya harus menunggu di rumah agar bisa memberikan mata saya untuk mengarahkanmu. Kamu selalu pegal-pegal pada waktu "teman baikmu" datang setiap bulannya, dan saya harus memberikan tangan saya untuk memijat kakimu yang pegal. Kamu senang diam di rumah dan saya selalu kuatir kamu akan menjadi "aneh". Dan harus membelikan sesuatu yang dapat menghiburmu di rumah atau meminjamkan lidahku untuk menceritakan hal-hal lucu yang aku alami. Kamu selalu menatap komputermu, membaca buku sambil tidur dan
itu semua tidak baik untuk kesehatan matamu, saya harus menjaga mata saya agar ketika kita tua nanti, saya masih dapat menolong mengguntingkan kukumu dan mencabuti ubanmu. Tanganku akan memegang tanganmu, membimbingmu menelusuri pantai, menikmati matahari pagi dan pasir yang indah. Menceritakan warna-warna bunga yang bersinar dan indah seperti cantiknya wajahmu “.

" Tetapi sayangku, saya tidak akan mengambil bunga itu untuk mati. Karena saya tidak sanggup melihat air matamu mengalir menangisi kematianku. Sayangku, saya tahu ada banyak orang yang bisa mencintaimu lebih dari apa yang dapat aku lakukan. Namun jika semua yang telah diberikan tanganku, kakiku, mataku tidak juga cukup bagimu, maka aku tidak akan bisa menahan dirimu mencari tangan, kaki, dan mata lain yang dapat membahagiakanmu ".

Air mata saya jatuh ke atas tulisannya dan membuat tintanya menjadi kabur, tetapi saya tetap berusaha untuk membacanya.

" Sayang, kamu telah selasai membaca jawaban saya. Jika kamu puas dengan semua jawaban ini, dan tetap menginginkanku untuk tinggal di rumah ini, tolong bukakan pintu rumah kita, saya sekarang sedang berdiri didepan menunggu jawabanmu. Jika kamu tidak puas sayangku, biarkan aku masuk untuk membereskan barang-barangku, dan aku tidak akan mempersulit hidupmu. Percayalah, bahagiaku bila kau bahagia ".

Saya segera berlari membuka pintu dan melihatnya berdiri di depan pintu dengan wajah penasaran sambil tangannya memegang susu dan roti kesukaanku.
Oh… kini saya tahu, tidak ada orang yang pernah mencintai saya lebih dari dia mencintaiku.

Itulah cinta, di saat kita merasa cinta itu telah berangsur-angsur hilang dari hati kita karena kita merasa dia tidak dapat memberikan cinta dalam wujud yang kita inginkan, maka cinta itu sesungguhnya telah hadir dalam wujud lain yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Seringkali yang kita butuhkan adalah memahami wujud cinta dari pasangan kita, dan bukan mengharapkan wujud tertentu

Friday, November 25, 2011

10 Tehnik mengingat pembicaraan


Fakta menunjukkan bahwa kebanyakan orang hanya mengingat 50% dari apa yang dikatakan seseorang dalam 24 jam. Sebagian orang malah hanya mengingat kurang dari 25% saja.
Kapasitas otak kita memang terbatas. Itu sebabnya kita takkan bisa mengingat semua yang terjadi sepanjang hidup kita. Termasuk isi percakapan yang kita lakukan dengan siapa saja dalam 24 hari. Parahnya seringkalai ‘hilangnya’ isi percakapan terjadi saat kita berada di tengah pembacaraan penting. Ketika mereka menanyakan isi pembicaraan yang sudah lewat, Anda lupa dengan apa yang baru saja mereka katakan. Kalau begini, Anda mungkin akan dianggap tidak menyimak atau malah dikira tidak tertarik dengan pembicaraan tersebut.

Namun jangan berkecil hati jika Anda mengalaminya. Nah, agar Anda tidak selalu kehilangan isi pembicaraan, cobalah beberapa tips berikut:

1. Take It Easy
Stres akibat pekerjaan menumpuk, deadline atau dalam keadaan membingungkan, sering membuat pikiran jadi tidak focus. Alhasil, ketika teribat dalam pembicaraan, Anda tidak menyimak semuanya karena (mungkin) pikiran Anda melayang ke persoalan tadi. Solusi: jangan panic, tetalah bersikaptenang. Tarik nadas panjang dalam-dalam dan katakana pada diri sendiri “Don’t Worry be happy.” Sikap tenang akan mempengaruhi daya kerja otak Anda. Dnegna tetap terkonsentrasi pada apa yang terjadi di depan Anda.

2. Lakukan Visualisasi
Teman Anda sedang bercerita kepada Anda? Atau bos sedang menyuruh Anda mengerjakan sesuatu? Untuk membantu mengingat, coba buat gambaran di dalam pikiran. Kebanyakan orang lebih visual dibanging auditory sehingga Anda lebih mudah mengingat sesuatu yang Anda lihat di dalam pikiran disbanding apa yang Anda dengar melalui telinga Anda.

3. Sebut Nama
Agar orang lain mengingat apa yang Anda katakana caranya dengan sering-sering menyebut nama orang tersebut di sepanjang percakapan. Secara psikologis, otak Anda deprogram untuk terus menerus mendengarkan saat naa Anda disebutkan. Jadi, jika Anda sering menyebut lawan bicara, kecil kemungkinan dia tak akan mendengarkan. Solusi: coba terapkan hal ini dengan keadaan sebaliknya. Jika ternyata lawan bicara tidak sering menyebut nama Anda, berusahalah lebih sensitive dengan sebutan orang kedua, yaitu ‘kamu’, Anda dan sebaginya.

4. Ingat Pesan Mama
Masih ingat pesan ibu yang menyuruh Anda menatap mata orang yang sedang berbicara dengan Anda (lawan bicara) sebagai aturan sopan santun? Ternyata ini bukan seksedar aturan tata karma saja lho? Menatap mata orang yang mengajak bicara benar-benar bis membantu menghilangkan gangguan sehingga Anda lebih mudah mendengarkan berbeicara.

5. Perintah Diri Sendiri
Anda akan sulit mengingat jika Anda tak merasa membutuhkannya atau jika tak memerintahkan diri Anda untuk mengingat. So, selalu katakana pada diri sendiri bahwa Anda ingin mengingat bagian tertentu dari percakapan itu dan konsentrasi pada bagian itu. Percaya atau tidak, cara ini akan meningkatkan kemampuan mengingat Anda samai 2 kali lipat. Ini disebabkan karena Anda mengingat apa yang ingin Anda ingat.

6. Catat
Agar lebih ingat lagi, tak ada salahnya Anda mencatat poin-poin penitng dari sebuah pembicaraan. Kebiasaan mencatat ini merupakan cara yang paling efektif agar Anda tidak lupa dengan semua isi pembicaraan yang telah Anda lakukan

7. Get Organized
Memang ritual yang sama setiap hari akan membuat pikiran dan emosi Anda mengikut pola yang sama. Itu sebabnya, Anda dianjurkan sesekali menyingkirkan rutinitas dari biasanya, Karena sesuatu yang baru, diyakini dapat menyegarkan pikiran dan berdampak positi bagi Anda. Meskipun begitu, untuk membuat pikiran Anda tetap sehat dan ingatan kuta, Anda disarankan menjalani hidup teratur dan terencana. Cara ini akan membuat Anda mampu mengingat sesuatu dengan mudah.

8. Olahraga
Para dokter dan pakar kesehatan mengatakan bahwa olahraga dapat melancarkan dan memperbaiki sirkulasi darah ke otak. Hal ini akan member pengaruh positif pada otak. Otak dapat bekerja lebih segar sehingga akan memudahkan Anda untuk mengingat segala sesuatu yang akan dan sudah Anda lakukan.

9. Belajar Menyanyi
Masih ingat bagaimaan Anda dulu bertambah kosakata bahasa inggris lewat lagu atau menangkap lirik romantic dengan bernyanyi? Memang musik sudah terbukti dapat memperkuat pikiran, menyalurkan kreativitas dan bahkan menyembuhkan tubuh. Dengan belajar bernyanyi, Anda tidak hanya menemukan suara Anda, tapi juga memperluas pergaulan dan mengembangkan daya ingat. Fakta: berkat The Mozart Effect, pelajar SMU di Amerika yang menyanyi atau memainkan music mampu mencapai 51 poin lebih tinggi pada ujian akhir nasional.

10. Aktivitas Baru
Anda juga dianjurkan untuk melakukan aktifitas fisik baru untuk menyegarkan pikiran. Selama melakukan kegiatan fisik pikiran akan bekerja lebih aktif. Anda bisa melakukan olahraga baru atau rekreasi ke temapt yang belum pernah Anda kunjungi. Tanpa Anda sadari pikiran akan bekerja lebih aktif selama Anda melakukan aktivitas baru tersebut. Anda pun akan merasakan kepuasan dan ketenangan batik yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya! Nah, setelah itu, otak Anda akan siap untuk mengingat hal baru lagi.

Pekerjaan dengan tekanan tinggi dapat memicu penyakit kardiovaskular pada pekerja Wanita

Pekerjaan dengan tekanan tinggi dapat memicu penyakit kardiovaskular pada wanita pekerja. Demikian hasil studi yang dilakukan tim ilmuwan asal Denmark yang diterbitkan dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine.

Penelitian dilakukan untuk menganalisa dampak tekanan kerja dan tingkatan pengaruh personal di tempat kerja terhadap kesehatan jantung. Studi itu melibatkan lebih dari 12 ribu perawat yang berusia 45-64 tahun pada 1993. Kesehatan mereka lantas dilacak selama 15 tahun dengan menggunakan rekam medis di rumah sakit.

Hasilnya, para perawat yang mengatakan tekanan sedikit terlalu tinggi akan memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung 25 persen lebih tinggi dibandingkan dengan rekan mereka yang mengatakan tekanan kerja yang mereka hadapi dapat dikendalikan.

Sementara mereka yang merasa stres pekerjaan sudah terlalu tinggi kemungkinan terkena penyakit jantung lebih tinggi 35 persen setelah faktor risiko lain, seperti merokok dan gaya hidup sudah dipertimbangkan.

Ketika temuan itu dianalisa berdasarkan usia, ditemukan perawat yang berusia kurang dari 51 tahun berada dalam risiko besar terkena penyakit jantung. Analisa berbeda dari kelompok usia ini menunjukkan, mereka yang merasa menghadapi tekanan kerja moderat akan memiliki kemungkinan 60 persen lebih tinggi mengalami penyakit jantung.

Sedangkan mereka yang merasa mendapatkan tekanan kerja yang berlebihan akan memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung hampir dua kali lipat. Penelitian ini pun sudah mempertimbangkan beberapa faktor risiko lainnya, tapi hasilnya tetap sama.

Thursday, November 24, 2011

Sebagian Bos suka dandanan karyawan menor

Lebih dari sepertiga bos menilai beberapa dari karyawan perempuan mereka memakai make-up yang terlalu tebal untuk bekerja. Menurut jajak pendapat sebuah situs internet di Inggris, bibir merah terang, perona mata yang dibuat-buat, dan perona pipi yang terlalu tebal dinilai sebagai kesalahan di tempat kerja.

Warna lipstik mencolok dinilai sebagai tampilan yang paling tidak menarik. Sebanyak 32 persen dari para manajer yang ditanya menganggap warna-warna bibir yang terang terlalu berlebihan untuk bekerja di kantor.

Sebanyak 28 persen manajer mengaku tak menyukai make-up mata yang berlebihan. Sedangkan 15 persennya mengatakan tidak menyukai warna perona pipi yang terlalu tebal dan mencolok. Hanya sekitar 12 persen atasan yang mengatakan mereka menyukai perempuan yang berdandan ke kantor.

Namun demikian, hampir semuanya suka dengan karyawati yang memakai make-up sederhana. Jajak pendapat ini dilakukan terhadap 500 pria dan wanita dengan posisi sebagai atasan sekelas manajer di Inggris.

"Kebanyakan dari kita mencoba untuk selalu menampilkan yang terbaik di tempat kerja, tapi terkadang malah menajdi berlebihan dan jauh dari mengesankan," ujar salah seorang juru bicara Officebroker.com, seperti dikutip Daily Mail, Senin (21/11).

"Tapi apa yang kita anggap bagus belum tentu dianggap sama oleh orang lain, terutama atasan. Para bos yang kami ajak bicara mengakui mereka tidak punya masalah dengan bila karyawannya ingin berusaha tampil baik di kantor. Namun, mereka tak suka dengan make-up berlebihan," kata juru bicara itu. (

Wednesday, November 23, 2011

KEPUASAN KERJA


Mengenal KEPUASAN KERJA
(Job Satisfaction)

Newstrom berpendapat bahwa “job satisfaction is the favorableness or unfavorableness with employes view their work”. Kepuasan kerja berarti perasaan mendukung atau tidak mendukung yang dialami pegawai dalam bekerja.

Wexley dan Yukl : mengartikan kepuasan kerja sebagai “the way an employee feels about his or her job”. Artinya bahwa kepuasan kerja adalah cara pegawai merasakan dirinya atau pekerjaannya.

Dapat disimpulkan bahwa kepuasan kerja adalah perasaan yang mendukung atau tidak mendukung dalam diri pegawai yang berhubungan dengan pekerjaan maupun kondisi dirinya. Perasaan yang berhubungan dengan pekerjaan melibatkan aspek-aspek seperti upaya, kesempatan pengembangan karir, hubungan dengan pegawai lain, penempatan kerja, dan struktur organisasi. Sementara itu, perasaan yang berhubungan dengan dirinya antara lain berupa umur, kondisi kesehatan, kemampuan dan pendidikan.

Handoko, berpendapat: "Keadaan emosional yang menyenangkan dengan mana para karyawan memandang pekerjaan mereka. Kepuasan kerja mencerminkan perasaan seseorang terhadap pekerjaannya". Ini dampak dalam sikap positif karyawan terhadap pekerjaan dan segala sesuatu yang dihadapi di lingkungan kerjanya.

Stephen Robins, berpendapat: "Kepuasan itu terjadi apabila kebutuhan-kebutuhan individu sudah terpenuhi dan terkait dengan derajat kesukaan dan ketidaksukaan dikaitkan dengan Pegawai; merupakan sikap umum yang dimiliki oleh Pegawai yang erat kaitannya dengan imbalan-imbalan yang mereka yakini akan mereka terima setelah melakukan sebuah pengorbanan.. Apabila dilihat dari pendapat Robin tersebut terkandung dua dimensi, pertama, kepuasan yang dirasakan individu yang titik beratnya individu anggota masyarakat, dimensi lain adalah kepuasan yang merupakan sikap umum yang dimiliki oleh pegawai.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KERJA

Schemerhorn mengidentifikasi lima aspek yang terdapat dalam kepuasan kerja, yaitu

1. Pekerjaan itu sendiri (Work It self).
Setiap pekerjaan memerlukan suatu keterampilan tertentu. Sukar tidaknya suatu pekerjaan serta perasaan seseorang bahwa keahliannya dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan tersebut, akan meningkatkan atau mengurangi kepuasan kerja.

2. Penyelia (Supervision)
Penyelia yang baik berarti mau menghargai pekerjaan bawahannya. Bagi bawahan, penyelia sering dianggap sebagai figur ayah/ibu dan sekaligus atasannya.

3. Teman sekerja (Workers)
Merupakan faktor yang berhubungan dengan sebagai pegawai dengan atasannya dan dengan pegawai lain, baik yang sama maupun yang berbeda jenis pekerjaannya.

4. Promosi (Promotion)
Merupakan faktor yang berhubungan dengan ada tidaknya kesempatan untuk memperoleh peningkatan karir selama bekerja.

5. Gaji/Upah (Pay)
Merupakan faktor pemenuhan kebutuhan hidup pegawai yang dianggap layak atau tidak.

ASPEK-ASPEK LAIN DALAM KEPUASAN KERJA

Menurut Stephen Robins, diantaranya :

1. Kerja yang secara mental menantang.
Karyawan cenderung menyukai pekerjaan-pekerjaan yang memberi mereka kesempatan untuk menggunakan keterampilan dan kemampuan mereka dan menawarkan tugas, kebebasan dan umpan balik mengenai betapa baik mereka mengerjakan. Karakteristik ini membuat kerja secara mental menantang. Pekerjaan yang terlalu kurang menantang menciptakan kebosanan, tetapi terlalu banyak menantang menciptakan frustasi dan perasaan gagal. Pada kondisi tantangan yang sedang, kebanyakan karyawan akan mengalamai kesenangan dan kepuasan.

2. Ganjaran yang pantas.
Para karyawan menginginkan sistem upah dan kebijakan promosi yang mereka persepsikan sebagai adil, tidak kembar arti, dan segaris dengan pengharapan mereka. Bila upah dilihat sebagai adil yang didasarkan pada tuntutan pekerjaan, tingkat keterampilan individu, dan standar pengupahan komunitas, kemungkinan besar akan dihasilkan kepuasan.

Tentu saja, tidak semua orang mengejar uang. Banyak orang bersedia menerima baik uang yang lebih kecil untuk bekerja dalam lokasi yang lebih diinginkan atau dalam pekerjaan yang kurang menuntut atau mempunyai keleluasaan yang lebih besar dalam kerja yang mereka lakukan dan jam-jam kerja. Tetapi kunci yang manakutkan upah dengan kepuasan bukanlah jumlah mutlak yang dibayarkan; yang lebih penting adalah persepsi keadilan. Serupa pula karyawan berusaha mendapatkan kebijakan dan praktik promosi yang lebih banyak, dan status sosial yang ditingkatkan. Oleh karena itu individu-individu yang mempersepsikan bahwa keputusan promosi dibuat dalam cara yang adil (fair and just) kemungkinan besar akan mengalami kepuasan dari pekerjaan mereka.

3. Kondisi kerja yang mendukung.
Karyawan peduli akan lingkungan kerja baik untuk kenyamanan pribadi maupun untuk memudahkan mengerjakan tugas. Studi-studi memperagakan bahwa karyawan lebih menyukai keadaan sekitar fisik yang tidak berbahaya atau merepotkan. Temperatur (suhu), cahaya, kebisingan, dan faktor lingkungan lain seharusnya tidak esktrem (terlalu banyak atau sedikit).

4. Rekan kerja yang mendukung.
Orang-orang mendapatkan lebih daripada sekedar uang atau prestasi yang berwujud dari dalam kerja. Bagi kebanyakan karyawan, kerja juga mengisi kebutuhan akan interaksi sosial. Oleh karena itu tidaklah mengejutkan bila mempunyai rekan sekerja yang ramah dan mendukung menghantar ke kepuasan kerja yang meningkat. Perilaku atasan seorang juga merupakan determinan utama dari kepuasan. Umumnya studi mendapatkan bahwa kepuasan karyawan ditingkatkan bila penyelia langsung bersifat ramah dan dapat memahami, menawarkan pujian untuk kinerja yang baik, mendengarkan pendapat karyawan, dan menunjukkan suatu minat pribadi pada mereka.
5. Kesesuaian kepribadian dengan pekerjaan.
Pada hakikatnya orang yang tipe kepribadiannya kongruen (sama dan sebangun) dengan pekerjaan yang mereka pilih seharusnya mendapatkan bahwa mereka mempunyai bakat dan kemampuan yang tepat untuk memenuhi tuntutan dari pekerjaan mereka. Dengan demikian akan lebih besar kemungkinan untuk berhasil pada pekerjaan tersebut, dan karena sukses ini, mempunyai kebolehjadian yang lebih besar untuk mencapai kepuasan yang tinggi dari dalam kerja mereka.

Tuesday, November 22, 2011

Hati Seorang Ayah

Sosok dia yg terkadang kita lupakan, penuh kasih sayang dan pengorbanan untuk kita. Dia memiliki hati yang lembut tapi selalu terlihat sangat kuat didepan kita. Dia adalah "AYAH"
Kadang dalam sebuah keluarga, kita sebagai anak selalu lebih dekat dengan ibu bahkan kakak atau adik,dibanding ayah. Taukah sbnar’y gimana ayah kita dibalik sikap tegas'y?
Saat kita main sampai larut, ayahlah yg mnyuruh ibu mnelpon kita.
Saat kita mnangis, ayahlah yg mnyuruh ibu brtanya kenapa pd kita.
Saat kita ulang tahun, ayahlah org yg mati2an bkerja untuk membeli hadiah atau bahkan hanya sebuah kue kecil.
Saat kita sakit, ayahlah orang yg rela brusaha mncari dokter walau hujan atau apapun.
Saat kita lupa ibadah, ayahlah org yg selalu mngingatkan kita.
Saat kita terluka, ayahlah org yg mampu mngendong kita.
Saat kita tumbuh dewasa, ayahlah yg selalu menyelipkan nama kita dalam doa’y.
Saat kita menikah kelak, ayahlah org yg paling tak rela khilangan kita.

Tapi mengapa ayah selalu terlihat cuek? karna ayah tidak ingin terlihat lemah oleh anak’y, ayah menangis saat mnyendiri dan terlihat kuat saat bersama anak’y. Dan ayah hanya mengeluh kepada Tuhan.

Andai Tuhan bicara dengan ayah kita, “anakmu akan Ku panggil”, mungkin ayah akan mnjawab “tukarlah nyawaku dengan nyawanya, aku ikhlas”.

Kadang kita mnghargai ayah hanya karna rasa takut, kadang kita lebih mudah cerita masalah ke ibu dbandingkan ayah. Sesungguh'y dibalik keras kepala ayah, tersimpan hati yg sangat lembut. Selagi ada kesempatan, banggakanlah dia, teruslah buat dia tersenyum. Peluklah ayahmu karna ayah tak mampu ngalahkan ego’y. Hargai, hormati, dan cintailah ayahmu melebihi cinta pada diri kita sendiri.

Monday, November 21, 2011

Trik agar menjadi perhatian di Kantor

LUPAKAN kata-kata manis atau harus selalu tampil sempurna. Tidak perlu selalu membungkuk atau menjilat atasan. Ada cara yang lebih jitu supaya diperhatikan di tempat kerja. Ikuti saja langkah berikut:

1 Jangan menunggu diminta
Ambillah inisiatif dan lakukan hal-hal kecil yang memiliki dampak pada tim kerja tanpa diminta. Misalnya mempersiapkan laporan, selalu stand-by, dan membantu mengingatkan jadwal. Dengan begitu, Anda akan diperhatikan. Biasanya kita hanya melakukan apa yang diberi tahu bos. Namun, jika kita melakukan sesuatu, meski sederhana, tanpa diminta, atasan otomatis akan memperhatikan Anda.

2 Jangan diam saja
Rapat adalah momen yang menyita waktu, perhatian, dan energi. Memang sangat sedikit aktivitas yang bisa kita lakukan saat rapat. Rata-rata orang bahkan sampai tertidur atau malah memanikan ponsel. Janganlah duduk di sudut ruangan supaya tidak terlihat. Duduk di depan dan berikan perhatian. Ajukan pertanyaan dan pendapat, tetapi tidak terlalu banyak. Jangan takut untuk menyatakan ketidaksetujuan.

3 Selalu membuat catatan
Menulis catatan memang pekerjaan yang membosankan, tetapi bermanfaat dan bisa membuat diri Anda diandalkan. Reputasi untuk menjadi sosok andal secara perlahan akan terbangun dengan memulai langkah-langkah kecil. Seperti mengumpulkan nomor telepon berguna dalam sebuah file dan menatuh kalender di meja Anda. Menuliskan setiap penyampaian kecil dan tugas-tugas juga bisa membuat Anda mengingatkan kepada orang lain saat dia lupa.

4 Menaruh buku di meja
Memang kini kita dapat dengan mudah menemukan segala sesuatu di internet, tetapi sebuah buku bisa memberikan kesan intelek pada diri Anda. Buku juga menunjukkan bahwa memiliki pengetahuan dan percaya pada referensi. Taruh buku referensi seperti kamus, ensiklopedim dan jurnal yang berkaitan dengan profesi Anda di meja kerja.

5 Kenali staf lain
Bersikap baik dan bertemanlah dengan staf lain yang tidak memiliki kaitan dengan pekerjaan seperti petugas kebersihan, liftman, office boy, dan satpam, tapi jangan merendahkan. Kenali nama mereka dan jangan lupa ucapkan kata 'tolong' dan 'terima kasih'. Ini menunjukkan bahwa Anda bukan orang yang matrelialistis dengan menghormati orang lain

Sunday, November 20, 2011

Cara Memahami perasaan seseorang

Untuk Memahami Perasaan Seseorang, Kita Perlu Memperhatikan Beberapa Hal, Seperti :

1. Perhatikan Ekspresi Wajah ( Mimic Wajah )
2. Perhatikan Tingkah Lakunya
3. Perhatikan Cara Berbicaranya
4. Perhatikan Emosinya
5. Perhatikan Mata
6. Rasa Percaya Target Sangat dibutuhkan.

Kita Akan Bahas Satu Persatu Agar Dapat dimengerti Oleh Kalian Semua :
1. Perhatikan Ekspresi Wajah
Kenapa Harus Memperhatikan Raut Wajah ? Karena Raut Wajah Sangat Berpengaruh, Apabila Raut Wajahnya Menggambarkan Suasana Hati Yang Ceria, Maka Dengan Mudahnya si Target Akan Bercerita, Mau Tahu Kenapa ? Karena Suasana Hati Sangat Mempengaruhi Perilaku, Sebagian Besar Orang Akan Sangat Mudah Dipengaruhi Ketika Suasana Hatinya Senang. Sebagai Contoh, Ketika TS Senang lalu Teman TS Memaksa untuk Bercerita, Maka dengan Senang Hati TS Akan Bercerita. Tapi Bagi Sebagian Orang yang Tidak Biasa Cerita dengan Teman Selain Teman Curhatnya Maka Akan Lebih Sulit Dipaksanya. Dengan Begitu Dapat Disimpulkan Bahwa Raut Wajah Juga Media Untuk Memahami Perasaan Orang Lain.

2. Tingkah Laku
Kenapa Juga Tingkah Laku Perlu di Perhatikan ? Karena Dengan Tingkah Laku Juga Dapat Menggambarkan Isi Hati Orang Lain. Sebagai Contoh, Apabila Target Memilih Untuk Memisahkan Diri Dari Kawanan Teman - Temannya, Dapat Bertanda Target Sedang Membutuhkan Waktu Untuk Sendiri Tepatnya Untuk Berpikir, Tetapi Apabila Target Selalu Dekat Dengan Kawanannya, dan Juga Selalu Menanggapi Topik yang Sedang dibahas, Dapat Berarti Target Sedang Baik - Baik Saja. Apabila Target Memisahkan Diri Dari Kawanannya, Sebaiknya Anda Langsung Memberi Rasa Perhatian Kepada Target Agar Dia Mau Bercerita atau Merasa Lebih Baik.

3. Cara Bicaranya
Cara Bicara Dapat Juga Berpengaruh Terhadap Pemahaman Hati, Kenapa ? Karena dengan Bicara Juga Dapat Menggambarkan Suasana Hati si Target. Sebagai Contoh, Ketika Target Berbicara Sangat Jutek atau Membuat Pendengar Merasa Sakit Hati, Berarti Suasana Hati Target Sedang Tidak Enak, dan Sebaiknya Anda Jangan Merasa Tersakiti Oleh Perkataannya, Tapi Apabila Target Berbicara Lemah Lembut, Serta di Sertai dengan Memberi Perhatian Dapat Berarti Target Sedang Merasa Bahagia.

4. Perhatikan Emosinya
Ketika Seseorang Emosi, Logika Mereka Tidak Berjalan, Sebaiknya Orang yang Sedang Emosi Agak diberi Sedikit Ruang untuk Berpikir, Setelah Dia Merasa Lebih Baik, Barulah Kita Beri Pengertian.

5.Perhatikan Mata
Kenapa Perlu ? Apabila Target Hubungannya Sudah Dekat Sekali dengan Kita, Biarpun Target Berbohong, Kita Akan Dapat Merasakannya, Biarpun Itu Hanya Sedikit, Jadi Mata Sangat Berpengaruh untuk Memahami Perasaan.

6. Rasa Percaya Target Sangat dibutuhkan
Untuk Apa ? Rasa Percaya Target Sangat dibutuhkan, Karena Apabila Target Percaya Maka Dia Akan Langsung Bercerita Kepada Anda Tentang Perasaannya Saat Itu.

7. Keadaan Sekitar
Keadaan Sekitar Juga Dapat Mempengaruhi Target, Karena Tidak Semua Orang Ingin Bercerita Ke Orang yang Kurang dikenalnya Oleh Karena Itu Tunggulah Sampai Ruangan Sepi, dan Tenang.

Thursday, November 17, 2011

Manfaat Latihan bagi kesehatan

5 Manfaat Latihan Bagi Kesehatan Mental dan Pikiran

1. Mengurangi efek merusak dari stres.
Latihan ringan seperti berlari atau berjalan cepat di atas treadmill selama 30 menit pun dapat menjadi cara instan untuk melepaskan ketegangan dengan meningkatkan kadar zat kimia otak yang bersifat “menenangkan” seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin. Menurut sebuah studi di University of California, San Francisco, olahraga dapat bekerja pada tingkat sel untuk membalikkan efek buruk stres pada proses penuaan. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang melakukan aktivitas fisik rata-rata 45 menit selama tiga hari memiliki lebih sedikit sel-sel yang mengalami tanda-tanda penuaan dibandingkan dengan wanita dengan tingkat stres yang sama tapi tidak aktif atau tidak berolahraga teratur. Latihan juga membantu mengubah aliran darah ke daerah-daerah di otak yang terlibat dalam meringankan stres.

2. Mengurangi depresi.
Penelitian menunjukkan bahwa latihan rutin dan aktivitas fisik lain yang merangsang munculnya keringat selama 3 kali seminggu dapat mengurangi gejala depresi seefektif antidepresan. Itu mungkin karena olahraga diyakini dapat merangsang pertumbuhan neuron di daerah otak tertentu yang rusak selama depresi. Penelitian pada hewan juga menemukan bahwa meningkatkan latihan akan meningkatkan produksi molekul otak yang dapat meningkatkan hubungan antara sel saraf, sehingga bertindak sebagai antidepresan alami.

3. Meningkatkan kemampuan dalam mempelajari sesuatu.
Latihan akan meningkatkan faktor pertumbuhan dalam otak yang membantu membuat sel-sel otak baru dan menjalin koneksi baru di antara sel-sel otak untuk membantu Anda belajar. Menariknya, kegiatan yang kompleks, seperti bermain tenis atau mengikuti kelas dance, memberikan dorongan otak terbesar. Seperti halnya otot, Anda harus menekan sel-sel otak Anda untuk membuat mereka tumbuh. Kegiatan yang kompleks juga meningkatkan kapasitas untuk belajar dengan meningkatkan perhatian dan kemampuan konsentrasi. Menurut para peneliti Jerman, siswa SMA menunjukkan hasil yang lebih baik pada tugas-tugas yang butuh konsentrasi tinggi setelah melakukan 10 menit aktivitas kebugaran kompleks dibandingkan dengan 10 menit kegiatan rutin.

4. Meningkatkan rasa percaya diri dan penghargaan terhadap diri.
Anda tidak perlu membuat mengubah bentuk tubuh Anda secara drastis terlebih dahulu untuk mendapatkannya. Studi menunjukkan bahwa hanya dengan melihat peningkatan kebugaran tubuh, seperti berlari lebih cepat atau mengangkat beban lebih berat dari sebelumnya, dapat meningkatkan percaya diri dan penghargaan Anda terhadap diri Anda sendiri.

5. Membuat Anda merasa gembira.
Dengan melakukan latihan, Anda akan merasa lebih fresh, fit dan Anda akan merasa lebih baik dan gembira sepanjang hari.

Nah, dengan mengetahui berbagai manfaat latihan teratur bagi kesehatan mental dan pikiran Anda, maka mulailah masukkan latihan sebagai prioritas dalam jadwal harian Anda. Selamat berlatih!

Menganggur lebih baik ketimbang bergaji kecil


Mempunyai pekerjaan yang jelek, jangka pendek atau bergaji rendah justru dapat membahayakan kesehatan mental Anda dibandingkan dengan tidak memiliki pekerjaan sama sekali.

Dalam studi terbaru, para peneliti menganalisis data dari sekitar 7.000 orang usia kerja di Australia. Para peneliti tidak terkejut ketika menemukan bukti bahwa orang yang menganggur memiliki kesehatan mental lebih buruk secara keseluruhan dibandingkan dengan orang punya pekerjaan.

Tetapi peneliti juga menemukan bahwa kesehatan mental orang bergaji rendah, kurang mendapat dukungan atau pekerjaan jangka pendek, ternyata lebih buruk daripada pengangguran.

Para peneliti juga menemukan hubungan langsung antara sejumlah kondisi kerja yang kurang baik dengan kesehatan mental. Hasilnya, setiap tambahan aspek negatif pekerjaan akan mengurangi skor kesehatan mental seseorang. Hal ini menyimpulkan orang dengan kualitas pekerjaan terburuk mengalami penurunan kesehatan mental terbesar dari waktu ke waktu.

Hal ini juga tak jauh berbeda dengan orang-orang yang menganggur. Manfaat kesehatan dari mendapatkan pekerjaan tergantung pada kualitas pekerjaan. Mendapatkan pekerjaan yang berkualitas tinggi setelah menganggur mendorong kesehatan mental rata-rata tiga poin. Tetapi jika mendapatkan pekerjaan berkualitas buruk menyebabkan penurunan kesehatan mental hingga 5,6 poin.

Penulis menyimpulkan bahwa pekerjaan yang memiliki tuntutan tinggi dan pekerjaan yang kurang memberikan dukungan atau bergaji rendah tidak baik bagi kesehatan.

Studi ini muncul secara online dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine.

Wednesday, November 16, 2011

Pengaruh Internet bagi karyawan


SEGALA aspek kehidupan manusia kini memang tak bisa terlepas dari yang namanya teknologi. Baik itu dalam kehidupan pribadi maupun profesional, termasuk bekerja. Tak sedikit kini pekerjaan yang menggunakan internet sebagai sarana terefektif.

Namun, sebuah survei terbaru telah menunjukkan bahwa karyawan yang menggunakan internet untuk pekerjaan selama jam kantor akan kurang bersosialisasi, baik dengan rekan sejawat maupun dengan atasan.

Survei yang digelar situs web MyHiringClub ini menyurvei 22.658 karyawan, 3.296 manajer dan eksekutif senior dari India, Timur Tengah, dan Singapura. Ditemukan, 62 persen pengusaha di India kerap memantau penggunaan internet di kalangan karyawan mereka. Sementara itu, di Timur Tengah, persentasenya sebesar 49 persen, sedangkan di Singapura adalah 77 persen.

"Karyawan perlu lebih bijak dalam penggunaan internet. Setidaknya, mereka bisa menggunakan jam makan siang untuk rehat sejenak dan lepas dari layar monitor agar bisa bersosialisasi dengan yang lain. Penggunaan internet di kantor bukan untuk kegiatan kerja berhubungan dengan dampak negatif pada produktivitas karyawan," kata Rajesh Kumar, CEO MyHiringClub seperti dikutip dari Times of India, Sabtu (5/11).

Menurut survei itu, 73 persen karyawan kerap menggunakan internet untuk keperluan pribadi saat jam kerja. Di antara para karyawan, 31 persen menghabiskan lebih dari 2 jam di hari kerja terkait aktivitas online dan 11 persen menghabiskan lebih dari 2 jam.

Apa Sih Internet ??

Berbicara tentang Internet berarti kita berbicara tentang World wide web [www], atau yang sering dikenal dengan Web.Nama ini begitu populer karena sejak ditemukannya Web pada tahun 1992, internet tumbuh dengan sangat pesat. namun sebenarnya, internet sudah ada sejak tahun 1969. waktu itu departemen pertahanan amerika serikat membangun sebuah jaringan komputer melalui proyek yang disebut ARPANet singkatan dari Advanced research projects administration network.sejak awal jaringan ini dirancang tetap berfungsi walaupun sebagian jalur rusak akibat perang.oleh sebab itu masing-masing komputer bisa berhubungan dengan komputer lain melewati berbagai macam jalur alternatif. jaringan tsb kemudian diberi nama Internet.

Tujuan dari pembangunan internet adalah untuk saling bertukar data { informasi }. kita bisa masuk kekomputer lain dan melihat-lihat informasi yang ada.misalnya hasil penelitian suatu universitas. profil suatu perusahaan. dll.selain itu fasilitas yang sangat populer sejak awal adalah surat elektronis E-Mail

HTML. adalah sebuah bahasa komputer untuk menyusun penyajian informasi yang dipakai sebagai basis Web. pada tahun 1992, HTML dan Web diciptakan oleh Tim Berners-Lee, seorang peneliti pada pusat penelitian Fisika Nuklir di Swiss yang merasa kesulitan dalam mencari sesuatu di Internet. dengan HTML informasi tidak hanya terbatas pada Teks. tetapi juga grafik serta gambar. selain itu informasi dapat dibuat saling terkait dengan informasi yang lainsehingga kita lebih mudah dalam mengumpulkan informasi untuk suatu topik tertentu.

HTML. beserta Web menjadi sangat populer setelah seorang mahasiswa yang bernama Marc andressen dari NCSA { National Center for supercomputing Application } di universitas illinois, USA. membuat sebuah program Browser untuk mengakses Web yang diberi nama Mosaic. oleh marc, program Mosaic disebar luaskan melalui Internet secara gratis sehingga dalam waktu singkat Web menjadi sangat populer di seluruh dunia. pada perkembangan berikutnya, teknologi Web diinternet tidak sekedar berupa tampilan tetapi dapat berupa sesuatu yang dinamis, bergerak dan menggunakan prinsip logika pemrograman. pada saat ini sudah diluncurkan perkembangan terbaru dari versi HTML yang disebut DHTML { Dinamik HTML } yang membuat halaman Wen lebih lugas dan menarik. selain itu dalam membangun halaman Web disediakan pula berbagai bahasa dan script pendukung antara lain Teknologi Java script. Aktive X Dll.

Web sebagai wadah Informasi menjadikan internet mengalami banyak sekali perubahan. dengan menggunakan format HTML, sebuah dokumen dapat memuat teks dan gambar sekaligus. bahkan dengan perkembangan teknik HTML, dokumen dalam bentuk animasi Multimedia.grafis,suara,Video mampu untuk ditampilkan.yang juga bermanfaat adalah format HTML memungkinkan untuk menghubungkan satu dokumen dengan dokumen lain yang terkait { Hiperlinks }

Selain koran atau majalah, banyak perusahan diuntungkan dengan kehadiran Web. kalau tadinya mereka harus mencetak Brosur produk-produk yang dibuat dengan ongkos cetak yang mahal.kini mereka bisa menggunakan Web untuk menyebarluaskan brosur tsb. begitu juga dengan universitas dan sekolah yang memiliki situs Web. kita tidak perlu lagi harus mencari brosur tentang universitas dan sekolah tsb. tetapi informasi lengkap dan terbaru bisa langsung kita baca di situs Web mereka.bahkan beberapa universitas sudah menyajikan hasil tes masuk, mahasiswa baru di Web.

Peralatan Rumah tangga yang dapat menyebabkan Kanker


Berbagai peralatan rumah tangga seperti pembersih kaca, karpet, hingga oven microwave sangat berjasa membantu pekerjaan rumah tangga. Namun di balik manfaatnya, berbagai alat rumah tangga ini bisa menyimpan ancaman kesehatan.

Banyak di antaranya yang mengandung bahan kimia berbahaya pemicu kanker seperti formaldehida, nitrobenzena, metilen klorida, dan napthelene, serta racun reproduksi dan pengganggu hormon. Ada juga bahan yang menyebabkan kerusakan hati, ginjal dan otak, alergi dan asma.

Buku 'Cancer: 101 Solutions to a Preventable Epidemic' karya Armstrong memuat daftar beberapa peralatan dan pembersih rumah tangga yang sarat racun karsinogen. Berikut 10 diantaranya, seperti dikutip Shine:



1. Penyegar udara
Penyegar udara semprot terbuat dari bahan napthelene dan formaldehida. Coba ganti wewangian ruangan dengan zeolit atau pewangi alami dari minyak esensial.

2. Pajangan
Kebanyakan pajangan berupa lukisan menggunakan Epoxy dan lem karet semen, cat akrilik, pelarut (thinner), dan spidol permanen yang mengandung karsinogen. Jika ingin mempercantik ruangan, pilih pajangan yang mengandung lebih sedikit bahan kimia.

3. Suku cadang otomotif
Sebagian besar suku cadang otomotif mengandung racun. Jauhkan mereka dari rumah. Bila tak dipakai segera buang ke tempat pembuangan limbah berbahaya.

4. Lilin
Hindari lilin parafin artifisial beraroma yang menghasilkan jelaga. Lebih baik gunakan lilin lebah dengan sumbu kapas.

5.Pembersih karpet
Biasanya pembersih karpet digunakan dalam keadaan kering mengandung unsur karsinogen. Gunakan pembersih karpet cair dari bahan alami seperti cuka dan jeruk lemon dicampur sedikit sabun.

6. Dry-cleaning
Pilih pakaian yang tidak memerlukan pembersih perkloroetilena. Mintalah agar pencucian basah, bukan kering. Atau, gunakan pembersihan kering dengan pembersih cair karbon atau jeruk.

7. Pembasmi hama kutu dan serangga
Hindari penggunaan pestisida. Lebih baik simpan makanan lebih baik untuk menghindari berkembangnya serangga dan kutu.

8. Cat dan pernis
Bila mengecat rumah, pilih produk cat yang memiliki VOC rendah atau yang ramah lingkungan.

9. Pestisida rumah tangga
Gunakan pestisida alami, misalnya yang diolah dari bawang putih dan cabai atau dari daun pepaya.

10. Microwave
Jangan panaskan makanan dalam microwave di wadah plastik. Lebih baik gunakan wadah dari kaca khusus untuk microwave.

Monday, November 14, 2011

Tiga tanda anda harus resign dari pekerjaan

TINGKAT kepuasan atas pekerjaan yang dilakoni memang berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang sudah merasa puas dan ada yang selalu saja mengeluhkan segala sesuatunya di tempat kerja.

Bila Anda salah satu dari orang yang merasa tidak puas atas segala hal di kantor, jangan segera ambil kesimpulan untuk berhenti. Perhatikan dahulu, apakah alasan itu cukup untuk membuat Anda mengundurkan diri.

Berikut tiga pertanda yang menunjukkan bahwa Anda harus berhenti dari pekerjaan:

1. Setiap orang mendapat promosi, kecuali Anda

Jika sekelompok rekan kerja baru saja dipromosikan, sedangkan Anda tidak, Anda mungkin perlu untuk mulai berburu pekerjaan baru. Tapi sebelum itu, majulah dan minta keterangan atas posisi Anda di kantor saat ini. Katakan pada atasan bahwa Anda ingin untuk maju dalam perusahaan dan ingin lebih banyak kesempatan di luar apa yang sedang Anda lakukan.

Jika Anda mendapat sambutan yang baik dengan diberikannya hal baru untuk dilakukan, itu berarti Anda mungkin dapat lebih berkembang di kantor yang sekarang. Tapi jika dia tampaknya ragu-ragu, itu menunjukkan pihak perusahaan tidak menghargai Anda dan Anda perlu untuk mulai mencari pekerjaan baru.
2. Anda memiliki impian menjadi sesuatu

Selama ini, Andamemiliki impian ingin menjadi seorang dokter hewan, tapi malah berada di belakang meja mengatur berbagai surat-surat.

Coba luangkan waktu untuk merealisasikan impian Anda. Atau, minta atasan agar memberikan Anda tugas lain di kantor yang sesuai dengan hasrat Anda. Jika Anda ingin menjadi pengacara, tapi saat ini Anda menjabat sebagai staf administrasi, coba lihat apakah Anda dapat melakukan beberapa pekerjaan tambahan dalam bidang hukum di perusahaan Anda.

Dengan begiitu, meskipun tidak benar-benarbekerjadi sebuah firma hukum, Anda masih mendapatkan pengalaman dibidang itu.

3. Benar-benar enggan ke kantor

Merasa sangat muak pada pekerjaan sesekali adalah hal normal. Tapi jika Anda mengalaminya hampir setiap hari maka Anda mungkin perlu membuat perubahan.

Suasana hati buruk di tempat kerjamenyebabkan Anda tidak produktif. Yang parahnya bisa membuat Anda merasa buruk.Jadi jika Anda merasa sulit untuk bahagia selama lebih dari satu atau dua bulan, mulailah mencoba menemukan lingkungan kerja baru yang bisa lebih Anda nikmati.

Cara santun untuk resign dengan baik, agar Anda tetap menjaga hubungan baik dengan mantan boss dan kolega Anda di kantor lama:

1. Jangan sampai pemberitahuan resign Anda secara mendadak, karena akan merepotkan orang. Beritahukan pengunduran diri Anda minimal sebulan sebelumnya agar atasan dapat segera mencari pengganti Anda.

2. Memberitahukan alasan pengunduran diri Anda dengan jujur. Misalnya, Anda menemukan kesempatan dan peluang yang lebih sesuai untuk Anda di tempat yang baru atau Anda memang sudah memutuskan untuk fokus pada bisnis yang sudah Anda rintis ini. Jangan lupa mengucapkan “Terima kasih” dan “Maaf” kepadanya.

3. Anda harus beritahukan juga kepada kolega Anda, agar rekan yang sedang bekerja satu tim dengan Anda dapat segera mencari solusi saat Anda sudah tidak lagi bergabung dalam tim.

Sunday, November 13, 2011

Apa lagi sih yang diinginkan pria?


Apa lagi sih yang diinginkan pria?
Tidak dipungkiri lagi, kita pun ingin menyenangkan pasangan. Namun saat Anda bertanya pada pasangan 'apa sih yang kamu mau?', berani bertaruh jawaban yang didapat pasti tidak tepat sasaran. Dari dianggap angin lalu sampai jawaban romantis 'yang aku mau cuma kamu, sayang', jarang sekali ada yang menjawab jujur apa yang sebenarnya dia inginkan. Tidak perlu memaksa pasangan Anda, tidak perlu jengkel juga! Woman punya pengakuan mereka.

Perhatian
Walaupun seringkali pria jengah dengan perhatian wanita, merasa diperlakukan seperti anak kecil, ternyata mereka membutuhkan dan menginginkannya! Perhatian ini yang sering salah dimengerti oleh wanita. Para pria suka dibuat nyaman secara fisik yaitu dipijat, digosok punggungnya termasuk disiapkan makanannya. Jadi jangan heran kalau pasangan Anda berang karena Anda terlalu sibuk belanja sampai lupa kalau dia belum makan dari pagi. Itu tanda Anda tidak peduli padanya.

Kejutan
Saat dinas ke luar kota, dia menemukan sekotak coklat kesukaannya beserta pesan cinta singkat dari Anda ketika kembali ke hotel untuk beristirahat. Waow.. siapa sangka kejutan seperti ini begitu mengena di hatinya? Ya, pria suka kejutan dan sangat menghargai usaha Anda untuk melakukannya.

Dominasi
Secara naluri pria akan mendominasi ketika Anda sudah jatuh ke pelukannya. Tapi kadang-kadang pria juga ingin didominasi! Mulai dari merencanakan kencan hingga hubungan di ranjang. Ambil alih permainan dan berikan dia oral seks hingga klimaks. Pasangan Anda tidak akan bisa melupakannya.

Makan
Ya, pria suka memuaskan selera makan dan minum. Oleh karena itu, jangan terus-terusan mengajaknya makan malam dalam suasana yang romantis dan kaku. Sekali-sekali ajak dia untuk makan malam yang benar-benar makan! Tentu saja dengan restoran favorit dan menu kesukaan pasangan Anda.

Bersuara
Pasangan Anda begitu hot, Anda pun merasakan dan sangat menikmati jurus-jurus yang dilancarkannya. Tapi pria akan merasa bosan jika Anda hanya diam-diam saja atau bahkan berekspresi tersiksa. Bersuaralah! Menggumam, melenguh, mendesah atau bahkan berteriak, membuat pria merasa dia benar-benar membuat Anda 'hidup'. Pria mana sih yang tidak akan bangga..?

Saturday, November 12, 2011

Berpelukan bisa memperpanjang umur


Sebuah studi terbaru menyebutkan sering berpelukan hingga bercinta dengan pasangan resmi bisa memperpanjang usia seseorang hingga delapan tahun. Benarkah? Secara logika, melakukan aktivitas bercinta secara rutin akan meningkatkan hormon, kesehatan jantung, kekuatan otak dan memperkuat sistem imun tubuh.

Namun perlu digarisbawahi, bukan hanya frekuensi bercinta saja yang penting, tapi kualitas juga diperhatikan. Apa yang membuat aktivitas bercinta ini baik untuk kesehatan?
Berpelukan

Bercinta biasanya diikuti dengan sesi berpelukan, baik itu saat foreplay maupun setelah bercinta. Tahukah Anda, ritual berpelukan ini berkontribusi menambah usia Anda dan suami?

Tidak hanya menyamankan, pelukan juga membantu melepaskan oksitosin yang juga sering disebut 'hormon cinta'. Hormon ini memegang peranan penting untuk membangkitkan gairah seksual. Oksitosin juga bisa meningkatkan kepercayaan diri sekaligus mengurangi rasa takut.

Tak hanya itu, penelitian juga menemukan bahwa oksitosin secara dramatis bisa memperpanjang usia, serta menjauhkan Anda dari penyakit kronis dan depresi.

Jangan lewatkan sesi berpelukan dalam aktivitas seks Anda. Dengan memeluk, dorongan untuk berdekatan dengan orang terkasih semakin kuat. Lengkapi sesi bercinta Anda dengan pijatan sensual, sentuhan intim dan belaian lembut agar suasana lebih intim dan mesra.
Bercinta dan olahraga

Anda tentunya sudah tahu kalau olahraga bisa menjaga kesehatan tubuh; meningkatkan sirkulasi darah; membentuk otot dan mencegah penuaan dini. Hal yang sama juga bisa Anda dapatkan dengan bercinta.

Melakukan hubungan seks secara rutin, sama sehatnya dengan olahraga teratur. Bercinta meningkatkan sirkulasi dan metabolisme tubuh, juga membakar sekitar 30 kalori dalam gerakan seks yang aktif selama 20 menit.

Bukan itu saja, bercinta juga bisa memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Wanita berusia paruh baya yang melakukan aktivitas seks rutin bersama suami per minggunya, memiliki kadar estrogen dua kali lebih banyak.

Selain berfungsi sebagai hormon seks, estrogen juga diketahui dapat melindungi tulang dari kerapuhan.

Orgasme

Seperti dikutip Times of India, sebuah studi menemukan bahwa orgasme yang dahsyat, manfaatnya setara dengan konsumsi satu dosis Valium --obat pereda stres dan bekerja secara cepat sebagai relaksasi. Bahkan orgasme juga bisa meningkatkan sel-sel pelawan infeksi hingga 20%.

Beberapa penelitian juga menunjukkan, pasangan menikah yang kehidupan seksnya bahagia cenderung hidup lebih lama dibandingkan mereka yang single atau berpasangan, tapi pernikahannya tidak bahagia.

Lebih menariknya lagi, orgasme secara rutin membuat pria memiliki semangat hidup dua kali lebih besar di usia tua dibandingkan pria yang jarang orgasme.

Pada wanita, bercinta dan orgasme secara teratur bisa memperpanjang usia hingga delapan tahun. Di samping itu, wanita yang mengalami orgasme dua kali dalam seminggu, risiko terkena serangan jantungnya berkurang hingga 30 persen.

Wednesday, November 9, 2011

7 cara mengembangkan sikap mental yang positif

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesempatan Anda untuk sukses dalam semua bidang kehidupan adalah untuk mengembangkan sikap mental yang positif. Mengambil sikap positif terhadap hidup membuat Anda menjadi orang bahagia. Bahkan ada bukti bahwa memiliki sikap positif dapat membantu menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kesehatan Anda. Oleh sebab itu, peliharalah sikap mental positif

1. Fokus Pada Masa Kini
akta menunjukkan bahwa kita sering menambah masalah kita dengan membangun mereka dalam pikiran kita untuk menjadi lebih besar dari yang sebenarnya.
Seberapa sering Anda menemukan bahwa hal-hal yang Anda khawatirkan tentang hari berakhir tidak terjadi sama sekali, atau tidak sebesar masalah seperti yang Anda pikir?
Tapi, dengan fokus pada saat ini sebanyak mungkin, Anda dapat meminimalkan kekhawatiran dan ketakutan yang mengarah ke emosi negatif.

2. Gunakan Bahasa Positif
Apakah Anda pernah melihat seberapa banyak dari apa yang Anda katakan adalah negatif?
Beberapa orang terus-menerus mengeluh tentang cuaca, pekerjaan mereka, pasangan mereka, tetangga mereka, dan sejumlah hal lain.

Kita semua melakukannya dari waktu ke waktu.
Namun, itu bagus untuk mengingatkan diri kita bahwa kata-kata kita dibentuk oleh pikiran kita, dan semakin kita dapat mencari hal-hal positif untuk dikatakan, pikiran kita akan menjadi lebih positif.

Once you replace negative thoughts with positive ones, you’ll start having positive results.

3. Menerima Ketika Sesuatu Tidak Berjalan dengan Sempurna
Memang sulit untuk menerima hal-hal yang tidak berjalan sesuai keinginan Anda. Kadang-kadang terjadi hal-hal yang di luar kendari Anda, dan sebaiknya jangan membuang-buang energi Anda pada emosi negatif, lebih baik terimalah bahwa hal-hal tersebut memang tidak berjalan sesuai dengan yang Anda inginkan. Gunakan pikiran yang tenang dalam menyelesaikan masalah tersebut. Ingat, masalah sering berlalu seiring berjalannya waktu.

4. Bergaullah dengan Orang-Orang yang Positif.
Ini adalah fakta sifat manusia bahwa kita cenderung untuk meniru orang yang menghabiskan waktu dengan kita.

Jadi, semakin sering Anda menghabiskan waktu dengan orang-orang yang berpikir positif, semakin besar kemungkinan adalah bahwa Anda akan mulai berpikir dan bertindak dengan cara yang sama.

Juga, jangan meremehkan kekuatan tertawa, tertawa adalah salah satu cara untuk mengurangi stres, menghubungkan Anda dengan orang di sekitar Anda, dan umumnya membuat Anda merasa lebih baik.

We don’t laugh because we’re happy, we’re happy because we laugh.
5. Berkontribusi Sesuatu yang Bermakna
Salah satu cara terbaik untuk merasa lebih positif adalah untuk berkontribusi pada komunitas Anda dalam beberapa cara.
Dapat dengan semangat untuk membantu orang lain, apakah itu melalui penggunaan waktu Anda, keterampilan atau kontribusi keuangan.
Seperti halnya perasaan baik yang datang dengan membuat perbedaan dalam hidup seseorang, memberikan kontribusi waktu dan usaha. Mungkin dengan ini dapat memungkinkan Anda melihat masalah Anda dalam cahaya yang berbeda.
6. Terus Belajar
Mengembangkan rasa ingin tahu tentang dunia di sekitar Anda, dan orang-orang di dalamnya. Tidak peduli situasi apa Anda berada di sekarang, selalu ada sesuatu yang kita bisa pelajari dari itu.

Mengambil sesuatu hikmah dalam kehidupan memberi Anda energi, membantu menciptakan ide-ide baru dalam pikiran Anda, dan memberi Anda cara berpikir yang berbeda tentang hal-hal, yang dapat memiliki dampak positif pada kehidupan Anda secara keseluruhan.

7. Bersyukur
Luangkan sedikit waktu setiap hari memikirkan hal-hal yang membuat Anda benar-benar bersyukur dalam hidup Anda.

Mengingatkan diri dari semua alasan kenapa Anda harus bersyukur, dapat membantu untuk mempertahankan fokus Anda akan sesuatu yang Anda ingin capai.

Akhirnya, perlu diingat bahwa cara Anda memandang hidup Anda adalah pilihan Anda. Tidak ada yang memaksa Anda untuk memiliki sikap negatif, jadi ambil kendali dan rubahlah untuk hidup yang lebih bahagia, lebih energik, dan lebih antusias dengan sikap positif Anda.

Monday, November 7, 2011

Promosi demi karir

Di saat jaman sedang sulit seperti ini, seperti misalnya akibat imbas dari kenaikan BBM membuat banyak perusahaan ataupun individu cukup kewalahan dalam operasionalnya. tentunya secara tak langsung ini bisa berakibat tak baik juga buat para pekerjanya, mungkin salah satunya Anda. Nah, daripada Anda sibuk mencari tempat lain sebagai batu loncatan Anda, mungkin ada baiknya Anda juga melihat kemungkinan lain dengan mencoba meraih promosi di tempat kerja Anda saat ini.

Ada beberapa hal yang membuat satu kemungkinan ini pantas Anda coba, salah satunya adalah perusahaan lain pun mungkin mempunyai kesulitan yang sama, jadi keluhan Anda akan posisi kerja saat ini juga bisa terjadi di perusahaan yang lain. Lagipula dengan mencoba meraih promosi di tempat kerja Anda saat ini juga bisa menguntungkan Anda. yaitu tak lain adalah jalan karir pun akan lebih mulus dan CV Anda pun terlihat lebih baik.

Promosi tentunya bisa diraih dengan performance kerja yang baik dan prestasi kerja yang juga memuaskan, apalag kalau Anda bisa membuktikan pada perusahaan kalau Anda adalah aset yang tak boleh dilepas. Ini tentunya akan dapat menaikkan "harga jual" Anda di mata perusahaan. Meraih promosi ini tentunya juga berarti tangga karir Anda naik langkah demi langkah seiring dengan keberhasilan Anda memberikan yangterbaik bagi perusahaan. Tetapi bagaimana caranya agar Anda lebih mudah meraih promosi yang Anda inginkan?

Tak ada keberhasilan yang didapat dengan mudah semudah membalik telapak tangan. Semua ada keringat yang harus dicucurkan, begitu juga dengan ini. Namun, sebenarnya ada beberapa langkah yang mungkin saat Anda membacanya, pasti merupakan hal yang biasa saja tapi sayangnya sering terlupakan. Nah, silakan lanjutkan, berikut kami ingatkan lagi langkah-langkahnya.
Menguasai segala macam keahlian yang berkaitan dengan posisi Anda
Apa posisi Anda saat ini? Nah, cobalah untuk menguasai segala macam keahlian yang bisa mensupport pekerjaan Anda di bidang yang sedang digeluti. Jangan sampai Anda stagnan dengan keahlian yang Anda miliki saat ini. Cobalah untuk sering melihat berbagai informasi yang ada jika memang ada ketrampilan baru yang penting untuk Anda kuasai.
Jangan ragu untuk mengambil pekerjaan lain
Ini bisa Anda kerjakan sekiranya Anda sudah bisa menyelesaikan pekerjaan harian tepat pada waktunya. Nah, ini tentunya terkait pada penguasaan Anda pada pekerjaan yang digeluti. Dengan semakin ahlinya Anda tentunya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan akan semakin singkat. Jangan ragu juga untuk mengambil pekerjaan yang kurang diminati kolega Anda. Dengan demikian Anda akan dikenal sebagai orang yang suka pilah pilih pekerjaan.

Jangan membuat jarak dengan atasan
Kadang memang ada jarak yang membatasi antara Anda dengan atasan. Meski bukan berarti Anda lupa dengan posisi dan jabatan Anda berdua, namun tak ada salahnya Anda juga dekat dengan atasan. Jadi, Anda pun tak malu untuk mengungkapkan masalah yang Anda hadapi berkaitan dengan pekerjaan misalnya. Namun hindari sikap seperti menjilat atasan, karena bukan simpati yang akan didapat, malah Anda akan dicap sebagai penjilat.

Menjaga hubungan dengan para staff
Tak hanya dengan atasan saja hubungan perlu dijaga, namun juga dengan para staf lain pun perlu Anda jaga hubungannya. Jangan lupa untuk selalu menjaga reputasi Anda, jangan sampai hanya karena hal-hal kecil reputasi yang sudah terjaga dengan baik, rusak begitu saja.
Jangan malu untuk menjadi pemimpin
Pemimpin bukan berarti menunggu sampai Anda menjadi atasan. Pemimpin di sini maskudnya adalah orang yang bisa berinisiatif lebih dulu dibanding yang lain. Biarkan kemampuan leadership Anda terpancar. Cara Anda menyelesaikan masalah dengan staf ataupun menengahi pertekaran antar staf bisa menambah nilai Anda.
Tambah ilmu dari ahlinya
Malu bertanya sesat di jalan, nah kira-kira seperti itulah. Kalau ada kesulitan, jangan ragu untuk bertanya. Bahkan kalau bisa, sesering mungkin Anda banyak bertanya tentang apa saja yang sekiranya Anda kurang di bidang tersebut. Meski beda dengan pekerjaan yang Anda hadapi, bukan berarti Anda tak belajar hal yang lain. Menambah ilmu bukan hanya dari orang yang ada di kantor saja, namun cobalah lihat apakah ada seminar ataupun pelatihan yang bisa menambah wawasan Anda, jangan ragu untuk kemukakan pada atasan untuk mengikutinya.

Jaga penampilan

Bukan berarti dengan baju-baju bermerk. Cukup tunjukan diri sesuai dengan dresscode yang ada. Jangan sampai baju Anda terlihat telalu santai atau salah kostum misalnya. Kalau ada pertemuan bisnis atau mungkin pesta namun masih berbau dengan bisnis, jangan malu untuk bertanya apa dersscodenya. Yang penting penampilan Anda harus tampak representatif, apalagi kalau Anda harus bertemu dengan orang luar, karena artinya Anda harus menjaga image perusahaan.

Beberapa hal di atas mungkin bisa membantu Anda untuk meraih promosi akan suatu posisi yang diinginkan. Meski demikian, tentunya masih banyak lagi tips-tips yang bisa membantu Anda meraih prestasi. Anda bisa mulai mencobanya dari sekarang.

Sunday, November 6, 2011

Untuk menjadi Peminpin ingatan harus kuat

Jika Anda ingin memiliki memori otak yang tajam hingga usia senja, jadilah pemimpin!

Pada artikel sebelumnya, kami telah memaparkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa para pekerja sering kali terkena Busy Lifestyle Syndrome. Sindrom tersebut akan membuat para pekerja kehilangan kemampuan untuk mengingat dan menjadi pelupa di usia yang masih muda. Tetapi jika seseorang menjadi pemimpin, hal sebaliknya terjadi.

Seperti dilansir Genius Beauty, para ilmuwan dari University of New South Wales telah menemukan bahwa seorang pemimpin yang menjadi panutan banyak orang akan mengalami banyak perubahan. Perubahan tersebut meliputi perubahan struktural dalam otak, perlindungan memori dan pusat belajar di usia tua.

Para ilmuwan dalam penelitian tersebut menghubungkan antara pengalaman manajerial, efisiensi kerja yang tinggi dengan ukuran dari hippocampus (zona otak yang bertanggung jawab untuk belajar dan memori) pada para responden yang telah berusia 80 tahunan.

Hasilnya, para ilmuwan mengungkapkan bahwa memimpin orang lain membutuhkan aktivitas mental yang konstan dan melibatkan pemecahan masalah, pengembangan memori jangka pendek serta kemampuan untuk memiliki banyak sudut panjang dari orang lain. Dengan dengan demikian, hal tersebut dapat menyebabkan perubahan struktural nyata dalam otak.

Alasan ini bisa menjadi alasan yang sehat untuk menjadi pemimpin selain memperoleh kecukupan materi yang melimpah. Jika Anda ingin memiliki pikiran yang sehat dan kemampuan memori yang bagus ketika menikmati masa tua, jangan ragu untuk menjadi pemimpin!

Friday, November 4, 2011

Sebab anak malas belajar


Memahami anak sebagai individu yang sedang menjalani tahapan-tahapan dalam masa pertumbuhannya, diperlukan kesabaran ekstra. Demikian pula ketika mendapati anak yang telah memasuki usia sekolah begitu malas belajar. Mengandalkan guru untuk menyelesaikan masalah? Tentu tak bisa begitu.

Apalagi bila kita menyadari bahwa anak sesungguhnya memulai pendidikannya dari rumah. Sehingga, peran orangtua untuk membantu secara langsung kesulitan yang dialami anak merupakan hal yang sangat penting. Mencari penyebabnya adalah langkah awal untuk menerapkan solusi yang tepat.

Robert D. Carpenter MD adalah seorang peneliti yang pernah mengadakan pengamatan terhadap perkembangan belajar murid sekolah dasar di California, Amerika Serikat. Dalam pengamatannya ditemukan adanya penyebab mengapa anak-anak kerap mengalami masalah dalam belajar yang cenderung membuat mereka jadi malas. Berikut ini empat penyebab yang kerap terjadi dan menyebabkan anak malas belajar.


1. Komunikasi tidak efektif
Ingat, target kita berkomunikasi adalah memastikan bahwa ‘pesan’ yang ingin kita sampaikan kepada penerima pesan (anak) diterima dengan benar. Tentu orangtua ingin agar anak mengerti, menyukai dan melakukan apa-apa yang dipikirkan orangtua. Komunikasi yang efektif juga bisa mengungkapkan kehangatan dan kasih sayang orangtua, misalnya, “Ayah bangga sekali, kamu sudah berusaha keras belajar di semester ini.”

Coba ingat-ingat bagaimana pola komunikasi yang kita bangun selama ini. Sudahkah anak-anak menangkap pesan yang kita sampaikan sesuai dengan yang kita maksud?

Seringkali orangtua lupa menyampaikan ‘isi’ dari pesannya, tapi lebih banyak merembet pada hal-hal yang sebenarnya di luar maksud utamanya. Misal, nilai ulangan harian anak di bawah rata-rata teman sekelasnya. Tanpa bertanya terlebih dulu kepada anak kenapa nilainya jelek, Ibu langsung komentar, “Itulah akibatnya kalau kamu nggak nurut Ibu. Main melulu sih. Ibu tuh dulu waktu sekolah nggak pernah dapat nilai 6. Kamu kok nilainya jelek begini. Gimana sih?” Apa inti pesan yang disampaikan Ibu? Anak salah karena nilainya jelek dan semakin salah karena Ibu selalu membandingkan anak dengan keadaan Ibunya sewaktu sekolah. Akibatnya, anak akan berpendapat, “Ah, nggak ada gunanya bilang ke Ibu kalau nilai jelek. Nanti pasti dimarahin.”

Padahal, mengetahui nilai anak yang di bawah rata-rata buat orangtua sangat penting untuk mengevaluasi penyebabnya. “Wah, nilai anak saya untuk mata pelajaran matematika kenapa selalu jelek ya? Apa yang perlu dibantu?” Sederet pertanyaan itu bisa terjawab bila kita berkomunikasi secara efektif, bukan menyalah-nyalahkan anak. Bila penyebab bisa segera diketahui, maka orangtua bisa mencari solusinya dan melakukan perbaikan.

Komunikasi yang tidak efektif yang berjalan selama bertahun-tahun, pastinya akan berdampak negatif pada pembentukan karakter anak. Padahal, salah satu fungsi komunikasi adalah untuk mengenal diri sendiri dan orang lain. Bisa dipastikan pola seperti itu akan membuat anak bingung dalam mengenali dirinya sendiri dan orangtuanya. ‘Apa sih sebenarnya maunya Ayah/Ibu?’ Kebingungan ini mengakibatkan dalam diri anak tidak tumbuh motivasi kuat untuk berprestasi, toh mereka tak tahu apa gunanya mereka belajar.


2. Tak terbantahkan
‘Pokoknya kamu harus ranking satu. Dulu, ayah sekolah jalan kaki, tapi selalu ranking satu. Kenapa kamu nggak bisa?’ Menekankan dengan kalimat, ‘pokoknya’, ‘seharusnya’, dan kata sejenis lainnya menunjukkan tidak adanya celah untuk pilihan lain.

Orangtua yang tak terbantahkan membuat anak sulit mengemukakan pendapatnya. Bahkan, sulit mengetahui potensi dirinya sendiri, apalagi mengoptimalkan potensinya. Kecenderungan tak terbantahkan ini kalau berlanjut terus bisa menjurus pada upaya memaksakan kehendak orangtua pada anak. Misalnya, “Nanti kamu harus jadi dokter.” Kalaupun akhirnya anak mengikuti kehendak orangtuanya kuliah di fakultas kedokteran, ia akan menjalaninya dengan setengah hati. Bisa jadi, hanya setahun dijalani, selanjutnya keluar karena bertentangan dengan keinginannya. Tentu kita tak ingin ini terjadi bukan?

3. Target tidak pas
Target yang tidak pas, bisa terlalu rendah atau terlalu tinggi dari kemampuannya. Jangan sampai memaksakan begitu banyak kegiatan pada seorang anak sehingga mereka jadi jenuh dan terlalu lelah. Akibat overaktivitas, banyak anak yang kemudian mulai meninggalkan belajar sebagai kegiatan yang seharusnya paling utama.

Di sinilah peranan orangtua sangat penting, jangan sampai terlalu memaksa anak dengan harapan agar mereka dapat menuai prestasi sebanyak-banyaknya. Mereka didaftarkan pada berbagai macam kursus atau les privat tanpa mengetahui bahwa batas IQ seorang anak tidak memungkinkannya menerima berbagai macam kegiatan yang disodorkan oleh orangtua.

Namun, sebaliknya bagi anak yang memiliki IQ tinggi, juga perlu penanganan khusus, karena mereka tidak cukup dengan target regular untuk anak lainnya. Mereka membutuhkan tantangan lebih supaya potensinya teroptimalkan. Untuk mengetahui potensi ini, orangtua perlu bantuan psikolog.

4. Aturan dan hukuman yang tidak mendidik
Terlalu ketat dalam rutinitas harian bisa menyebabkan akhirnya anak malas belajar. Namun, sebaliknya tanpa membuat rutinitas harian anak tidak terbiasa memiliki jadwal belajar yang harus dipatuhinya. Jalan tengahnya, rutinitas tidak bisa ditetapkan secara sepihak oleh orangtua, namun dibangun bersama-sama.

Membuat aturan juga harus diikuti dengan konsekuensi. Jadi, anak dapat mengerti apa hubungannya antara kepatuhan menjalani aturan dengan konsekuensinya, bukan sekadar hukuman yang tidak mendidik, seperti hukuman cubitan bila dapat nilai jelek

Bagi anak usia SD ke atas, orangtua perlu mendiskusikannya dengan anak. Aturan tersebut ditandatangani dan dipasang di dekat meja belajar. Misal, 1) Belajar sehabis shalat Maghrib sampai Isya; 2) Boleh nonton Avatar pada minggu pagi; 3) Main PS paling lama 2 jam di hari libur; 4) dan seterusnya.

Jangan bosan juga untuk meng-up date kesepakatan dan mengingatkan kalau ada yang melanggar. Ingatkan juga akan konsekwensinya, misalnya “Belajar yuk! Kemarin kita sepakat kan kalau nggak belajar, gimana hayo?”

Biarkan anak menjawab konsekwensinya. Jika aturan itu sudah dibuat bersama, pasti anak ingat akan konsekwensinya. Harapannya, kesadaran untuk belajar akan tumbuh dari dalam diri anak, bukan dipaksakan orangtua. Tidak ada lagi hukuman yang tidak mendidik, karena hukuman akan membuat anak berpikir “Ugh, belajar sangat tidak menyenangkan!”

Thursday, November 3, 2011

10 Hal yang sebaiknya tidak anda katakan pada BOS


Nyatanya memang 10 hal berikut ini adalah hal yang sebaiknya tidak Anda katakan pada si boss. Mengapa? Yuk baca saja artikelnya...

Bila Anda memang ingin menghancurkan karier atau ingin segera dipecat dari jabatan Anda, mungkin Anda bisa mempertimbangkan 10 hal ini. (Ha-ha, tapi siapa sih yang ingin kehilangan pekerjaan dengan konyol)

"Saya nggak sanggup dengan pekerjaan ini"
Memang sih kedengarannya kalimat ini sepele saja, apalagi bila Anda memang merasa tak sanggup menghandle sebuah tugas yang diberikan atasan. Tetapi pastikan Anda tidak terlalu mudah mengatakan hal tersebut, terutama bila Anda belum mencobanya.

Lebih baik bila Anda mencoba dan gagal ketimbang Anda tak pernah mencobanya sama sekali dan sudah menyerah di awal.

"Wah, itu kan bukan tugas saya"
Sebelum Anda komplain akan tugas yang diberikan atasan kepada Anda, pastikan Anda tahu benar job desc yang memang Anda punya.

Bila tugas yang diberikan terlalu menyimpang, Anda bisa menolaknya dengan halus. Tetapi bila toh masih berhubungan, mengapa Anda harus menolak?

"Tugas ini nggak level dengan kemampuan saya"
Anda memang punya kemampuan lebih, dan bisa dibilang kesayangan atasan. Namun, begitu si bos meminta bantuan Anda akan hal yang sepele, Anda malah meremehkan dan menolaknya. Oh, baiklah. Anda boleh saja bersikap angkuh, tetapi kali ini Anda berlebihan. Jika memang Anda bisa menghandle tugas yang lebih berat, setidaknya memang tugas kecil bisa Anda lakukan, bukan?

"Gaji saya tak cukup!"
Bisa jadi memang kali ini gaji yang diberikan tak cukup untuk kebutuhan Anda. Tetapi Anda tak bisa mengatakan 'gaji saya tak cukup' begitu saja kepada atasan. Responnya akan sangat buruk kepada Anda. Lebih baik susun strategi saja. Kumpulkan semua job desc Anda, prestasi yang pernah Anda buat di kantor, dan info bahwa harga kebutuhan begitu tinggi sehingga Anda membutuhkan penyesuaian gaji.

"Saya bosan setengah mati"
Untung saja atasan Anda orang yang cukup sabar dan tidak mudah marah. Tetapi bagaimana bila ia meminta Anda mencari pekerjaan lain saat Anda menunjukkan kebosanan Anda? Wew, kan bisa berabe...
"Anda tak akan tahu betapa beratnya tugas saya saat ini"
Hey, tentu saja si bos tahu betapa berat tugas yang ia berikan pada Anda. Namun, karena ia percaya pada kemampuan Anda, maka ia memberikan tugas tersebut kepada Anda.

"Kita butuh bicara..."
Bila kalimat tersebut membuat pasangan Anda langsung berpikiran buruk, demikian halnya ketika atasan mendengarkan dari mulut Anda. Bila toh Anda punya masalah yang ingin diutarakan, setidaknya Anda bisa menggunakan kalimat yang lebih enak didengar, seperti "Bapak ada waktu?"

"Saya benci tugas ini"
Ok, betapapun berat tugas yang Anda emban, dan bagaimanapun Anda membencinya, jangan pernah ungkapkan hal itu pada atasan. Sadari saja bahwa memang hal tersebut sudah menjadi tugas Anda, yang memang perlu diselesaikan sebagai bagian dari tanggung jawab.

"Sepertinya saya jatuh cinta pada Anda"
Baiklah... mungkin kalimat maut ini ampuh dikatakan di film-film drama Korea, namun tidak di dunia nyata. Menaruh hati pada atasan sih boleh saja, tetapi mengatakannya blak-blakan, sama saja Anda cari mati namanya.

CANTIK

Nonacne merupakan produk untuk mengobati kulit berjerawat. dan membantu menghilangkan jerawat dan mencegah kemunculannya kembali. Mengkonsumsi suplemen ini secara teratur menghasilkan kulit yang indah dan halus.

Produk Herbal Buy my product
Untuk informasi pemesanan silahkan Klik Link berikut:
Obat anti Jerawat
Oder Pembelian